Kapal selam HMS Artful Inggris dan kapal selam besar HMS Dreadnought


Stuff | 17 October 2016

Kapal selam HMS Artful adalah kapal selam baru angkatan laut Inggris.

Masuk kelas Astute baru saja di lepas ke lautan. Menjadi 1 dari 7 kapal selam nuklir yang dibangun oleh BAE.  HMS Artful mengunakan nomor S121.

HMS Artful adalah kapal selam ketiga, dua yang sudah dibuat diberi nama HMS Astute dan HMS Ambush.

Masih ada 4 kapal selam lain yang dibangun di kelas Barrow dengan nama Audacious, Anson, Agamemnon dan Ajax. Kapal selam HMS Artful memiliki panjang sekitar 97 meter dengan berat 7,400 ton + air laut sebagai balance. Bagian atas dibuat dengan teknologi baru, salah satu keunggulan kapal selam ini mampu berlayar keliling dunia tanpa perlu muncul ke permukaan. Dibangun dengan biaya 1 miliar pounsterling. Kapal selam HMS Artful adalah kapal selam pemburu.

Kemampuan kapal selam ini memiliki kekuatan turbin nuklir untuk satu kota kecil. Memproduksi air tawar dan oksigen sendiri, tidak mengunakan periskop dan digantikan dengan teknologi visual video. Mampu membawa rudal Tomahawk dengan target 2500km dari lepas pantai. Sonar 2076 yang mampu menditeksi kapal dari jarak ribuan km dengan jumlah Hyrdophone terbanyak jumlahnya dan menjadi teliga utama dari kapal selam. Membutuhkan kabel dan pipa yang panjangnya mencapai 110km.

Melihat kapal sebelumnya HMS Astute, diawaki 98 awak kapal selam dan maksimum 109 awak. Kapal selam ini tidak memerlukan pengisian bahan bakar selama 25 tahun. Dengan perbekalan untuk awak kapal maka kapal selam akan berlayar nonstop dibawah air selama 3 bulan. Untuk kapal selam HMS Artful memiliki 38 persenjataan dan 6 buah tabung terpedo ukuran 21 inch.

Kekuatan HMS Artful
  • Mesin reaktor nuklir Rolls-Royce PWR 2, dan MTU 600kW diesel
  • Panjang kapal selam 97 meter dan lebara 11-10 meter
  • Kecepatan 56km perjam
  • Jarak tempuh tidak terbatas
  • Penyelaman 300meter
  • Kapasitas 98 awak, maksimum 109.
  • Persenjataan 38 terpedo, 6 tabung terpedo. Tomahawk Blok IV untuk rudal laut ke darat dengan jarak 16000km dan terpedo kelas berat Spearfish.





Kapal selam Inggris kelas Trident


Inggris membangun kapal selam lain dengan kemampuan membaw rudal Trident. Dengan nama HMS Dreadnought penganti kapal selam kelas Vanguard yang sudah ada.
Menjadi kapal selam pertama terbaru, Inggris kabarnya akan dibangun sampai 4 kapal selam
Anggaran pembuatan 4 kapal selam kelas berat tersebut mencapai 31-42 miliar pounsterling. Atau satu kapal selam setara 150 triliun Rupiah
Anggaran tersebut diperdebatkan cukup lama. Karena senjata nuklir tidak akan diarahkan dalam menghadapi ancaman serius seperti teroris dan peang cyber.
Lebih baik anggaran diberikan untuk sekolah, rumah sakit, kesejahteraan dan pekerjaan bagi mayoritas penduduk Inggris.

Kapal selam tipe Trident Inggris

Jumlah kapal selam angkatan laut Inggris
Nama - Kelas - Nomor - Bertugas (Th)
HMS Torbay     Trafalgar     S90     1985
HMS Trenchant     Trafalgar     S91     1986
HMS Talent     Trafalgar     S92     1988
HMS Triumph     Trafalgar     S93     1991
HMS Astute     Astute     S119     2007
HMS Ambush     Astute     S120     2011
HMS Artful     Astute     S121     2014

4 kapal selam dibawah ini akan diganti dengan kelas Trident. Kelas Vanguard memiliki kemampuan turbin nuklir, dan membawa rudal balistik kelas Trident.
Satu kapal selam dapat membawa 16 rudal tipe Trident II D4, dimana dapat membawa 12 rudal nuklir

Mengantikan kapal selam tua yang sudah menjaga Inggris sejak 16 tahun lalu. Tapi kapal selama lama masih tetap bertugas sampai 2040 sebelum digantikan dengan 4 kapal selam baru.

