Green | 5 June 2014

Daur ulang barang bekas dan tip sederhana


Beberapa tip daur ulang barang bekas atau sampah

Suka melihat clip bekas roti, bisa dimanfaatkan sebelum dibuang menjadi sampah.
Misalnya menjadi pegangan ujung iselotip dapat ditaruh clip bekas roti.



Atau menjadi nama label dari masing masing kabel adaptor pada computer dan lainnya.



Bila memiliki penjepit rambut, bisa dimanfaatkan untuk penjepit kabel seperti kabel earphone.



Pusing dengan model kunci yang sama. Bila mengunakan cat kuku, maka kunci bisa diberikan warna agar mudah diingat.



Terakhir bila memiliki banyak adaptor dan ingin disimpan dalam kotak. Agar tidak terurai atau mengikat satu persatu. Gunakan tabung kardus bekas dan masukan masing masing adaptor kedalam tabung.







Artikel Lain

Sebuah hotel dibangun dengan konstruksi kontainer bekas. Tidak banyak cukup 25 kontainer yang disusun menjadi 5x5. Dengan panjang satu kontaner 9 meter, cukup dijadikan kamar hotel, lengkap dengan toilet. Kontainer hanya dijadikan struktur bangunan.

Kopi memiliki kandungan fosfor, potasium, magnesium dan tembaga tinggi. Bubuk kopi dapat menambah nutrisi bagi kebun dan menjadi pupuk sayuran, bunga bahkan rumput di kebun rumah. Ampas kopi dapat dimanfaatkan sebagai pupuk alami. Atau sampah kulit pisang dan kulit telur sangat berguna bagi tanaman.



Memanfaatkan botol plstik atau daur ulang botol plastik untuk pancuran, tempat majalah, pot kecil tanaman, tempat sampah dan menaruh adaptor. Cara memanfaatkan botol bekas tinggal digunting, ditempel atau dibuat pola. Satu ide lagi memanfaatkan botol plastik pengantu botol semprotan air yang rusak.

Ada ide menarik untuk daur ulang atau membuat dudukan smartphone sendiri. Bisa dibuat dari kayu yang dibuat pola menjadi sandaran untuk smartphone, atau kardus bekas dan di percantik dengan kertas kado.

Daur ulang tutup plastik es krim Haagen Dasz dapat dimanfaatkan untuk tutup lensa. Katanya pas untuk tutup lensa ukuran 72mm. Cerita ini menyebar di twitter, setelah satu orang mengatakan tutup es krim tersebut pas. Satu lagi fotografer di Jepang langsung membeli. Dan benar, katanya pas untuk tutup lensa Nikon, Canon, dan Sony.

Sering mengunakan minuman kaleng, jangan dibuang begitu saja. Kaleng minuman dapat dimanfaatkan untuk peralatan.Satu situs video yang memberi pelajaran beberapa manfaat bila mendaur ulang kaleng minuman dari bahan aluminium.

Dengan kaleng bekas mimuman dapat dibuat menjadi miniatur mobil mobilan sampai pesawat. Kreasi dari Sandy, membuat bahan sampah dapat dirubah menjadi benda lain yang lebih berguna.



Ini ide menarik, untuk membuat pelindung masker ternyata bisa mengunakan botol plastik bekas. Lalu di daur ulang menjadi masker penutup wajah. Mengunakan gunting, pelindung dari potongan plastik

Ini sederhana, bila memiliki ember bekas cat yang cukup besar. Bisa dijadikan tempat serba guna. Mungkin ember besar bisa dijadikan pot tanaman, kali ini dibuat untuk tatakan meja dibagian bawah.

Pernah memiliki meja kerja bekas, apakah bisa dibuat lebih menarik. Di era tahun 80an banyak meja dibuat dengan lekukan, disain sederhana dengan satu atau dua laci. Tapi warna meja jaman dulu tidak cocok dengan disain saat ini yang lebih menampilkan warna dinamis.

Memanfaatkan kain bekas untuk tempat istirahat bagi binatang peliharaan. Beberapa perusahaan disain membuat bantal untuk hewan peliharaan seperti anjing atau mungkin kucing. Mengunakan bahan kain bekas dengan bahan polyester yang di daur ulang, untuk tempat tidur binatang peliharaan

Untuk proyek hari libur dengan memanfaatkan beberapa bahan untuk di daur ulang dari bahan bekas menjadi rumah burung. Bisa mengunakan papan atau triplek kecil ditumpuk dan dibentuk menjadi rumah burung disekitar halaman.

Dekorasi rumah, daur ulang barang bekas, memanfaatkan vinyl untuk lantai, memanfaatkan ruang kosong disamping pintu, mengunakan tirai dengan bahan lebih murah bisa dilakukan lebih kreatif

Mungkin kurang tepat disebut sebagai daur ulang untuk dekorasi rumah. Beberapa bagian bisa saja dari barang yang sudah tidak terpakai lagi.
Bisa dimulai dari mendekor ulang dinding kamar, tanpa perlu melakukan pengecatan.



Satu cara memanfaatkan botol bekas bisa digunakan penganti karet. Dengan memotong bagian kepala botol plastik, lalu plastik makanan yang tersisa dimasukan ke dalam mulut botol. Tinggal ditutup dengan tutup botol

Daur ulang kayu dan batu kerikil untuk dijadikan ala resor memah. Idenya bisa dibuat sendiri. Dengan bingkai kayu lalu dibuat berukuran persegi panjang seperti bingkai. Dan di masukan batu sampai penuh.

Daur ulang botol bekas bisa dijadikan tembok rumah atau tembok pagar. Selain menghemat batu bata, cahaya dari luar bisa masuk ke dalam rumah atau tembok depan rumah. Pilihan daur ulang botol bekas bisa mengunakan botol hijau biasa

Dibawah ini beberapa tip mendaur ulang barang bekas dan lebih kreatif mengunakan barang di kehidupan sehari hari.

Satu lagi ide memanfaatkan botol plastik bekas bisa dibuat menjadi pot tanaman. Bermodalkan botol bekas plastik yang dilubangi di sisi samping, tanah dengan pupuk, kawat dan tanaman. Pemasangan pot bisa digantung di tembok rumah. Bagaimana membuat rumah kaca mini dengan botol plastik

TerraCycle di dirikan oleh 2 mahasiswa Princeton Tom Szaky dan Jon Beyer, memanfaatkan barang daur ulang seperti sampah menjadi dekorasi. Dari bahan daur ulang tersebut kembali dikemas menjadi produk dan dijual ke toko retail besar seperti Target dan Walmart. TerraCycle tidak sendiri.

Mendaur ulang botol plastik menjadi vas bunga. Cukup mengandalkan gunting dan menekuk bagian plastik. Tahapnya dengan memotong bagian atas botol plastik, mengunting bagian atas botol menjadi lempengan kecil.

Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang lebih menarik. Frame foto atau bingkai tempat foto. Membuat papan pengumuman atau bulletin board. Bekas botol plastik, dapat dijadikan tempat penyimpan

Mengunakan botol plastik untuk di daur ulang atau digunakan kembali menjadi produk berbeda. Satu ide dari disainer Garth Britzman dengan 1500 botol bekas.

Botol bir Heineken dirancang untuk dijadikan batu bata pernah dibuat tahun 60an. Rancangan ini datang ketika Mr. Heineken datang ke Karibia, dia melihat banyak botol menjadi sampah.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.