Planet Jupiter isi planet ini sebesar apa dan berapa banyak bulan disana


Kategori : Science | Date : 10 June 2019
Isi planet Jupiter dan Bulan di Jupiter
Dibawah ini gambar urutan planet dan inti dari Jupiter menurut gambar artistik para ilmuwan dengan perbandingan ukuran planet di tata surya dari Space

Skala dibawah ini adalah ukuran, tapi bukan jarak antar planet.






Seperti gambar dibawah, ketika datang ke Jupiter hanya terlihat awan yang padat. Astronom percaya bagian padat di planet ini adalah batu atau es. Tapi sebelum mencapai inti planet terdapat hidrogen yang membeku.



Planet Jupiter adalah planet tertua di tata surya.
Planet Jupiter menjadi planet tertua yang terbentuk pertama. Sehingga planet ini menyerab debu dan gas lebih banyak.

Atmofer luar planet Jupiter
Pesawat ruang angkasa Juno mengambil gambar planet Jupiter pada 11 Desember 2016. Dan terbang di ketinggian 16 ribu km di atas awan Jupiter.
Titik merah awan di planet Juputer ini berada di sisi kiri bawah, tidak berwarna merah dan mirip seperti warna awan lainnya. Bisa dibayangkan bila awan tersebut begitu bergejolak, dan manusia ada dibawah awan tersebut



Awan dan spot merah di atas planet Jupiter

Berapa banyak bulan di Jupiter
Total 79 bulan dari data Juli 2018.
Yang mengitari planet Jupiter. atau mungkin lebih. 4 bulan paling besar dikategorikan sebagai bulan satelit Galilean, sekitar 50 bulan berukuran diameter 10km lebih. Penemuan bulan di Jupiter agak unik, pertama di konfirmasi 66 tapi menjadi 67 pada tahun 2011. Tahun 2016 dan 2017 ditemukan lagi 2 bulan total menjadi 79 bulan di Jupiter. Atau belum semua ditemukan.

Ukuran 2 bulan  S / 2016 J 1 dan S / 2017 J 1 relatif kecil, pertama ditemukan 8 Maret 2016 dan kedua 23 Maret 2017. Ditemukan secara tidak sengaja oleh tim astronomi ketika mencari planet X dan mengarah ke daerah di Jupiter. Peneliti mengatakan ukurannya diperkirakan 1-2km. Bulan J1 2016 mengorbit sekitar 1,65 tahun sekali dan J1 2017 sekitar 2 tahun.

Jumlah bulan di Jupiter bertambah sampai 2017 jumlah menjadi 69 bulan

Mungkin. Jupiter memiliki medan magnit paling kuat dari seluruh planet, maklum ukurannya paling bongsor dari planet lain.

  1. Bulan paling dekat dengan planet Jupiter adalah bulan Lo, yang ditemukan pertama oleh Galileo. Satelit di Jupiter ini memiliki gunung berapi dengan belerang dan salju.
  2. Diluar ada satelit Europa, ukurannya sedikit lebih kecil dari bulan di bumi. Memiliki ciri dengan permukaan retakan permukaan es. Bulan Europa memiliki tingkat refleksi paling terang dari bulan lainnya.
  3. Bulan Ganymede, ukurannya besar seperti Merkurius tapi masaanya hanya separuh. Satu satunya bulan di Jupiter yang diketahui memiliki medan magnit sendiri. Permukaan bulan ini ditutupi daerah gelap.
  4. Callisto menjadi bulan paling jauh dari sisi ukuran. Memiliki banyak kawah dan permukaannya tidak berubah.

Bulan atau satelit di Jupiter dibagi dalam beberapa kelompok.
Bulan bagian dalam dan tengah memutar dengan arahyang sama, tapi grup bulan di luar memutar ke arah berlawanan.


Bulan Jovian Juli 2018.

Astronom dari universitas Carnegie Melon telah menemukan 2 bulan baru di planet Jupiter pada tahun 2017.
Bulan Jovian adalah satelit Jupiter paling aneh. Memiliki ukuran 1km, bulan tersebut memiliki sisi condong dan lebih jauh dengan arah yang sama dengan orbit Jupiter. Orbitnya juga berlawanan arah dari rotasi bulan Jupiter lain yang berada di bagian luar dan kapan saja dapat bersingungan dengan orbit bulan di sisi luar.
Bulan ini menjadi berbahaya bila terjadi tabrakan dengan bulan lain di bagian luar.

Penemuan Jovian sebenarnya tidak sengaja, ketika peneliti sedang mencari planet ke 9. Kebetulan Jupiter berada di area pencarian dan ditemukan adanya bulan baru tersebut.

Bulan Jovian yang putarannya berbeda dari bulan lain

Untuk mengabadikan beberapa bulan di Jupiter dapat diabadikan dengan camera

Dibawah ini skala ukuran bulan di beberapa planet di tata surya kita
.


Dibawah ini susunan komposisi atmosfer dari 8 planet di tata surya



Aurora di Jupiter
Jupiter juga terkena gelombang matahari. Karena medan magnit disana lebih besar, cahaya aurora akan lebih terang terlihat.



