Aplikasi Android tanpa ijin mengupload foto pemilik smartphone


Kategori : Security | Date : 26 May 2014
Google sudah berusaha menutup celah pembuat aplikasi nakal di Google Play Store. Sampai memberikan pengaman dengan Device Manger. Tetapi aplikasi berbahaya masih ada, bukan di Google Play tapi ditempat lain. Menurut Forbes, banyak aplikasi yang terinfeksi malware diluar Google Play Store.

Minggu ini diungkap oleh Szymon Sidor. Salah satunya aplikasi yang mencari celah di OS Android. Aplikasi tersebut dianggap berbahaya karena dapat mengambil foto dari camera dan mengupload ke server lain. Tetapi pemilik smartphone atau perangkat tidak mengetahui ada foto yang diupload oleh aplikasi. Selain foto, aplikasi tersebut dapat melihat status baterai. Mungkin penjahat ingin mengamankan aplikasi mereka agar tidak ketahuan terlalu banyak mengunakan baterai. Yang lain seperti lokasi dimana keberadaan smartphone dapat diambil oleh aplikasi dan dikirim ke server.

Untuk keamanan, Sidor mengatakan
Baca baik baik dari informasi yang tercantum di aplikasi.
Aktifkan pengaman pada perangkat Android khususnya bagian remote.
Uninstall aplikasi yang tidak perlu.
Curigai aplikasi yang banyak mengunakan bandwidth internet.
Lihat di Background Services (setting > Apps > Running) dan lihat aplikasi apa saja yang tidak pernah diaktifkan tetapi masih aktif.


Dalam film ada cerita smartphone dijadikan alat untuk diburu, dimana seseorang membawa smartphone dapat di telusuri keberadaannya. Apa benar smartphone bisa menunjukan posisi seseorang. Penguna smartphone Android sebenarnya dapat dilacak keberadaannya bila smartphone aktif

Mengunakan smartphone Android bikin masalah, artinya penguna tersebut tidak sendirian. Karena 3/4 perangkat mobile menanyakan atau mengembalikan ke operator jaringan di Eropa. Sedangkan di Amerika tidak masalah.

Apa yang menjengkelkan ketika anda memiliki email pribadi bahkan tidak pernah di publikasi. Bisa saja nama email anda dicuri dari bug di aplikasi. Game gratis tiba tiba menanyakan login ke Facebook



Aplikasi gratis Malwarebytes Anti-Malware 2.0 ternyata ada yang palsu. Aplikasi tersebut populer sebagai antivirus gratis, sekarang dimanfaatkan namanya untuk scammer. Yang menyebarkan menaruh di beberapa situs secara acak.

Google meningkatkan keamanan perangkat OS Android. Dengan memberikan peringatan ketika mendownload aplikasi dari Google Play Storage. Setting tersedia di perangkat seperti smartphone Android, dan dapat diaktifkan.


No popular articles found.