IBM SuperMUC pendingin air untuk supercomputer


Technology | 20 June 2012

Disebut IBM SuperMUC sistem pendingin dengan cairan yang lebih efisien dibanding pendingin udara.

Sebuah supercomputer bisa dibangun dengan 18 ribu unit procesor Xeon dan lebih dari 324TB memory. Baik procesor dan memory dapat mengunakan sistem pendingin baru dengan watercooler. Panas komponen supercomputer dapat dipertahankan antar 45 deg.C. IBM mengatakan sistem pendingin baru mereka dapat mengurangi 40% pemakaian power. Panas dari procesor dapat ditranfer untuk rumah disekitar gedung supercomputer.


Berita terkait
Cray XC-30 AC menawarkan supercomputer versi budget. Biasanya nama supercomputer ditangani oleh badan pendidikan atau pemerintah, dengan biaya pembangunan yang mahal dan pemakaian listrik sangat besar.

Supercomputer buatan IBM model Roadrunner akan dinonaktifkan. Supercomputer Roadrunner memegang rekor sebagai computer paling cepat 5 tahun lalu. Menjadi computer tercepat yang mampu menembus kalkulasi 1 petaflops.



Sebuah rangkaian super computer Oak Ridge National Laboratory Titan Supercomputer menjadi computer tercepat sementara ini. Tetapi itu cuma perhitungan diatas kertas. Kabarnya supercomputer Titan belum berhasil stabil bekerja di top speed.

Intel mengumumkan seri procesor Intel Clover Trail seri Z2500. Ada 3 model tipe dual core, Z2580, Z2560, Z2520 dengan speed 2.0, 1.6 dan 1.2Ghz. Procesor perangkat mobile tersebut memiliki fitur Hyper Threading dengan simulasi 4 pekerjaan aplikasi bersama

Kecepatan terbaru dapat ditarik sepanjang 6000km, dengan tranfer 100Gbps. Dalamnya kecil seperti batang lidi, tetapi bungkusnya sangat besar

Qualcomm adalah perusahaan perancang chip, sejauh ini tidak memiliki pabrik sendiri. Insinyur mereka bekerja dan duduk seharian di computer untuk merancang chip, Qualcomm kabarnya membuat chip dari pabrik Samsung.

Mengapa layar handphone ikut berputar dari 90 derajat atau lebih. Ada sensor sangat kecil membantu mengatur posisi gravitasi dari handphone. Sebuah chip disebut Accelerometer membantu mengatur layar



Intel bercerita tentang pasir yang dirubah menjadi keping silikon. Dimulai dengan bahan pasir, lalu dipanaskan sampai 1800 degC sampai mencair. Kembali di dinginkan dan dipadatkan dan dipotong menjadi lembar silikon.

Super Computer di China, dengannama Tianhe-1A menjadi computer paling cepat di dunia saat ini. Mengalahkan Cray 2.3 TF Jaguar.




No popular articles found.