Bulan sebesar apa ukuran sebenarnya


Kategori : Science | Date : 27 May 2018
usia bulan tidak kurang dari 4,51 miliar tahun dan lahir 60 juta tahun setelah tata surya lahir
Dari mana asalnya Bulan.
Diperkirakan Bulan terbentuk pada jaman planet purba atau ketika pembentukan tata surya 4,5 miliar tahun lalu.

Ketika itu belum ada manusia, Bumi masih tahap pembentukan. Atau disebut sebagai embrio planet.

Kondisi bumi ketika itu sangat berbeda dengan keadaan saat ini dan jumlah planet di tata surya tidak jelas ada berapa banyak. Demikian juga Bulan ketika itu belum ada.

Bulan adalah bagian dari Bumi, dan Bulan terbentuk ketika bumi ditabrak sebuah planet purba lain yang diperkirakan seukuran planet Mars.

Tabrakan kedua planet melemparkan sebagian permukaan bumi ke ruang angkasa. Lalu membentuk sampah di ruang hampa dan perlahan terkumpul kembali sebuah bulatan utuh sebagai Bulan.

Awal mula terbentuknya Bulan

Dari penelitian terbaru ilmuwan UCLA. Usia bulan lebih tua dari perkiraan semula.

Bahkan 140 juta tahun lebih tua. Penelti melakukan test dengan mineral Zircons yang ditemukan batuan bulan dari misi Apollo ke 14 pada tahun 1971. Bulan terbentuk sekitar 60 juta tahun setelah lahirnya tata surya.

Jadi berapa usia bulan saat ini. Tidak kurang dari 4,51 miliar tahun.

Di permukaan Bulan tidak terjadi gempa, karena geologi disana tidak terlalu aktif. Tidak ada gempa, gunung berapi, praktis bila tinggal disana akan aman dari bencana Bulan.



Resiko terbesar tinggal di Bulan dari luar bulan. Salah satunya penyebab gempa kecil di Bulan diakibatkan gravitasi dari Bumi sendiri.

Hal lain dari radiasi kosmik di ruang angkasa

Terakhir tentu saja meteor yang jatuhnya tidak akan terdengar.

Isi dari bagian bulan.
Bagian paling tebal adalah mantel, disusul partikel yang meleleh, sisi luar inti bulan dan bagian padat di tengah. Bagian inti hanya 2-4% saja dari seluruh kedalaman Bulan. Dibanding Bumi, lebih tebal mencapai 30%.

Isi bulan dari luar dan tengah

Mengapa bulan penting

Magnetik Bumi yang melindungi bumi dari radiasi matahari, salah satu pemicu adalah ulah dari orbit Bulan. Walau posisi bulan begitu jauh dari Bumi, dampak putaran inti bumi yang berisi materi besi, dapat menghasilkan magnet. Jadi bulan merupakan hal penting dengan kehidupan di Bumi.

Seperti dinamo klasik dimana sebuah besi berputar dan bumi menghasilkan medan magnet.

Daya gravitasi bulan menghasilkan 1.000 miliar watt ke inti bumi. Menyediakan energi bagi geodynamo dan mempertahankan radiasi matahari yang masuk langsiung ke permukaan Bumi. Tanpa perlindungan magnit, permukaan Bumi akan diterpa badai matahari seperti bentuk Aurora. Intinya, seperti di planet Mars. Bila ada mahluh hidup di permukan planet Mars akan mendapat bombardir radiasi matahari dan radiasi lain.

Seperti apa jarak bumi dan bulan.
Bulan memiliki jarak sangat jauh, walau bulan terlihat dekat dilihat dari Bumi

Foto dibawah ini diambil oleh satelit milik Jepang Hayabusa 2 yang diluncurkan Desember 2014.

Jarak bumi dan bulan dilihat dari ruang angkasa


Apakah bulan akan tetap berada disana.
Bulan tidak akan mendampingi Bumi selamanya. Bulan setiap tahun bergeser menjauhi bumi 3,8 cm.

Entah kapan, bulan akan pergi dari jarak Bumi dan terus menjauh. Kemana perginya, tidak ada yang bisa memastikan. Yang pasti di masa mendatang bulan tidak selalu mendampingi bumi lagi.

