Kecepatan RAM computer tidak secepat iklan


Hardware | 27 May 2014

Memory computer atau RAM anda mungkin tidak secepat seperti iklan yang diberikan. Karena kebanyakan motherbaord tidak mengenali latency dan frekuensi memory. Kata lain, harus di set manual dan diaktifkan XMP dari BIOS.

Bila computer masih mengunakan memory versi lama dan bekerja di motherboard baru. Hati hati saja.

Karena kecepatan memory baru bisa dicapai dengan setting voltase lebih tinggi dari normal.

Umumnya di set ke 1.65V. Hasilnya procesor anda ikut tergoreng selama computer bekerja. Mengapa, Intel dan AMD sudah memasukan voltase memory dan procesor dalam satu chip. Kontroller memory berada di dalam procesor. Ketika voltase dinaikan, berimbas ke voltase procesor.

Khususnya procesor jenis Haswell dan Ivy Bridge membuat procesor akan berumur pendek. Walau umur procesor memang relatif, kita tidak tahu kapan procesor yang dipakai akan rusak. Bisa 3 atau 10 tahun, pastinya voltase diatas rata rata secara perlahan akan merusak procesor. Untuk menekan panas procesor, banyak pendingin premium untuk menekan panas dari procesor.

Mungkin bagi mereka yang memiliki computer akan bertanya, apa XMP atau apa TurboBoost.

XMP
Adalah  eXtreme Memory Profile. Spesifikasi ini digunakan dari teknologi DDR3. Setting memory DDR3 dengan XMP adalah setting pada memory yang di catat di dalam chip memory modul.

Ketika memory di pasang, bila motherboard tidak mengaktifkan BIOS XMP maka memory akan bekerja dengan kecepatan standar atau lambat. Setting XMP harus di set manual dari BIOS agar performa memory bisa ditingkatkan.

Bila computer dengan memory XMP dan tidak pernah dirubah, kecepatan memory akan tetap lambat bekerja sesuai default motherboard. Hasilnya computer akan lambat dan membeli memory mahal untuk performa tidak akan pernah dinikmati oleh pemilik computer.

Kingston sudah menambahakn fitur PnP, tinggal pasang dan memory auto detect tanpa setting XMP. Cara ini lebih memudahkan bagi penguna computer yang tidak mengetahui tentang hardware.



Pastikan memory DDR di computer memang mendukung XMP.

Contoh pada gambar setting memory 1600Mhz akan dipakai dengan auto memory Kingston PnP dari memory modul dengan 800Mhz atau 800Mhz x 2 = 1600Mhz. Kecepatan speed RAM dibawah ini digunakan secara optimal. Tidak terlalu cepat, tapi mempertahankan latency memory lebih responsif di setting 9-9-9. Tidak perlu di set dari BIOS dan memory akan mencari kecepatan paling optimal.




Turbo Boost
Procesor Intel memiliki 2 kecepatan. Ketika bekerja normal maka kecepatannya biasa saja, seperti 3Ghz. Ketika procesor mendapatkan tugas untuk mengolah aplikasi lebih besar, maka kecepatan akan naik, misalnya 3,6 atau 3,8Ghz secara otomatis.

Tunggu, ada yang aneh dari produsen motherboard. Mereka menempatkan bahaya bagi procesor.

Menurut Chris dari TomsHardware, Intel tidak hanya mengijinkan satu core saja dengan kecepatan maksimum, sisanya akan dipertahankan pada kecepatan lebih rendah. Ketika kinerja procesor dibutuhkan, Intel merancang procesor mereka dalam dibatas aman.

Misalnya tidak melewati 3,4 atau 3.5Ghz. Hanya 1 core saja yang boleh naik ke top speed paling tinggi. Setting ini aktif ketika Turbo Boost diaktifkan.

Apa yang terjadi, panas. Coba setting memory XMP dengan TurboBoost diaktifkan. Semua core ikut bekerja, memang computer terlihat lebih cepat. Tapi lihat temperatur panas procesor.

Bila melonjak diatas batas normal, sedangkan computer hanya mengunakan heatsink fan stock biasa. Hati hati, procesor anda mungkin sedang mengoreng sesuatu. Percuma menanyakan ke produsen motherboard dan mengatakan procesor yang dipakai terlalu panas. Mereka akan menjawab masalah itu ada di procesor dan bukan di motherboard.

