Harga lensakan mahal, harga bekas lebih murah. Ada tip membeli lensa bekas dari Karl Taylor, apa saja yang perlu diperhatikan.
  • Lihat bodi lensa, bila ada cacat dikhawatirkan ada kerusakan di dalam lensa. Harga lensa bekas murah tapi mendapatkan kerusakan pada lensa, biaya perbaikan menjadi mahal.
  • Coba di kocok dari lensa, bila terdengar sesuatu anda bisa mencurigai bila ada komponen yang rusak di dalam. Seperti ring lensa yang rusak
  • Memeriksa lensa, gunakan senter kecil dan lihat apakah lensa sudah kotor atau dimasuki debu. Tempelkan senter kecil dibelakang lensa dan lihat bagian dalam dari bagian depan lensa.
  • Memeriksa kaca depan yang tergores. Hembuskan napas di depan kaca depan, akan terlihat apakah lensa mulus atau sudah pernah tergores.
  • Memeriksa jamur yang tidak terlihat bisa mengunakan senter. Teropong dengan senter dari depan lensa, apakah sudah terbentuk jamur karena lensa tidak dirawat oleh pemiliknya. Pemilik lensa seharusnya menjaga lensa mereka agar tetap kering agar terjadi jamuran di lensa. Kalau terjadi jamur di lensa, akan ribut untuk membersikan dan harus dibawa ke servis center.
  • Periksa mekanik lensa, pastikan fokus lensa bekerja dengan baik seperti spesifikasi lensa. Gunakan camera, test, dan lihat gambarnya. Paling aman, test dengan camera sendiri atau meminjam di toko camera, jangan lupa bawa memory card. Test semuanya seakan sudah memiliki lensa, lalu bawa pulang hasilnya dan periksa dirumah. Bila hasil foto bagus, baru kembali ke toko yang menjual lensa second tersebut. Untuk lensa mahal perhatikan kinerja auto Aperture untuk memastikan bagian tersebut bekerja dengan baik.
  • Pastikan pihak penjual memberikan garansi setidaknya 1 bulan.

Mantap juga nasihat om Karl Taylor.