Tahun 2015, Nasa baru mempublikasikan misi Apollo dengan ribuan foto ekspedisi ke Bulan.

AS12-49-7192

AS14-66-9229

Foto yang dipublikasikan mencapai ribuan foto dari misi pertama sampai misi terakhir, sekarang dapat di lihat di FlikR

Apakah lintasan cahaya memang dapat dilihat, dijawab ya oleh tim MIT. Apakah manusia dapat pergi lebih cepat dari kecepatan cahaya, dijawab tidak mengapa ?. Lebih cepat dari cahaya seperti film fiksi Star Trek dikenal dengan Tachyon. Tachyon Burst adalah partikel subatomik secara alami lebih cepat dari kecepatan cahaya. Kecepatan sonic boom di cahaya disebut Radiasi Cherenkov

Siap siap dengan Supermoon bulan Desember 2017. Bulan purnama 3 Desember 2017 waktu 17:41 WIB, bulan akan terlihat lebih besar 14% dan lebih terang 30%

Update planet RR245 orbit 700 tahun dan UZ224. Benda yang melintang ke atas Drac dan Niku Berapa jumlah planet di tata surya kita.Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet. Tapi total ada 13 planet di tata surya kita, mungkin nanti menjadi 17 atau 18 planet. Planet X atau planet ke 9 dikonfirmasi Nasa



Apa yang kita lihat dengan matahari kita di Bumi berbeda dengan planet lain. Salah satu foto terbaru dari Nasa JPL menampilkan dua Dunia dengan satu Matahari. Disana tidak berwarna kuning tapi tampak abu abu atau kebiruan

Manusia baru bisa melihat sisi gelap sebelah bulan 55 tahun lalu, tepatnya hari yang sama seperti bulan ini. Bulan yang kita lihat selalu menghadap sisi yang sama, tapi sisi di sebelahnya tidak pernah bisa dilihat langsung. Terbaru dari NASA diambil video Bulan Januari 2015.

Mencari planet di sebuah bintang tidak perlu peralatan canggih, seperti teleskop ruang angkasa atau teleskop besar. Bisa mengunakan camera DSLR. Caranya diberikan oleh IEEE Spectrum David Schneider, yang penting punya tele lensa dan alat tracking.

Beberapa hal tidak biasa di bumi ini dapat dilhat pada kehidupan sehari hari. Seperti bulan tidak jatuh ke bumi, air yang mudah menguap dalam kondisi panas. Atau posisi putaran badai berbeda antara di area utara dan selatan. Mengapa bulan tidak pernah menabrak Bumi



Apakah ada bintang yang paling jauh di pinggiran dari galaksi kita. Apakah hanya bintang yang berada di radius 100 ribu tahun cahaya.Bintang ULAS J0744+25 dan ULAS J0015+01 jaraknya 750 ribu dan 900 ribu tahun cahaya.

Jumat pagi 13 Juni 2014, warna bulan akan seperti keemasan. Bulan purnama kali ini disebut sebagai bulan Honey Moon, dan terjadi hanya sekitar 100 tahun sekali. Warna cahaya emas atau kuning baru terjadi lagi pada Juni 2098 nanti

Bumi mengitari matahari setiap 365 hari, apakah matahari juga mengitari  benda lain. Matahari mengitari galaksi atau titik tengah galaksi. Posisi matahari berada agak kepinggir galaksi. Lalu sudah berapa kali matahari mengorbit

Tapi ada miliaran bintang yang membentuk alam semesta. Tidak semuanya sama, bahkan beberapa bentuk sangat unik. Melihat dari foto mereka memang menarik, tapi tidak menarik bila melihat dampak terjadinya disana. Seperti apa penampakan benda aneh di alam semesta.

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Mungkin kita bertanya seperti apa bentuknya. Seandainya Bumi menjadi bulan di planet Saturnus, Neptunus atau Jupiter yang lebih besar atau sebaliknya. Mungkin lebih indah, tetapi tidak untuk 3 planet yang besar


No popular articles found.