Kapal selam Inggris kelas Vanguard

Jumlah kapal selam kelas besar Inggris
Nama - Kelas - Nomor - Bertugas (Th)
HMS Vanguard     Vanguard     S28     1992
HMS Victorious     Vanguard     S29     1993
HMS Vigilant     Vanguard     S30     1996


HMS Vengeance     Vanguard     S31     1998

Berita terkait
Kapal selam terbaru dikembangkan pada abad ke 21. Disebut kapal selam dengan mesin AIP sistem Stirling. Mengapa kapal selam baru menarik digunakan beberapa negara. Setidaknya 10 negara mampu membuat kapal selam lebih kecil. Tugas untuk mengawasi wilayah pesisir, tapi kemampuan menyusup lebih baik dari kapal selam besar.

USS Zumwalt sebagai kapal perang perusak Amerika sudah siap berlayar. Merupakan kapal perusak terbesar dan siap beroperasi pada tahun 2017. Pendanaan yang disetujui tahun 2001, rencananya akan dibuat sampai 30 kapal sejenis, terakhir hanya 3 telah siap pada tahun 2019.



Apa yang masyarakat tidak ketahui dengan teknologi kapal selam. Amerika memiliki daftar 66 kapal selam, kemampuan menyerang kapal selam lain, rudal balisitik. Rusia 60 kapal selam, satu kapal mampu mengunting kabel bawah laut. Kapal selam Belgorod membawa torpedo untuk Tsunami menjadi kapal selam terpanjang di dunia.

Satu video direkam kapal tangker LPG/C Venere ketika menghadapi topan pada 19 Januar 2013. Bisa dilihat setinggi apa gelombang laut, hitungannya diatas 7 meter. Badan kapal kontainer mirip di dalam kereta ketika dihantam ombak bahkan kapal kontainer miring sampai 40 derajat.

Kapal induk  USS Gerald R Ford baru saja diluncurkan. Menjadi kapal induk termodern yang dibuat dengan pelontar Electromagnetic mengantikan sistem ketapel. Kapal perang ini lebih ramah lingkungan, dan biaya pembangunan 13 millar dollar. Mulai di uji April 2017, diperkirakan siap bertugas tahun ini. Total 11 kapal induk Amerika aktif

Satu lagi kapal induk atau kapal membawa pesawat terlihat sedang dibangun. Satelit Airbus Defence and Space Imagenry menampilkan sebuah konstruksi dari bulan Mei 2015 sampai 22 September 2015. Terlihat konstruksi seperti kapal tapi berukuran besar.

Tank T14 adalah tank universal. Disebut sebagai tank Armata sebagai tank utama dalam pertempuran. Rincian kemampuan tank T-14 baru diumumkan ke publik. Salah satu teknologi pengisian peluru otomatis, dan perlindungan pasukan di dalam tank.



Kapal Triple E sebagai kapal angkutan terbesar lain sedang dibangun di galangan Daewoo. Salah satu insinyur Soran yang bekerja di Maersk sejak tahun 1976 akan pensiun. Kapal ini menjadi kapal terakhir yang ditangani. Soran sempat nyeletuk, ini kapal cargo lainnya yang sedang dibangun hanya ukurannya sedikit lebih besar

Susah membayangkan apa yang bisa di angkut oleh kapal Heavy Lift. Kapal pengangkut terbesar ini mampu membawa barang apa saja yang besar dan utuh. Kapal ini dirancang untuk membawa barang yang tidak bisa di angkut oleh kapal laut lain.

Kapal perusak Iowa adalah kapal perang paling mematikan di Pasifik selama perang dunia ke II. Tetapi USS Iowa adalah yang terbesar, disusul USS New Jersey, USS Missouri dan USS Wisconsin yang aktif di armada laut Amerika. Hanya satu USS Iowa memiliki kemampuan khusus.

Kapal selam milik Rusia terbaru dinamai K-239 Severodvinsk. Dibangun selama 20 tahun dengan bahan bakar reaktor nuklir, jenis kapal selam ini untuk memburu kapal selam lain, menghancurkan kapal perang dan serangan ke darat

Kapal induk selalu di kelilingi kapal lain untuk melindungi dirinya. Satu foto ini cukup unik, ada 2 kapal induk berjajar bersamaan. Foto diambil di laut arab, keduanya adalah kapal induk kelas Nimitz dengan tenaga nuklir.




No popular articles found.
< /body>