Kantor mengapa orang kurang suka bekerja jawabannya sederhana


News | 2 June 2014

Dibuat singkat. Berangkat kerja pagi hari, sampai di tempat kerja, pulang. Tapi sampai dirumah masih tetap membuka email. Bekerja hal yang membosankan, tidak terkecuali di tingkat paling atas sekelas manager dan direktur.

Dari sebuah studi di tahunn 2013 mengambil sampel 12.115 pekerja di seluruh dunia. Pekerja hanya mengatakan banyak kekurangan di tempat kerja yang kurang memuaskan. Srinivasan seorang psikiater dan asisten profesor klinis dari Harvard Medical School mempelajari masalah kelelahan bagi pekerja. Dia mengambil sampel secara acak dari 72 pemimpin seniur perusahaan. Harmpir semuanya mengatakan terkadang terlalu lelah ditempat kerja.

Masalahnya dari kebutuhan waktu yang terus meningkat dan melebihi kemampuan pekerja. Selain menguras energi, pekerja perlu membawa ketrampilan dan bakatnya untuk kehidupan mereka. Dampak dari perampingan perusahaan, pengurangan karyawan dan daya saing membuat tekanan bagi karyawan kantoran dan jenis pekerja lainnya. Dampak teknologi sama saja. Semua memudahkan orang untuk membaca email dan informasi via perangkat elektronik. Masalahnya teknologi akan terhubung ke perangkat dan mereka terpaksa membaca informasi dari kantor sampai malam hari. Praktis waktu istirahat di rumah menjadi kantor virtual dengan perangkat smartphone.

Bagaimana bekerja tanpa membosankan. Ada 4 bagian menurut penilitian. Fisik, emosi, mental dan spiritual. Bila pekerja mendapatkan ke 4 kebutuhan tersebut maka mereka sudah merasa cukup. Emosi sebagai rasa dihargai atas kontribusi mereka di tempat kerja, dan semangat dari apa yang mereka kerjakan adalah pekerjaan yang terbaik yang mereka lakukan. Dan fisik, bila karyawan terlalu lelah, semua pekerjaan akan melambat dan memakan waktu. Karena mereka terlalu lelah dan tidak fokus pada pekerjaannya.

Contoh sederhana, karyawan yang mengambil istirahat 90 menit dapat meningkatkan 30% ke fokus pekerjaanya. Efek lain lebih kreatif dan lebih sehat. Semakin banyak karyawan bekerja bahkan diatas 40 jam setiap minggu, akan menurunkan kualitas dari apa yang mereka lakukan. Pekerja dikelas bawah umumnya memiliki salah satu supervisi atau kepala. Bila supervisi mereka mampu memotivasi bawahannya, hasilnya akan berbeda dibanding pemimpin yang lebih banyak menekan ke bawahan mereka.

Bagaimana membuat waktu lebih fleksibel. Bagi pekerja yang tidak memiliki kesibukan bekerja di kantor. Mereka bisa mendapatkan waktu secara fleksibel. Tapi bagi perusahaan belum tentu menerima kebutuhan karyawan seperti ini. Disini perlu diambil sikap oleh perusahaan dan mereka harus percaya bahwa karyawan mereka mampu bekerja dimana dibandingkan mereka hanya duduk di kantor. Waktu istirahat yang cukup bagi karyawan akan meningkatkan fokus pada pekerjaan mereka dan pekerjaan akan dilakukan lebih singkat.

Salah satu usaha yang melakukan fleksibel waktu kerja seperti Costco. Mereka membayar karyawannya $20 perjam atau lebih tinggi 65% dari gaji karyawan di Wallmart. Costco telah membuktikan carai kerja mereka lebih baik Karyawan ditempat mereka mampu penjual 2x lebih banyak dari perusahaan pesaing. Biaya pelatihan dan mencari karyawan baru dapat ditekan dan saham perusahaan naik sampai 2x lipat.

Dampak kerja berlebihan juga berdampak bagi karyawan di tingkat manajemen. Beberapa orang meninggal karena serangan jantung, karena pekerjaan terlalu menyita waktu, dan kurang berolahraga. Perusahaan harus bertanggung jawab dengan kesehatan karyawan. Mereka dapat memberikan program kesehatan dan kesejahteraan.

Inti dari rahasia sukses sebuah perusahaan tidak lepas dari kebutuhan karyawan sendiri. Biarkan mereka tetap berenergi untuk bekerja, lebih fokus dan terinpirasi. Cara paling mudah dengan memberikan waktu istirahat di tempat kerja lebih lama, dan membatasi karyawan agar tidak bekerja setelah jam kantor, walau hanya sekedar membaca email dari urusan pekerjaan mereka.

