Bintang meledak 1404191 12 miliar tahun lalu dan tertangkap camera sekarang


Science | 7 June 2014

Ruang angkasa adalah ruang waktu. Begitu jauh melihat, begitu jauh cahaya yang ditangkap oleh camera. Salah satunya sebuah bintang 1404191 yang meledak dan tertangkap oleh teleskop khusus sebagai cahaya sinar gamma. Tercatat sebagai GRB 140419A oleh Nasa Gamma-ray dari jaringan koordinat teleskop, bintang yang satu ini tertangkap camera ketika meledak 12 miliar tahun lalu dan baru sampai gambarnya di bumi saat ini.

Terlihat pada jam 23 malam, waktu 19 April 2014 oleh robot Rotse IIIB di ruang observasi McDonald Fort Davis Texas. Cahaya ledakan mungkin tidak terlalu penting bagi ilmuwan, karena banyak bintang yang meledak dan tertangkap oleh teleskop.



Yang ini jaraknya sangat jauh, dianggap sebagai cahaya ledakan terjauh yang tertangkap saat ini karena sudah melakukan perjalanan sejauh 12 miliar tahun cahaya. Sehingga cahaya tersebut sebenarnya bukan cahaya sekarang tapi cahaya ledakan bintang di masa lalu.
Menurut data, bintang ini hampir mendekati waktu terjadinya alam semesta. Atau sekitar 1,5 miliar tahun setelah terjadi Big Bang.
Disaat itu baru terjadi pembentukan galaksi dan belum tampak unsur berat seperti pembentukan bintang seperti tata surya modern seperti sekarang.

Jangan berharap melihat cahaya hintang ini, kecuali melalui peralatan teleskop modern. Walau bercahaya, tatapi sinarnya sangat redup 10x walau mengunakan teleskop. Dan 200x lebih redup untuk dilihat langsung dengan mata telanjang. Astronom menemukan cahaya GRB 140419A secara kebetulan ditemukan oleh sistem robot otomatis. Pertama terditeksi oleh teleskop Swift yang khusus menditeksi cahaya dari gamma diruang angkasa dan dilanjutkan ke peralatan teleskop Rotse-IIIb.

+ SMU

Berita terkait
Teleskop Jamess Web selesai dan masuk tahap pengujian. Teleskop yang mampu melihat 13,5 miliar tahun ke belakang. Proses pembuatan mencapai 20 tahun. Sekarang teleskop ini hanya diam di bumi, masih dilakukan pengujian dan pertama dirakit menjadi satu teleskop lengkap. Kesalahan rancangan, bila gagal bekerja di ruang angkasa dan tidak bekerja.

2010 lalu, Hubble menambah peralatan dengan Ultra Deep Field Infra red.Video melihat gambar dengan jarak 5 miliar, 10 miliar tahun cahaya jauhnya. Perubahan galaksi dari galaksi muda, galaksi yang berkembang dan galaksi yang telah matang. Mei 2019 Nasa merilis Hubble Legacy Field berisikan 265 ribu gaalaksi dari masa lampau sampai saat saat ini.



Gempa teknonik dipastikan ada lempeng bumi yang tengelam atau terangkat. Berapa tebal kulit bumi, dan seperti apa inti bumi. Bumi memiliki 3 lapisan dari kerak bumi yang dingin. Di inti bumi memiliki kemunginan memang besi 96 persen. Bila bumi seatu hari tidak ada gunung ap, apa yang terjadi

Ukuran bintang Pi1 Gruis sekitar 700x lebih besar dari matahari kita. Dan mendapatkan tipe bintang sekelas Red Giant atau raksasa merah. Cahaya bintang ini begitu terang, mencapai ribuan kali dari kekuatan cahaya matahari.

Tim peneliti Hubble berhasil mengabadikan bintang meledak. Jarak bintang Refsdal berada 10 miliar tahun cahaya. Muncul akibat gangguan gravitasi lensa dari kelompok galaksi di depan MACS J1149.5+2223. Setelah ditunggu selama 3 bulan akhirnya proses ledakan bintang dapat diabadikan dari teleskop ruang angkasa Hubble.

