Data Malware dari Microsoft 2014 Indonesia rangking atas sekarang tetap 10 besar


Security | 24 May 2014

Data yang dikumpulkan software Windows Defender for Windows 8 atau antivirus Microsoft. Infeksi Malware di PC Windows untuk Indonesia mencapai 22%. Tahun lalu sangat tinggi, setara Pakistan dengan perbandingan 2:1.

Malware infection rates worldwide 2014

Apa arti tabel diatas. Persentasi tersebut adalah perbandingan dari 1000 computer. Indonesia misalnya di angka 22.2% adalah computer yang terditeksi dari 1000 computer yang dibersihkan software antivirus Microsoft Security Essentials atau Windows Defender

Laporan dari SIRv16 dikumpulkan dari tahun 2013 sampai 2014 kuartal pertama. Untuk seluruh dunia, rata rata mencapai 20an persen, 3 bulan pertama tahun ini turun 17,8%. Negara dengan infeksi malware tertinggi adalah Pakistan, Aljazair, Indonesia, India dan Vietnam.

Tentu data tersebut hanya mewakili, berapa banyak serangan computer terhadap malware di Indonesia. Catatan diatas diambil dari aplikasi Microsoft Defender. Angkanya bisa lebih besar atau lebih kecil, pemilik computer dapat mengunakan antivirus non Microsoft atau mungkin saja tidak meninstall aplikasi antivirus sekalipun.

Menariknya pada tahun 2013 negara yang terinfeksi paling banyak adalah Aljazair dan Tunisia. Lalu darimana datangnya serangan tersebut.
Serangan terbesar dari browser internet. Sempat muncul aplikasi antivirus di browser dengan nama BitGuard.exe. Aplikasi tersebut hanya kamuflase dan menginfeksi malware Win32/Sefnit. Atau serangan melalui plug-in browser.

Untuk menjaga computer dari serangan seperti diatas
  • Selalu update antivirus, dan mengupdate aplikasi yang dibutuhkan seperti dari Adobe Flashplayer, Java dan lainnya.
  • Ketika mendownload file, ambil dari sumber terpercaya.
  • Biasakan memeriksa dua kali sebelum mengclick sesuatu dari browser. Khususnya attachment.
  • Biasakan membackup file penting dari computer, bisa mengunakan layanan Cloud services.

Aplikasi Antivirus gratis bisa di download via

AVG

Avast

BitDefender



Berita terkait
Google Chrome fix stabil, ngak makan RAM lagi. Maret 2019 perbaikan ke versi Chrome 72 Stable. Diminta penguna Chrome untuk Windows dan Mac mengupdate critical update. Update TLS. Browser lebih stabil di computer 4GB RAM.. Download Google Chrome Browser untuk Windows dan Android.

Aplikasi gratis Malwarebytes Anti-Malware 2.0 ternyata ada yang palsu. Aplikasi tersebut populer sebagai antivirus gratis, sekarang dimanfaatkan namanya untuk scammer. Yang menyebarkan menaruh di beberapa situs secara acak.



Aplikasi Virus Shield menjanjikan sistem perlindungan antivirus di smartphone. Mendapatkan rating bintang 4,5, bahkan ditawarkan dengan membeli $3.99. Aplikasi tersebut palsu, dan sudah di download 10.000 kali lebih.

Satu situs besar DailyMotion menjadi target iklan berbahaya, menyebarkan antivirus palsu. Ada cara yang menarik dari penyebar, keliatah tuh di layar monitor. Menawarkan update Microsoft tapi link ke Defender




No popular articles found.
< /body>