2018 Mei
Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari, kedua pendaki wanita dari Indonesia mencapai puncak Everest.
Menjadi wanita pertama asal Asia Tenggara yang berhasil menaklukan 7 puncak gunung tertinggi / 7 summits. Dan terakhir di capai dari puncak terakhir Everest.

Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari tergabung dengan tim The Women of Indonesia Seven Summits Expedition Mahitala Unpar. Mencapai puncak Everest pada pukul 5.50 pagi waktu setempat pada 17 Mei 2018.

2014 Mei

Pendaki gunung Everest termuda baru mencapai puncak Everest. Namanya Malavath Poorna dari sekolah di India dan baru berusia 13 tahun, dia mencapai puncak hari Minggu 25 Mei 2014. Yang lebih mengesankan, dia melintas dari sisi Tibet yang lebih sulit.



Kebanyakan pendaki mengambil rute dari Nepal yang lebih mudah, tetapi pendakian dari Nepal tidak mengijinkan pendaki usia 16 tahun ke bawah melewati jalur selatan.

Foto NYDailynews



Usia Malavath Poorna tepatnya 13 tahun 11 bulan. Terpaut dengan warga Amerika Jordan Romero pria yang mencapai puncak tahun 2010, ketika itu dia berusia 13 tahun 10 bulan.



Malavath Poorna melakukan pendakian bersama Shekhar Babu, seorang pendaki yang berpengalaman. Dan temannya Anand Kumar usia 16 tahun temannya yang juga dari keluarga miskin terpilih untuk mendaki ke Everest. Katanya yang menjadi halangan adalah makanan, karena semua dalam kemasan.

Malavath Poorna adalah anak dari buruh tani di sebuah desa kecil di India Selatan. Penghasilannya hanya $595 setahun.
Di dorong oleh orang tua, guru dan teman temannya di desa kecil. Poorna mendaftar dalam program kegiatan petualangan. Sebuah yayasan Andhra Pradesh Social Welfare Residential Educational Institutions Society mencari 150 siswa dari keluarga miskin. 2 di antara 20 orang dikirim ke pelatihan Himalayan Mountaineering Institute in Darjeeling. Poorna dan Anand dijemput untuk ekspedisi Everest bulan April lalu. Dia dilatih oleh pendaki Darjeeling dan Ladakh. Waktu kedatangan Malavath Poorna di Tibet pada 15 April 2014, dan 18 April 2014 terjadi tragedi disisi Nepal.

+ NYDailyNews
+ IndianExpress
+ Huffpost

+ Google Maps puncak Everest