Baterai smartphone boros, mungkin salah di aplikasi


Kategori : Smartphone | Date : 17 June 2012

Sebelum membaca artikel dibawah, bila smartphone lambat atau lemot dan tidak responsif.

Coba click dibagian Setting -> Application -> Running Services. Lihat apakah banyak aplikasi yang bekerja. Coba Click nama aplikasi dan tekan Stop dari aplikasi yang tidak terpakai. Bila sudah ditutup aplikasi yang ada. Ingat saja aplikasi yang sudah ditutup tadi. Dan rasakan apakah ada perbedaan smartphone menjadi normal kembali. Bila yah, kemungkinan aplikasi yang ditutup tersebut membuat smartphone menjadi lambat

Sebuah tim dari universitas Perdue menyalahkan pengembang aplikasi untuk smartphone. Aplikasi yang kurang baik membuat baterai smartphone bisa habis dalam waktu 5 jam.

Pembuat aplikasi smartphone mungkin salah mengunakan API, dan menambahkan perintah sleep mode tetapi smartphone tetap aktif. Misalnya, aplikasi yang baik akan tidur sementara waktu dan tidak terus menerus menunggu untuk memeriksa pesan masuk. Yang dilakukan sebuah aplikasi malah terus berjalan sehingga membutuhkan proses procesor smartphone.

Tapi mau dibilang apa, manusia bisa saja salah. Aplikasi pada smartphone terkadang memiliki bug dalam kontrol sistem power, dan membuat aplikasi yang mereka buat tidak benar benar berhenti bekerja. Tim peneliti Perdue mencoba memeriksa 187 aplikasi, dan menemukan 42 coding yang salah dengan Wakelock code.

Semoga dengan penemuan diatas dapat dibaca oleh pembuat aplikasi smartphone. Sehingga baterai smartphone dapat lebih hemat dengan aplikasi yang baik dan tidak perlu di isi setiap malam hari.

Jangan lupa bahaya mendownload aplikasi di luar Google Play. Banyak aplikasi berbayar diberikan di beberapa website tidak jelas. Tapi hati hati, aplikasi tersebut belum tentu aman. Bisa saja sengaja disusupi seperti mengintercept SMS masuk dan mencari kontak di smartphone anda.


Dibawah ini beberapa tip untuk menghemat baterai smartphone

Aplikasi di smartphone terbaru, suka terinstall Bloatware. Aplikasi tersebut tetap berjalan walau aplikasi tidak dipakai. Aplikasi jenis ini memang berguna tetapi belum tentu dipakai. Matikan dengan aplikasi khusus agar tidak berjalan secara background.

Aplikasi Play Store untuk mendownload aplikasi dari Google Market. Bisa dimatikan setting auto update. Caranya buka Play Store, tekan tombol kiri bawah, pilih Setting, matikan Auto-update-apps

Aplikasi Google Maps, aktif untuk menunjukan lokasi keberadaan smartphone. Bisa dimatikan fitur Auto Update. Buka aplikasi Maps, tekan tombol kiri bawah, pilih Setting, lalu Location setting, matikan Enable location sharing


Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/131/2/Smartphone-Android-boros-baterai-atau-smartphone-lambat
Apakah kapasitas RAM di smartphone berdampak dengan kecepatan smartphone . Berapa ideal RAM smartphone untuk aplikasi terbaru. Sebenarnya aplikasi Android hanya membutuhkan RAM sangat kecil. Bila smartphone dirancang dengan 8GB RAM, sepertibya belum dibutuhkan ketika anda mengunakan aplikasi standar. Dimasa mendatang, teknologi dibantu dengan kecepatan RAM dengan kebutuhan aplikasi.

Kalau smartphone lambat, bisa disebabkan perangkat yang aktif. Aplikasi Facebook masih bikin boros baterai smartphone. Indonesia laku dengan Powerbank, karena smartphone sudah kelenger dalam 12 jam. Aplikasi pemeriksa baterai malah bikin boros baterai smartphone.



Coba lihat smartphone rekan anda, dan teliti aplikasi apa saja yang ada disana. Kebanyakan hanya aplikasi chatting, dan media sosial. Sisanya pasti game. 2017, aplikasi media sosial dan chatting. Apakah ini gunanya smartphone

Pusing dengan baterai boros di smartphone, coba periksa apakah ada aplikasi Facebook dan aplikasi Chat lain disana. Dari milis Ngohq, seorang milis mengatakan aplikasi Facebook memakan power baterai sampai 20%. Facebook akhirnya keluarkan versi hemat internet dengan Facebook Lite

Smartphone, paling dikeluhkan adalah baterai. Bila semua perangkat aktif, dari GPS, 3G dan WIFI terus aktif. Hitungan 6-8 baterai akan terkuras dengan cepat.

Hati hati mencari aplikasi untuk mempercepat smartphone Android. Seperti aplikasi tersebut malah menyerang computer dengan backdoor

Techhive memberikan data beberapa model smartphone yang dikeluarkan 12 bulan terakhir. Pengujian mengunakan setting tertentu seperti tingkat kecerahan layar, mematikan memindahkan setting ke Airplane Mode untuk mencegah smartphone melakukan koneksi.



Matikan fitur beberapa koneksi, email dan vibrator bila tidak diperlukan




No popular articles found.