Pesawat ruang angkasa Ramjet Starliner dengan disain baru


Kategori : Science | Date : 5 June 2014
Manusia hanya mampu pergi paling jauh dengan pesawat Apollo. Itupun terjadi beberapa puluh tahun lalu. Sejak peluncuran Apollo, astronot hanya pergi sampai ke stasuin ISS saja. Dalam 10 tahun mendatang ada wacana untuk mengirim astronot ke planet Mars. Apakah manusia mampu pergi ke Mars, sedangkan perjalanan kesana membutuhkan waktu  selama 1 tahun.

Cerita film sain fiksi mungkin menjadi kenyataan. Salah satunya dari rancangan pesawat ruang angkasa baru. Mirip seperti kota kecil yang mengambang diatas, dan serius dibuat oleh para ilmuwan. Seandainya sebuah kapal Starship Enterprise dari proyek Daedalus bisa dibuat, bentuknya seperti dibawah ini. Jauh lebih besar dari pesawat ulang aling, bahkan setara ukuran gedung bertingkat.

Rachel Armstrong melakukan penelitian sangat inovatif dalam dunia arsitektur. Dia menjadi bagian dari proyek Persephone untuk mencari cara bagaimana manusia bisa bertahan di kehidupan lain seperti di ruang angkasa. Mereka mengkhususkan diri merancang arsitek pesawat untuk ditinggali, dan menawarkan sebuah konsep kota.

Seperti rancangan pesawat Ramjet Starliner. Memiliki roket pendorongan dengan bahan bakar hidrogen dibawah ini.



Ibarat sebuah kapal bahtera Nuh yang membawa semua perlengkapan dari bumi ke planet lain. Tapi rancangan kapal seperti ini tidak akan dibuat dalam waktu dekat, setidaknya 100 tahun nanti mungkin baru diluncurkan.

Sebuah satelit Osiris Rex milik Nasa diluncurkan 8 September 2016. Akan melintas ke Bumi untuk Slingshot mengitari matahari. Satelit ini akan mengejar asteroid Bennu. Juni 2018 berhasil melakukan manuver DSM-2, Des 2018 tiba di asteroid Bennu.

Satu grup terdiri dari 6 orang, baru saja melakukan perpisahaan dari peradaban dunia. Mereka akan tinggal selama setahun di dalam sebuah kubah sempit di gunung Hawai Mauna Loa. Disana mereka melakukan simulasi seperti tinggal di planet Mars. Program dihentikan tahun 2017

oto planet Mars terbaru pemandangan 360 derajat Tetapi bumi sebelumnya sangat kacau. Pertanyaan lain berapa lama untuk pergi ke Mars. Cahaya lampu baru sampai disana 12 menit. Apakah mungkin planet Mars di bom dengan bom nuklir agar kutub es disana dapat mencair.



2 planet kemungkinan tersembunyi di tata surya Alpha Centauri. Penemuan yang diumumkan Juni 2018, kemungkinan planet yang mengorbit di 2 bintang lebih besar aman bagi mahluk hidup. Tapi planet yang orbit ke bintang lebih kecil sangat beresiko dan berbahaya, karena akan menghadapi radiasi bintang jauh lebih besar.

Mengunakan roket biasa untuk perjalanan ruang angkasa, sepertinya sukar dilakukan. Tabung besar untuk tangki bahan bakar, belum tentu cukup untuk perjalanan yang cukup lama. Nasa baru saja mengkonfirmasi teknologi roket dengan daya dorong microwave emDrive bisa dilakukan. Mei 2018 kemungkinan proyek emDrive tidak bekerja.

Satelit ruang angkasa tidak berbeda dengan peralatan melakukan navigasi bumi dengan satelit. Satelit mengunakan posisi dengan Pulsar.2018 Nasa kembangkan perangkat navigasi SEXTANT, prinsipnya sama mengunakan sumber sinyal bintang pulsar

Rover Mars 2020 adalah robot yang akan dikirim ke planet Mars. Mengumpulkan sampel batuan dan analisa lingkungan di planet Mars, dan sampel dikirim kembali ke Bumi untuk dipelajari. Dari 7 rover milik Nasa, baru 1 rover ini yang memiliki kemampuan khusus



Planet Gliese 832c disebut sebagai Super Earth, katanya bisa sebagai planet untuk tinggal manusia. Jaraknya hanya 16 tahun cahaya. Tetapi peneliti bukan mencari 2 planet Gliese 832c dan b, yang diharapkan ada temuan planet ke 3 diantara kedua planet tapi belum terlihat saat ini.

Nasa bersama Bigelow Aerospace membuat tempat tinggal di stasiun ISS bagi astronot. Modul kamar BEAM akan dicoba pada tahun 2015. Mengunakan lengan robot, kamar modul dapat dipasang di sisi ISS. Ruangan ini sudah setahun masih baik, dan sudah dimanfaatkan sebagai ruang kargo.

Nasa merilis film Farthest tentang galaksi dan antariksa dari pesawat Voyager. Setelah 40 tahun diluncurkan, hari ini satu pesawat masih bekerja. Diawal pembuatan, tim insinyur Nasa  menanyakan mau pergi kemana pesawat ini. Sekarang apa yang sudah di ungkap oleh pesawat terjauh buatan manusia tersebut

Yang ini bukan komunikasi biasa seperti komunikasi satelit dan pesawat, tapi untuk komunikasi pesawat ruang angkasa. DSN atau Deep Space Network adalah sistem antena yang berada di 3 negara. Sekarang dipasangkan VPN untuk perlindungan peretas. Biaya terlalu besar bila diganggu.

Nasa sedang merancang roket paling besar dan kuat, memiliki tinggi lebih dari 100 meter. Mengalahkan roket Saturn V yang mengangkut manusia ke Bulan. Agustus 2015 baru diuji coba mesin roket RS-25 sebagai mesin roket paling rumit dan efisien. Kemungkinan proyek SLS batal

Nasa melakukan uji coba pesawat pendarat di Mars. Disebut Flying Saucer, tepatnya Low-Density Supersonic Decelerator (LDSD). Mengapa modul pendarat di Mars berbentuk piring tersebut memerlukan bagian seperti Airbag



Foto pertama dari probe MoM baru di update oleh ISRO badan ruang angkasa India. Pesawat tersebut bukan milik ESA Eropa atau Nasa Amerika bahkan Rusia. Tapi dari India.

Planet Neptunus masuk sebagai planet terbesar, tapi terkecil dalam ukuran kandungan gas. Jarak dari inti planet ke permukaan sekitar 24.000km. Karena ukuran planet ini memang besar, bagian tengah lebih membengkak. Apakah planet Neptunus bergeser mundur.

Mengunakan teknologi supercepat dengan fusi nuklir, sebelumnya hanya sebatas film fiksi. Ada kemungkinan ilmuan menemukan cara dengan teknologi ini. Fisika dibelakang ilmu roket fusi sudah dibuktikan di laboratorium. Satu lagi teknologi roket pendorong Hall Thurster

Berapa kecepatan alat transportasi yang dibuat manusia. Sejauh ini tercatat pesawat ruang angkasa paling cepat. Apollo 10 menjadi kendaraan paling cepat yang pernah tercatat dengan kecepatan terbang 32 mach. Nomor 2 dari Space Shuttle atau pesawat ulang alik tahun 1981.


No popular articles found.