Sepatu palsu, tas palsu atau kaos palsu sudah biasa.

Bagaimana dengan smartphone palsu, tentu ada walau bentuknya dibuat mirip tapi performa tetap beda. Kalau peralatan camera di palsu, ini kasus menarik.

Menurut data dari Canon, 18% pembeli produk Canon membeli barang palsu tanpa mereka sadari.

Mengambil data dari 1069 konsumen yang membeli peralatan di tahun 2013. Canon menemukan 30% dari mereka ternyata membeli produk palsu bermerek Canon.
  • 12% pembeli adalah konsumen di Amerika menyadari bahwa produk yang mereka beli memang tiruan. Tapi 18% lain tidak tahu kalau produk yang dibeli bukan asli buatan Canon.
  • 40% penguna perangkat tidak menyadari bahwa produk yang mereka beli bisa berbahaya untuk diri mereka.
  • 45% malah menganggap barang tiruan Canon memiliki kualitas yang sama
  • 97% pembeli juga ingin mengetahui informasi lebih lanjut dari perbedaan produk palsu dan alsi.
Angka 18% mungkin tidak berarti apa apa bagi penguna peralatan camera mereka.

Setidaknya kita tahu apa yang harus kita ketahui banyak produk tiruan yang mungkin saja berbahaya bagi perngkat penguna. Seperti baterai , bila salah membeli dapat merusak perangkat atau anda sudah tahu resiko mengunakan baterai tiruan.

Contoh charger baterai palsu Canon, sekilas terlihat sama. Di dalamnya berbeda sirkuit, charger palsu berisi sedikit komponen.

Tidak jelas berapa voltage ketika mengisi baterai. Selain berbeda komponen dengan produk asli Canon.

Canon memberikan perlindungan produknya dengan Hologram yang jelas. Lagi lagi sukar dibedakan bagi penguna awam, karena perbedaan hologram dari produk asli Canon akan terlihat bentuk 3 dimensi



Perbedaan baterai Canon palsu dan asli
  • Tulisan di cetakan tidak jelas umumnya terlihat pada baterai Canon dan terlihat dengan cetakan rapi.
  • Cetakan tulisan sangat jelas, di baterai palsu Canon ttapi terlihat sedikit kabur.
  • Charger seperti gambar dibawah sekilas tidak bisa dibedakan, kecuali bagian molding plastik yang berbeda dan terlihat kurang rapi.
  • Charger baterai di gambar ketiga, terlihat bisa dibedakan. Produk asli Canon memiliki konektor listrik internal.
  • Permukaan baterai asli Canon memiliki kulit plastik lebih rata dengan logo Canon lebih jelas. Sedangkan baterai palsu Canon mengunakan material plastik lebih halus. Disini akan sulit memastikan mana baterai asli dan palsu dari Canon.
  • Nomor seri produk Canon asli tercetak di bagian keterangan baterai. Cetakan terlihat rapi dan jelas, sehingga nomor seri dapat dibaca dengan mudah.
  • Untuk grip baterai pack. Tidak ada pada gambar dibawah ini. Bentuknya sangat mirip, umumnya produk Canon palsu baterai grip memiliki karet tidak rapi.



Lensa Canon 50mm f1.8 II palsu
2016, satu lagi produk lensa Canon 50mm f/1.8 II..
Menurut Canon produk tersebut tidak dibuat oleh Canon.

Membedakan lensa palsu ini terlihat dari tulisan nama Canon di belakang lensa. Yang asli tertulis Canon Inc, sedangkan lensa palsu Canoninc tanpa spasi di N dan I.
Canon memberitahu ke publik, setelah mereka menemukan lensa palsu tersebut masuk ke servis center. Info lensa palsu dari Canon

Lensa Canon 50mm f1.8 palsu berbeda logo

+ Canon