Asrock dengan motherboard model lama. Memberi setting overclock procesor memiliki batas aman. Satu satu setting dengan CPU Ratio dari masing masing kinerja core procesor. Dapat memaksimalkan kecepatan TurboBoost 3.3Ghz default speed menjadi kecepatan maksimum 3,7Ghz, bila satu core saja yang aktif bekerja. Bila 2 core diperlukan maka kecepatan
diturunkan ke 3,6Ghz dan 3 core diturunkan 3,5Ghz. Bila seluruh procesor aktif, kecepatan maksimum diturunkan sampai batas 3,4Ghz. Setting overclock seperti ini lebih aman, fungsinya agar procesor tidak terlalu panas bekerja.



Bila computer terlihat lebih cepat dengan mengaktifkan XMP dan TurboBoost.
  • Awasi temperatur procesor dari sensor software. Solusi procesor panas di beberapa motherboard, cukup menon-aktifkan salah satu fitur dengan mematikan XMP ke setting RAM standar atau TurboBoost Disable.
  • Pilih model RAM dengan voltase standar agar tidak terjadi peningkatan voltase.
  • Efek panas pada procesor tidak terjadi di semua motherboard.
  • Bila anda mengunakan heatsink standar, gunakan software monitoring temperature untuk procesor. Lihat berapa panas procesor ketika bekerja. Bila mencapai mengalami batas panas yang ditentukan procesor misalnya 70 derajat C. Maka procesor akan mengalami Throtler, istilahnya clock speed procesor diturunkan ke default. Tujuannya agar procesor tidak melewati batas panas yang berlebihan. Tetapi 70 derajat C mungkin cukup panas bagi komponen lain di sekitar procesor.
  • Procesor Intel disebut memiliki Turbo 4Ghz. Tapi baca lebih lanjut bila 2 core aktif, atau 4 core aktif maka kecepatan akan diturunkan sampai batas aman.

Berita terkait
Berapa banyak harddisk gagal bekerja setelah lama dipakai. Pabrikan menyebut 600 ribu jam, tapi ada saja yang gagal sebelum waktunya. Apakah SSD lebih baik. Keduanya memiliki resiko yang sama, dan berbeda dengan data yang diberikan oleh produsen. SSD atau Harddisk lebih baik.

Kecepatan memory DDR dengan CAS dan NS seperti paradok. Selalu berbanding terbalik, tapi kita salah melihat kecepatan memory bila kecepatan clock speed berbeda. CAS adalah kecepatan memory ketika dipasang, sedangkan di dalam chip maka kecepatan memory mengunakan angka NS.



KLEVV menyiapkan memory high end untuk computer game. Merek KLEVV dibuat untuk DDR3 dan DDR4. KLEVV adalah partner dari pabrik chip Hynix, tapi ada yang menarik antara hubungan kedua perusahaan tersebut. KLEVV membuat 3 model untuk memory modul DDR3 untuk Game PC

Keyboard Gigabyte  Aorus Thunder K7 mengunakan tombol Cherry MX Red. Dilengkapi dengan lampu disetiap tombol. Uniknya, keyboard mekanik ini bisa dilepas pasang dibagian numerik

Agak unik namanya, bentuknya foam atau busa tembaga untuk mendinginkan computer. SilentPower sedang mencari dana untuk memproduksi heatsink silent computer. Tidak memerlukan fan tapi pendingin tembaga berbentuk busa metal.

Memiliki monitor dengan ketajaman resolusi 3840x2160pixel untuk computer tidak akan berguna bila tidak didukung hardware. Apa saja perangkat yang dibutuhkan untuk menampilkan gambar 4K.

Versi ECS, sekarang membuat motherbord berkualitas. Apa beda motherboard murah dan motherboard mahal. Tentu ada, kualitas pastinya. Mengapa harga motherboard ada yang mahal dan murah. Apakah berbeda komponen atau berbeda perlengkapan yang disediakan.



Satu power supply merek Suntai dijual murah.

Banyak model bukan untuk membingungkan pembeli. Tahun ini Corsair keluarkan produk lengkap untuk Gaming dan Overclock. Power supply Corsair dengan model AX, HX, RM, CS, TX.

Datacenter banyak mengunakan harddisk sebagai storage. Pengalaman bertahun tahun menghadapi kegagalan harddisk kerja, menghasilkan pengumpulan data yang unik. Cukup mendengar suara yang keluar dari harddisk, bisa menentukan apakah harddisk akan mulai tit alias akan mati.




No popular articles found.