Planet Pluto mengapa satu bulan disana menarik


Science | 28 May 2014




Planet Pluto sudah dikeluarkan dari daftar planet tata surya. Karena memiliki putaran berbeda melawan putaran dari planet lain. Dianggap sebagai planet dari gugus luar yang akhirnya memutar di orbit matahari. Apakah ada yang tahu ada berapa bulan di Pluto, ada 5 dan satu yang unik .



Setidaknya ada 5 bulan di planet Pluto ditemukan. Paling besar Charon disusul 4 berukuran kecil Styx, Nix, Kerberos dan Hydra. Ada hubungan antara bulan Charon dan Pluto, keduanya saling tarik menarik dan membuat orbit keduanya bergeser. Disebut juga Double System karena Pluto dan Charon sebagai planet kerdil dengan kekuatan gravitasi masing masing. Membuat orbit di Pluto keluar dari garis tengah orbit. Jarak Pluto dengan bulan Charon diperkirakan sekitar 19.640km, jadi cukup dekat dan saling terikat dengan gravitasi.



Isi bulan Charon adalah batuan, tapi diselimuti oleh es tebal atau bebatuan es. Bagaimana dengan 4 bulan di Pluto, tidak ada yang tahu alias sedang diteliti tahun 2015 ini.

Setidaknya menunggu tahun 2015 setelah pesawat tanpa awak New Horizons sampai disana dan melakukan penelitian lebih lanjut. Letak Pluto sangat jauh, pesawat ini harus melakukan perjalanan selama 9 tahun untuk mencapai Pluto.

Apakah planet Pluto memang kecil. Betul tapi tidak kecil sekali. Diameter planet Pluto 2360km, sekitar 2/3 lebar bulan, dan 3/4 lebar bulannya Jupiter Europa. Di planet Pluto gelap karena jauh dari matahari. Betul, tapi tidak gelap sekali ketika planet menghadap ke matahari. Karena jauh, bila seseorang melihat matahari di planet Pluto. Akan terlihat matahari ketika hendak terbenam atau agak abu abu. Padahal waktunya tengah hari di Pluto.

Bagaimana dengan kondisi di planet Pluto, pastinya sangat dingin. Permukaan planet tertutup es, nitrogen beku dan metana beku. Tapi permukaan planet di dalamnya sekitar 2/3 bebatuan dan sisanya adalah es. Jadi planet Pluto adalah planet dengan permukaan es yang tebal.


Berita terkait
Awan besar yang menutup di kutub selatan bulan Titan sebagai bulan terbesar di planet Saturnus. Memiliki sebuah kejutan, permukaan berbatu tapi tekanan 1,4 atmofer Bumi. Mirip Bumi tapi hanya gas nitrogen yang terbanyak

Pada tanggal 28 September 2015 sedang tayang Online jam 10:00 WIB. Satu lagi peristiwa langka dari dunia astronomi. Posisi bulan akan masuk ke bayang bumi. Dan memperlihatkan gerhana bulan total, tidak tertutup total tapi bulan masih terkena cahaya matahari dengan intensitas rendah. Bulan akan berubah warna, sedikit gelap atau kemerahan.



Tim dari Nasa akan membangunkan pesawat Horizon yang terbang di dekat planet Pluto musim panas tahun depan. Pesawat atau satelit kecil tersebut sudah menempuh 4,8 miliar km sejak tahun 2006.

Nasa sedang sibuk menyiapkan semua peralatan untuk menangkap komet C /2013 A1. Komet ini akan melintas di dekat planet Mars pada 19 Oktober 2014. Nasa mengatakan kita hidup di jaman keemasan atau waktu terbaik bagi manusia untuk hidup. Sekarang saatnya untuk mencari pengetahun dari para pengembara misterius ini dan mempelajari mereka

Setelah 8 tahun dikeluarkan dari daftar planet di tata surya. Karena dianggap bulan planet yang berasal dari tata surya sendiri, dengan ukuran terlalu kecil. Pluto kembali masuk daftar, dan menjadi planet ke 9.

Planet Neptunus masuk sebagai planet terbesar, tapi terkecil dalam ukuran kandungan gas. Jarak dari inti planet ke permukaan sekitar 24.000km. Karena ukuran planet ini memang besar, bagian tengah lebih membengkak. Apakah planet Neptunus bergeser mundur.

Satu lagi sebuah planet VP113 memiliki lebar 450km, menjadi planet terjauh telah ditemukan. Bahkan planet Sedna yang terakhir ditemukan mengelilingi matahari. Planet Sedna berada dibelakang Pluto, sekarang masih diteliti apakah masuk sebagai planet di tata surya



Tim ilmuwan menemukan sebuah planet dengan kandungan air, mengorbit bintang Bootis. Tim peneliti dari universitas Penn State dan lembaga terkait mengumumkan penemuan tersebut pada 24 Februari di The Astrophysical Journal Letters.

Planet Ceres awalnya hanya berbentuk asteroid. tapi sekarang berganti nama menjadi planet kerdil Ceres pada tahun 2006. Ilmuwan mengatakan disana kemungkinan banyak sekali air. Orbit planet Ceres terletak di planet Mars. Dan berada di sabuk asteroid dalam tata surya.

Satu planet ditemukan oleh Hubble 14 November 2003. Planet Sedna memiliki orbit ke matahari. Menjadi planet ke 10, tapi planet ini memiliki lintasan sangat jauh bahkan jauh diluar planet Pluto.

Mirip seperti cerita fiksi ilmiah, sebuah planet dengan jarak 200 tahun cahaya dari bumi dilaporkan memiliki 2 matahari. Dalam perhitungan, bila tinggal disana akan melihat matahari terbenam sampai 2 kali setiap hari




No popular articles found.