Ketika melihat objek liburan di luar negeri, banyak pelancong disajikan dengan foto menarik dari tempat liburan. Tapi tidak semua seperti apa yang gambarkan oleh buku atau foto tempat pariwisata.
  • Piramid di Mesir, di buku terlihat ada 3 piramid besar yang dapat dikunjungi. Bila datang kesana hanya 2 yang besar, satunya hanya berukuran 1/3 saja.
  • Aeropolis dengan melihat foto bisa dibayangkan berada di tempat terpencil pegunungan. Reruntuhant tersebut sebenarnya berada di tengah kota.
  • Monumen Arc de Triomphe yang ada di kota Paris Perancis, sebenarnya berada di tengah bundaran jalan.
  • Stonehenge batu purbakala ini bukan berada di tempat purbakala, tapi berada di daerah pertanian.
  • Forbidden City atau kota terlarang, di katalog pariwisata terlihat seperti di pedesaan. Nyatanya komplek ini berada di tengah kota.
  • Taj Mahal terlihat indah di foto, khusus dibagian dalam. Diluarnya sama saja seperti melihat sampah di air kali di Jakarta
  • Brandenburg, monumen ini sebenarnya hanya pintu kecil yang juga berada di tengah kota.
  • Satu lagi sebuah kastil tua terlihat dekat dengan daratan. Bangunan ini malah berada lebih jauh ke arah laut dan terpencil.

Tempat turis berbeda dengan foto promosi dan tempat asli

Bagaimana dengan tempat wisata lain, apakah sesuai dengan brosur yang ditawarkan

Melihat pemandangan tembok besar di China ketika musim liburan, sangat berbeda dengan pemandangan di foto brosur untuk wisata.

Tembok besar China

Atau melihat lukisan Monalisa di museum The Louvre Paris Perancis. Lukisannya memang ada, tapi pengunjung disana juga ramai. Butuh lensa zoom untuk mengabadikan foto Monalisa

Melihat lukisan Mona Lisa di The Louvre Paris Perancis

Mencoba menikmati liburan di sekitar menara Eifel khususnya hari libur di Paris

Menikmati musim panas di dekat menara Eifel

Jalan jalan di Yunani, tepatnya Santorini yang terkenal unik dengan bangunan warna warni. Setidaknya turis harus antri.

Menikmati Santorini di Yunani

Menikmati gondola di kanal kota Venice yang sepi ala film romantis.

Menikmati Gondola di kota Venice

Mampir ke pantai Rio di Brasil yang sepi

Menikmati pantai Rio di Brasil

Berlibur ke piramid besar di Mesir denga ngaya seperti seorang petualang. Sayang anda tidak sendirian disana.

Menikmati piramid di mesir

Atau melihat sumber air Trevi di kota Roma Italia. Seperti foto yang dilihat di internet. Percayalah, disana ramai setiap hari. Rata rata dikunjungi 2000-3000 turis pada musim liburan

Bahkan pengelola disana setiap hari mendapatkan sekitar 3000 euro perhari dari uang yang dilemparkan ke kolam sumber air tersebut. Dan dana yang terkumpul disumbangkan ke sebuah organisasi sosial

Menikmati sumber air trevi

Mesa Arch adalah spot foto di Canyonland, umumnya fotografer membuat foto ketika matahari terbit dengan memperlihatkan kedamaian alam. Seperti gambar kiri terlihat indah dan sepi, coba lihat foto asli di kanan. Anda tidak sendirian disana aka "ramai"

spot foto Mesa Arch itu ramai

Spot foto di Delicate Arch taman nasional Arches. Disana terdapat sebuah batu dengan bentuk melingkar. Banyak foto dibuat untuk batu ini, dan terlihat sepi. Tapi jangan salah, bila tiba ditempat seperti ini sama akan bertemu puluhan fotografer lain.

Delicate Arch taman nasional Arches