Sebuah nebula yang dinamai nebula Henize 2-428. Disana ditemukan bukan satu bintang tapi 2 bintang kerdil dan saling mengorbit. Jadi dua bintang seperti cahaya putih ini sedang saling tarik menarik dengan gravitasinya. Sebagai bom waktu, kapan saja bintang ini akan meledak ketika terjadi pengabungan

40 tahun masih sebatas teori, kali ini peneliti menemukan sebuah bintang TZO. Bintang dapat memakan bintang lain lalu bergabung menjadi satu. Bintang V2112 sebuah bintang raksasa tapi dikenal sebagai bintang Hyrid. Inti bintang utama digantikan oleh inti bintang neutron yang lebih kecil. Bila terbukti, tipe bintang TZO akan masuk sebagai klasifikasi bintang baru



23 April 2014 lalu satelit observasi Swift menangkap sebuah bintang kerdil mengeluarkan kilatan seperti matahari. Tapi kekuatannya amat sangat besar, mencapai 10.000 kali kekuatan cahaya matahari kita yang pernah tercatat. Ukurannya hanya sepertiga, bila tinggal disana kita memiliki hari yang buruk.

Galaksi NGC 247 adalah galaksi kecil berbentuk spiral yang jauhnya sekitar 11 juta tahun cahaya. Biasanya sebuah galaksi memiliki lingkaran penuh berisi bintang. Tapi disana ada seperenam daerah yang kosong atau terlihat seperti berlubang.

3 peneliti dari institusi Perimeter memberi masukan baru tentang alam semesta. Bagaimana sebelum terjadinya Big Bang, munngkin kita berasal dari dimensi yang lain. Bagaimana kejadian sebelum Big Bang

Bulan Juni 2013 lalu, sebuah bintang biner terdiri dari satu bintang neutron yag berputar cepat mengalami perubahan dramatis dari aktivitas yang belum pernah diamati. Pulsar dari radio beacon bintang ini menghilang, tapi muncul lebih terang dengan 5x lipat cahaya sinar gamma.

Foto ini adalah bentuk kelahiran sebuah bintang. Diambil oleh Hubble Telescope tampak begitu indah, seakan tidak nyata. Seperti gambar artistik tapi foto ini adalah foto asli.

Asteroid Q 124 atau disebut Asteroid The Beast seukuran stadium lapangan bola atau selebar 400 meter mendekati bumi hari Minggu. Tepatnya hari Senin waktu Indonesia. Melintas sekitar 1,25juta km dari Bumi. Beruntung Nasa yakin, asteroid ini hanya melintas saja.

Seperti apa bila bintang seperti matahari meledak menjadi supernova. Proses bintang meledak masih menjadi misteri. Profesor W David dari Arizona membuat bentuk animasi ledakan bintang, bagaimana proses sebuah bintang yang membengkak sebelum mati.



Benda berbentuk lensa gravitas tersebut adalah sebuah galaksi berbentuk elip Ini hanya penemuan lubang hitam dan terlihat seperti cermin gravitasi. Dengan teleskop biasa tampak seperti lubang portal di ruang hampa

Awal tahun ini astronom menditeksi satu objek sangat terang, seperti ledakan. 7 bulan kemudian baru diketahui cahaya seperti ledakan tersebut berasal dari bintang mati GRB 130427A. Bintang tersebut melepaskan radiasi sinar gamma.

Nathan Gray dari Kanada baru berumur 10 tahun, dia menemukan sebuah calon supernova di galaksi PGC 61330 terletak di konstelasi Draco. Nathan menjadi manusia pertama yang melihat langsung ledakan supernova tersebut.

Foto diambil dari Hubble menampilkan sebuah gambar nebula IC 289. Letaknya di utara konstilasi Cassiopeia, dulunya bintang ini seperti matahari di bumi. Tetapi kehabisan bahan bakar dan inti core mulai mengecil, sedangkan sisa gas terus membesar keluar dari inti core




No popular articles found.