Planet Beta Pictoris B melihat planet lain di luar tata surya


Kategori : Science | Date : 7 November 2018

2014 Mei
Nasa mengatakan sudah mendata 1703 planet yang mengorbit di 1033 bintang.

Tapi masih sedikit informasi dari masing masing planet yang ditemukan.

Dari astronomi Belanda menemukan cara untuk mengukur lamanya sebuah sebuah planet berputar. Seperti di bumi memiliki rotasi 24 jam sehari.

Mengunakan teleskop European Suuthern Observatory Very Large Telescope atau VLT di Antacama Chile.

Tim ini mengamati sebuah planet gas yang disebut planet Beta Pictoris B. Planet tersebut ditemukan tahun 8 tahun lalu. Bahkan bintang induknya yang disebut Beta Poctoris dapat terlihat dari bumi. Karena jaraknya hanya 63 tahun cahaya dan berada di konstelasi Pictor.

Menurut peneliti, bintang ini menjadi salah satu exoplanet yang dapat di citrakan secara langsung. Jaraknya hanya 1,2 miliar km ke bintang induk. Setara jarak matahari ke planet Jupiter atau Saturnus.

Usia tata surya disana relatif muda, sekitar 20 juta tahun. Walau planet Beta Pictoris B memiliki ukuran sangat besar, 3000x dari bumi atau seukuran 10+ lebih besar dari planet Jupiter.

Planet dengan ukuran sangat besar tapi memiliki rotasi hanya 8 jam saja dan mengorbit sekali setiap 22 tahun. Bila dihitung, dari titik luar ekuator planet akan bergerak 100.000km perjam. Menjadi catatan pertama sebagai planet dengan lingkar luar paling cepat berputar dibanding semua planet di tata surya. Kecepatan putaran planet ini tidak melambat, mungkkin menjadi lebih cepat di masa mendatang.

Peneliti bisa menyimpulkan semakin besar planet, maka rotasinya semakin cepat. Bisa dilihat dari rotasi planet Venus dan Merkurius yang ukuran lebih kecil. Planet Merkurius misalnya, memerlukan sekali rotasi selama 175 hari bumi dan sekali mengorbit matahari sampai 1,99x lebih lama dari bumi.

Di ekuator hanya bergerak 10,8km perjam. Jadi sehari di planet Merkuris sama dengan 58 hari di bumi. Planet venus memiliki hanya perputar 224,7 hari sehari di bumi. Satu kali bumi memutari matahari, hampir 2/3 dari waktu yang dibutuhkan Venus memutar dirinya sendiri. Di bumi antara matahari terbenam dan terbit memiliki selisih 12 jam. Di venus 116 hari.



Sekarang peneliti dapat menghitung seberapa cepat sebuah planet memutar satu kali orbit disana. Dengan melihat pergeseran dan kecepatan putaran. Teknik yang sama tersebut sudah digunakan untuk menghitung putaran sebuah bintang.

Dibawah ini gambar planet Beta Pictoris B , kiri dari teleskop dan kanan gambar artis

Beta Pictoris B

September 2015
Satu gambar dibawah ini hanya 6 pixel. Tapi jangan tertawa dahulu sebelum melihat penjelasannya.

Titik berukuran 6 pixel yang diperbesar tersebut adalah planet Beta Pictoris b yang dilihat dari teleskop. Bentuk aslinya 10x lebih besar dari planet Jupiter.

Titik ini berada 60 tahun cahaya dari bumi. Dengan teknologi teleskop sampai hari ini, hanya gambar ini untuk melihat bentuk planet Beta Pictoris b. Gambar planet tersebut sangat redup, bahkan 1 juta kali lebih redup dari bintang induk disana.

Foto diambil oleh teleskop Gemini Planet Imager / GPI.

Gambar ini diambil sejak November 2013 sampai April 2015. Terlihat planet tersebut bergerak 1,5 tahun dari lama orbit selama 22 tahun.





2018 November
ESO mengabadikan serangkaian gambar yang belum pernah dibuat dengan orbot Beta Pictoris b.

Mengunakan instrumen Spektroskopi High-contrast Exoplanet REsearch instrumen (SPHERE) yang dipasang pada teleskope VLT.

Planet tersebut diperkirakan memiliki panas 1.500 deg.C.

Planet Beta Pictoris diamati oleh Sphere sejak Desember 2014, sampai gambar September 2018.

Seperti ini planet yang terlihat diluar tata surya

Beta Pictoris B teleskop Sphere


+ ESO

+ www.seti.org

Planet EPIC 228813918b mengorbit ke sebuah bintang tipe M atau bintang kerdil. Memiliki kandungan 45% besi, dan mengorbit setiap 4,5 jam sekali atau seseorang akan berulang tahun setiap 4 jam sekali

Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.

Teleskop Kepler yang kabarnya rusak sudah kembali beroperasi, walau tidak bisa beroperasi penuh. Kabar baik, ditemukan lagi planet dengan posisi Goldilocks Zone atau planet yang berada di  posisi untuk kehidupan. Bukan satu planet tapi sekaligus 8 planet. November 2015, planet Kepler 438b di coret dari daftar exoplanet yang mirip bumi.



Mencari planet di sebuah bintang tidak perlu peralatan canggih, seperti teleskop ruang angkasa atau teleskop besar. Bisa mengunakan camera DSLR. Caranya diberikan oleh IEEE Spectrum David Schneider, yang penting punya tele lensa dan alat tracking.

3 tahun lagi ada sebuah teleskop TESS untuk mencari planet kembaran bumi. Disusul 1 tahun kemudian teleskop James Webb. Update dari Dr Natalie tentang teknik pencarian kembaran bumi

Sebuah planet Wasp-18b tampaknya menganggu medan magnit dari bintang. Kok bisa planet malah menganggu bintang yang lebih besar. Planet Wasp-18b ternyata sebuah planet sangat besar dan disebut planet Jupiter yang panas dan sangat dekat dengan bintang induknya.

Supernova dalam ilmu astronimi adalah sebuah bintang yang meledak. Sebuah bintang akan bercahaya selama hidupnya. Dari Space memberikan beberapa foto supernova dan bentuk inti sebuah bintang yang mati. Kemana materi bintang setelah meledak



Tim ilmuwan menemukan sebuah planet dengan kandungan air, mengorbit bintang Bootis. Tim peneliti dari universitas Penn State dan lembaga terkait mengumumkan penemuan tersebut pada 24 Februari di The Astrophysical Journal Letters.

Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana

Planet HD 189773b mirip seperti bumi terlihat dari luar angkasa. Peneliti menyebut planet HD 189773b adalah planet True Color, ditemukan oleh teropong Hubble.


No popular articles found.