ISS tepat melintas di depan matahari


Stuff | 13 May 2014

Fotographer berhasil memngabadikan internasional space station - ISS atau stasiun ruang angkasa. Tepat ketika ISS melintas di depan matahari. Diabadikan pada jam 1:21 siang, katanya harus cepat untuk mengabadikan benda ini melintas. Hanya satu detik ketika transit.

Saat ini stasiun ISS di komando oleh astronot asal jepang Koichi Wakata yang berumur 50 tahun. Untuk mengabadikan ISS di depan matahari diperlukan peralatan khusus seperti filter matahari. Fotographer Mainichi berhasil menangkap ISS dengan lensa tele berukuran 1.600mm.

Terlihat bentuk 8 kotak adalah panel surya yang dipasang di ISS. ISS mengorbit bumi setiap 90 menit di ketinggian sekitar 400km dari bumi.



Berita terkait
Bill Ingalls berhasil mengabadikan stasiun ruang angkasa tepat ketika melintas di depan bulan. Stasiun ruang angkasa atau ISS ini terlihat seperti huruf Z, dan berada hampir tepat ditengah bulan. Tidak mudah mendapatkan foto seperti ini,

Dylan ODonnell mengabadikan stasiun ruang angkasa /  ISS tepat ketika melintas di depan bulan. Berapa lama dia menunggu momen ini, 12 bulan karena waktu dan tempat berbeda beda untuk akurasi stasiun ISS akan berada tepat melintas di depan bulan, hanya 0,33 detik sudah lewat



Kalau di permukaan Bumi, mengabadikan galaksi Bima Sakti. Fotographer harus pergi ke tempat yang gelap, menjauhi daerah polusi cahaya seperti di kota. Tanpa pergi ke pegunungan, galaksi sangat sulit diabadikan dengan camera. Berbeda dengan astronot di stasiun ISS

Lebrigand mengunakan camera Canon 500D DSLR dan sebuah teleskop astronomi.  Lebrigand membuat beberapa foto ketika pesawat sedang melintas di depan matahari atau bulan.  Lokasi pengambilan berada di pinggir kota paris.

Fotographer asal Rumania Maximilian Teodorecu memiliki hobi sebagai astronomi. Mengunakan teleskop 1800mm f/12 Maksutov, dia ingin mencoba kemampuan teleskopnya di akhir minggu.

Jared Earle seorang admin dan fotographer mengabadikan foto supermoon atau bulan. Uniknya dia hanya mengandalkan iPhone dan sebuah teleskop. Mengunakan teleskop Celestron 5 inch, dan iPhone 4s, hasilnya mantap.




No popular articles found.