Cara kerja seperti ini banyak dilakukan oleh perusahaan internet raksasa. Seperti Google, Facebook dan lainnya. Mereka membuat suasana kantor seperti di rumah sendiri. Sebelumnya Yahoo sempat memberikan waktu agar karyawan bisa bekerja dirumah, tapi terakhir sudah dicabut oleh CEO baru dan meminta karyawan harus datang ke kantor. Google salah satu perusahaan mampu memberikan kepuasaan tersendiri. Semua diberikan gratis oleh perusahaan, dari jam kerja yang disesuaikan oleh karyawan sendiri, makan di kantor, peralatan yang dibutuhkan bisa diambil di mesin otomatis dan lainnya.



Sistem kerja dibuat oleh masing masing perusahaan. Seperti salah satu bank di Indonesia, setiap minggu  sebelum jam buka maka pemimpin bank mengumpulkan karyawannya. Melakukan diskusi tentang pekerjaan di bank mereka. Atau ada beberapa perusahaan yang memberikan waktu libur bersama, memberikan semua akomodasi bagi karyawan untuk bersama sama berlibur sambil membawa keluarga mereka.

Informasi diatas dikutip dari The Energy Project, sebuah perusahaan konsultan.


Berita terkait
Apa yang terjadi dengan Eelco Roos ala Croyable di media sosial Instagram. Dia mantan seorang insinyur IBM, tapi keluar dari pekerjaan dan memilih menjadi fotographer. Karyanya meledak setelah dia menampilkan pemandangan di sekitar Amsterdam Belanda. Dari sana dimulai kehidupan baru dirinya

Kantor Adobe software di San Francisco. Kantor ini adalah kantor baru Adobe yang terletak di jalan Townsend Street. Adobe menyewa gedung untuk kebutuhan staf mereka. Gedung dengan 4 lantai terdiri dari 2 setengah lantai.



Dampak video kakak Marina ternyata menjadi virus atau wabah bagi karyawan lain. Sekitar 52% pekerja yang ditanyakan, setuju dan akan ikut gaya Marina bila keluar dari pekerjaanya. Dari 500 responden yang ditanyakan di Amerika, 52% karyawan yang bekerja akan menceritakan gayanya

Ini perbedaan negara maju yang memberikan perbedaan antara jam kerja dan usai jam kerja. Warga Perancis tidak harus melihat email yang masuk diluar jam kerja. Tujuannya agar memastikan karyawan tidak berada dibawah tekanan untuk memeriksa email setiap saat.

Pedagang makanan kaki lima yang menjual shaobing ini bukan pedagang biasa. Dilaporkan pertama kali oleh Tencent, seorang programmer yang tidak ingin disebutkan namannya ada dijalan di Shenzen. Dia meninggalkan pekerjaannya sebagai programmer game, mengapa dia keluar.

Perusahaan Google lagi lagi mendapat rangking satu sebagau tempat terbaik untuk bekerja. Karyawan Google menyatakan tempat kerja mereka sempurna, makan dan minum gratis, restoran di dalam kantor dibuat besar.  Salah satu program Google adalah 20% time

Bisa jadi langkah seperti ini menjadi kesuksesan bagi kantor IT, karena membuat karyawan menikmati pekerjaan di kantor. Ide untuk membuat kantor yang nyaman.



Bentuknya futuristik, tetapi ini bukan club malam atau tempat bioskop. Melainkan kantor IBM yang ada di Italia.

Tiesto No.1. Siapa yang mengenal DJ Tiesto, seorang DJ asal Belanda. BIla nge-mix musik trance sampai techno, penghasilannya 22 juta dollar pertahun. Untuk show semalam saja tarifnya memang mantap.

Ini baru bos, rejeki enga kemana mana. Dari resepsionis, pekerja dan asisten masing masing mendapat $314. Yang si bos Lenovo mendapatkan bonus perusahaan

Inilah tampilan kantor Skype di London Inggris. Tidak berbeda dengan kantor Google dan Facebook, memberi kenyamanan bagi karyawan yang bekerja. Disain kantor Skype lebih terlihat dinamis, dengan warna warni dibeberapa ruang kantor.

Tidak berbeda dengan perusahaan internet dunia, mirip dunia fantasi. Ada kolam renang, meja dengan computer dan noteboook saja tanpa lembaran kertas bertumpuk, bisa karaoke-an, mau minum tinggal datang ke frezzer




No popular articles found.
< /body>