Bulan mengapa bercahaya dan menyinari bumi


Science | 1 June 2014

Pada malam hari, Bumi akan tampak gelap bila tidak ada bulan.

Bulan bercahaya tentu mudah dijawab, karena di sinari oleh cahaya matahari.

Mengapa bulan memantulkan cahaya dan memberikan sinar bulan ke bumi.

Bulan memantulkan cahaya dari matahari, terkadang bersinar sangat terang.

Tetapi Bulan hanya memantulkan cahaya antara 3-12% yang diterima dari cahaya matahari.

Orbit bulan antara 29,5 hari terhadap Bumi. Membuat penampakan Bulan memiliki fase seperti bulan purnama, bulan kuartal, bulan sabit dan bulan mati.

Cahaya bulan akan bersinar paling terang bila terlihat di sudut hampir 180 derajat. Posisi tersebut ketika bulan berada seperti tegak lurus antara matahari, bumi dan bulan.

Disebut bulan purnama dimana seluruh lingkaran bulan seperti terlihat bersinar penuh.

Fase bulan baru disamakan bulan tidak akan terlihat, karena bulan berada dekat di antara matahari sehingga cahayanya tidak akan terlihat dari bumi. Sehingga sisi bulan yang memantulkan cahaya matahari berada di bagian sebagai cermin menghadap jauh dari bumi.






Berapa lama bulan benar benar bercahaya penuh. Beberapa penjelasan lain dapat dibaca dibawah ini.

+ Bulan purnama berapa lama saat penuh
+ Bulan foto dari sisi lain yang tidak pernah kita lihat update video
+ Bulan sebesar apa ukuran sebenarnya
+ Foto bulan Google+

Berita terkait
13 September 2019, bulan purnama terlihat di wilayah Pasifik. Disebut bulan mikro dengan jarak terjauh dari Bumi 242.100 mil, dibanding jarak rata rata 240 ribu mil. Jarak terdekat akan dicapai pada jam 4:07 AM waktu EST, atau jam 4:07 sore tanggal 19 Februari 2019 waktu WIB.

Jumlah satu tata surya seperti matahari di dampingi 9 planet, sedangkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti saja mencapai 2-3 ratus milliar bintang. Berapa banyak planet di galaksi kita. Tinggal dikalikan dengan 9 dari angka rata rata.Sampai tahun 1992 baru 2 planet, tahun 2019 sudah 4000 planet lebih ditemukan. Video Nasa



Update dugaan planet X ditemukan, diberi nama VG18, memiliki orbit ekstrem dan masuk dengan orbit Trans Neptunus. Planet RR245 orbit 700 tahun dan UZ224. Benda yang melintang ke atas Drac dan Niku Berapa jumlah planet di tata surya kita.Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet. Tapi total tidak jelas ada berapa planet yang mengorbit ke di tata surya kita, mungkin nanti menjadi 17 atau 18 planet.

Nasa merekam video dari pesawat observasi ruang angkasa Dnamic Observator - SDO. Dimana pesawat tersebut terus memantau kondisi matahari selama 24 jam. Satelit SDO mampu mengambil 10 gelombang panjang berbeda dari aktivitas matahari. Dan setiap cahaya yang ditangkap menunjukan suhu berbeda beda, seluruhnya di rekam dengan resolusi sangat tajam 4K atau setara 4x layar 1080p.

Manusia baru bisa melihat sisi gelap sebelah bulan 55 tahun lalu, tepatnya hari yang sama seperti bulan ini. Bulan yang kita lihat selalu menghadap sisi yang sama, tapi sisi di sebelahnya tidak pernah bisa dilihat langsung. Terbaru dari NASA diambil video Bulan Januari 2015.

Foto dari artisl Roberto Ziche memberikan gambaran lebih jelas sebesar apa matahari dan planet di tat surya. Ditambah 4 planet kerdil dari Pluto, Huamea, Makemake dan Eris.

Foto dari Google Moon tercatat ada 7 titik seperti penunjuk arah berbentuk segitiga di bulan. Ada 7 titik cahaya ketika foto diabadikan. Ada dugaan apakah ini base camp dari Alien atau pesawat ruang angkasa.



Gerhana matahari langka akan terjadi pada 3 November 2013. Slooh merekam di Youtube, tepat jam 3 dari video di Youtube terlihat terjadinya gerhana. Kenya adalah tempat paling lama mendapatkan gerhana

Bulan akan tampak sebagai Blue Moon dengan warna biru.  Bukan hanya purnama tapi bulan akan berwarna biru.  Tampak menjelang senja sampai melewati malam hari. Karena bulan tampil lebih dahulu pada sore hari disebabkan cahanya terhalang atmosfer bumi.

Ada ada saja rekaan gambar dari Ron Miller. Membuat ilustrasi bila Bumi memiliki ring seperti Saturnus. Cincin di Saturnus adalah debu yang gagal membentuk bulan




No popular articles found.