Kabel bawah laut APG diperkirakan selesai tahun 2014


News | 7 July 2012

The Group atau Time Malaysia mulai masuk rancangan konstruksi dan peraawatan jalur kabel bawah laut Asia Pacific Gateway (APG). Kabel APG akan menghubungkan jalur kabel optik dari malaysia ke Korea dan Jepang.

Panjangnya 10.000km dengan 11 cabang ke jalur kabel lain, kabel APG diperkirakan selesa pada kuartal 3 2014.

Saiful Husni, CEO Global Transit dimana perusahaan tersebut yang berinvestasi pembangunan jalur kabel APG mengatakan. Nantinya semua negara di ASEAN akan terhubung ke Amerika. Seluruh jalur akan melalui hub di Malaysia, sedangkan Singapura menjadi pintu keluar masuk data internet.  Dengan kabel baru APG, kelambatan koneksi kabel bawah laut dapat diperkecil dibanding jaringan yang ada saat ini.

Kebutuhan bandwidth di Asia, khusus Indo China dan Asia Tenggara terus tumbuh. Pertahunnya mengalami peningkatan 44% atau mencapai 2862Gbps pada tahun 2011, dalam 5 tahun kedepan akan meningkat menjadi 24000Gbps.

Jalur APG memiliki kapasitas 3400Gbps, menghubungkan hub di Malaysia langsung ke Jepang dan Korea.

Facebook ikut bangun jalur kabel bawah laut 55Tbs


Berita terkait
Sejak internet digunakan, awal dari koneksi internet ke seluruh dunia masih mengunakan teknologi satelit. Pertumbuhan internet semakin cepat dengan teknologi kabel serat optik untuk menghubungkan antar benua. Kabel bawah laut tercepat, Marea milik Microsoff, Facebook dan Telxius, dengan 8 kabel fiber optik

Kabel internet Faster menjadi kabel paling cepat dengan kapasitas 60Tb/s. Google mengatakan cukup untuk mengirim file foto selfie setiap 15 detik oleh warga Taiwan dari Taiwan ke Jepang. Google akan memperluas jaringan internet, termasuk data center Google di Singapura



Jaringan kabel bawah laut Fiber Artic diperkirakan selesai tahun 2016. Membawa jaringan internet dari London dan Tokyo lebih cepat 23ms. Tantangan di rute 15.600km ini lebih sukar dibanding jaringan kabel optik di daerah khatulistiwa. Karena rute yang dilewati adalah lautan es yang hanya terbuka di musim panas

Dimana penguna internet terbesar. Untuk Indonesia ada di pulau Jawa dan Bali. Asia, di dominasi China, Indian, Malaysia, Thailand, Filipina, Jepang, Korea dan Taiwan.

Kabel SEA-ME-WE 4 menghubungkan jalur internet dari Perancis sampai Malaysia terputus. Negara yang terkena dampak sepeti India, Pakistan dan Mesir. Dari 3 negara tersebut akan mengalami kelambatan koneksi internet untuk membuka situs di Eropa dan Amerika.

Jalur kabel data IMEWE baru digelar tahun 2010. Kapasitas 4x lebih besar selesai tahun ini

Tulisan dilayar besar besar, Youtube masih sederhana. Seperti apa website yang sekarang setelah populer, bagaimana tampilannya ketika baru muncul.



Menghubungkan Singapura, Filipina, Malaysia dan Jepang. Kabel serat optik bawah laut sepanjang 7.800km menghubungkan Jepang dan Singapura. Kepasitas mencapai 40GB/s telah dibuka.

Ibarat menjadi pusat internet, 5x lebih banyak dari posisi ke 2 Jerman

Tidak perlu alat canggih, cukup dengan bolpen saja tas anda bisa dibuka dengan mudah. Ditekan dibagian tengah, lalu semua terbuka.




No popular articles found.
< /body>