Supernova dalam ilmu astronimi adalah sebuah bintang yang meledak. Sebuah bintang akan bercahaya selama hidupnya. Membakar gas yang terkumpul sampai suatu hari nanti habis terbakar.

Ketika gas mulai habis, sebuah bintang akan mengembang. Membesar tidak karuan sampai beberapa kali lipat dari ukuran sebelumnya. Membengkaknya sebuah bintang disebabkan inti dari bintang tidak stabil. Ketika stabil, inti sebuah bintang terjadi karena fusi nuklir. Tekanan bintang dengan gravitasi ketika hidup, tekanan dari luar menekan kedalam.

Setelah terus bercahaya, gas akan habis dibakar dan dimulai proses sebuah bintang tidak stabil dan membesar. Setelah proses membesar, bintang akan menciut kembali. Tapi ada proses selanjutnya yaitu meledak. Pada proses ini semua gas akan terlempar keluar dari bintang dan terlempar ke segala arah.

Dibawah ini beberapa foto terjadibya sebuah supernova dari galaksi. Akan terlihat jelas bila diamati oleh teleskop besar. Mengunakan 2 jenis teleskop, gambar besar dengan teleskop optik. Dan gambar kecil dengan teleskop Chandra X-Ray





Bentuk sebuah supernova akan terlihat seperti dibawah ini. Adalah Supernova SN 1006. Lokasinya berada 1700 tahun cahaya dari bumi. Diabadikan 26 September 2012.




Satu bintang ditemukan di galaksi M100.



Foto sebuah supernova kelas 1a.



Selanjutnya inti dari sebuah bintang yang meledak.