Peneliti melakukan pengamatan dari Jupiter X-Ray, ketika terjadi badai matahari. 8x lebih terang dari kondisi normal, kecerahan warna aurora akan tampak setiap 26 menit. Tidak diketahui
penyebabnya mengapa cahaya medan magnit di Jupiter sering muncul

Muncul Aurora di Jupiter lebih terang dibanding di Bumi

Beberapa hal menarik Planet Jupiter
  • Memiliki ukuran 1321 lebih besar dari Bumi. Memiliki masa 318 kali lebih banyak dari Bumi.
  • Jupiter diberi nama dari bahasa Romawi.
  • 67 bulan mengitari planet ini, dan 4 terbesar Lo, Euripa, Callisto dan Ganymede.
  • Planet dengan cahaya nomor 4 setelah Matahari, Bulan dan Venus.
  • Memiliki cincin debu tapi baru ditemukan setelah tahun 1979.
  • Planet dengan rotasi tercepat, mencapai 10 jam setiap hari. Membuat bagian tengah planet lebih besar.
  • Spot merah di planet Jupiter adalah badai, memiliki ukuran 2x dari Bumi dan masih ada sampai saat ini. Badai tersebut sudah ada sejak 300 tahun lalu.



+ Space
+ Nasa
+ UniverseToday

Berita terkait
Robot Curiosity sedang jalan jalan di planet Mars. . Dengan 130 shot foto dari camera MastCams dan lebarnya 30 ribu pixel.2 tahun berlalu. Rekaman selama 5 tahun robot Curiosity jalan jalan di planet Mars. Seperti apa gerhana matahari di planet Mars

Siapa yang bertugas menghitung perjalan pesawat ruang angkasa. Namanya Finley salah satu manusia computer di JPL Nasa. Dia masih bekerja , dan beberapa proyek besar dihitung oleh Finley.



Nasa merilis film Farthest tentang galaksi dan antariksa dari pesawat Voyager. Setelah 40 tahun diluncurkan, hari ini satu pesawat masih bekerja. Diawal pembuatan, tim insinyur Nasa  menanyakan mau pergi kemana pesawat ini. Sekarang apa yang sudah di ungkap oleh pesawat terjauh buatan manusia tersebut

Satelit nasa Cassini mengambil badai di planet Saturn. Luasnya 2000km dan kecepatannya mencapai 450km perjam. April 2017, melihat bumi dari jarak 1 miliar km

Awan besar yang menutup di kutub selatan bulan Titan sebagai bulan terbesar di planet Saturnus. Memiliki sebuah kejutan, permukaan berbatu tapi tekanan 1,4 atmofer Bumi. Mirip Bumi tapi hanya gas nitrogen yang terbanyak

Pada tanggal 28 September 2015 sedang tayang Online jam 10:00 WIB. Satu lagi peristiwa langka dari dunia astronomi. Posisi bulan akan masuk ke bayang bumi. Dan memperlihatkan gerhana bulan total, tidak tertutup total tapi bulan masih terkena cahaya matahari dengan intensitas rendah. Bulan akan berubah warna, sedikit gelap atau kemerahan.

Satu satelit atau bulan di Jupiter memiliki ukuran cukup besar. Bulan Europa masih diselimuti es di permukaan, peneliti mengatakan gravitasi di sana memungkinkan manusia tinggal. Tapi tidak sepenuhnya tepat, ada beberapa alasan mengapa di Europa manusia akan bermasalah



Tim dari Nasa akan membangunkan pesawat Horizon yang terbang di dekat planet Pluto musim panas tahun depan. Pesawat atau satelit kecil tersebut sudah menempuh 4,8 miliar km sejak tahun 2006.

Listrik statis memainkan peranan penting dari udara di bumi, bulan yang berdebu. Tapi efek listrik statis berbeda pada benda lain di tata surya , bahkan sulit dipahami sampai sekarang. Walau jarak pesawat dengan bulan Hyperion mencapai 2000km, tapi listrik tersebut terlihat dapat lari keluar.

Setelah 8 tahun dikeluarkan dari daftar planet di tata surya. Karena dianggap bulan planet yang berasal dari tata surya sendiri, dengan ukuran terlalu kecil. Pluto kembali masuk daftar, dan menjadi planet ke 9.

Dari semua planet di tatasurya memiliki keunikan tersendiri. Planet bumi adalah planet yang memiliki lapisan atmofer tebal dan memiliki oksigen. Mendukung kehidupan manusia saat ini. Tapi 2 planet lain menjadi planet terpanas, dan satu paling indah

Venus adalah teka teki di tata surya kita, dahulu dingin seperti Bumi. Ukuran planet ini mirip seperti Bumi, dari masanya dan lingkarannya relatif sama. Apakah mungkin manusia bisa berdiri di planet ini. Venus menjadi planet paling panas dibanding Merkurius

Planet Kepler 10c memiliki ukuran 2 kali dari bumi, walau ukurannya lebih besar tapi massa planet ini 17x lebih padat. Ditemukan tahun 2011 oleh teleskop Kepler, jaraknya sekitar 560 tahun cahaya dari bumi. Radius planet sekitar 2x dari radius Bumi. Jangan berharap pindah kesana.

Supernova dalam ilmu astronimi adalah sebuah bintang yang meledak. Sebuah bintang akan bercahaya selama hidupnya. Dari Space memberikan beberapa foto supernova dan bentuk inti sebuah bintang yang mati. Kemana materi bintang setelah meledak



Planet Neptunus masuk sebagai planet terbesar, tapi terkecil dalam ukuran kandungan gas. Jarak dari inti planet ke permukaan sekitar 24.000km. Karena ukuran planet ini memang besar, bagian tengah lebih membengkak. Apakah planet Neptunus bergeser mundur.

Satu film dari Nat Geo menceritakan kehidupan dari alam semesta. Yang ini versi baru, dimulai dari kehidupan manusia, planet yang mengelilingi matahari. Lalu menjauh  menceritakan semua yang pernah ditemukan oleh para astronom.




No popular articles found.