Stuff | 1 March 2020

Planet Mars dengan foto 360 derajat dan foto paling tajam panorama


Situs 360cities.net adalah sebuah situs yang mengumpulkan pemandangan dengan sudut 360 derajat.

Dari beberapa tempat seperti pemandangan kota dengan resolusi tinggi dan dapat di zoom.

Yang ini bukan kota atau pemandangan di tempat pariwisata tapi di planet Mars.

Robot Nasa Curiosity rover mengambil 136 gambar dari camera Mahli. Memiliki resolusi 30 ribu pixel.

Fotonya dibuat memutar 360 derajat. Hasil foto robot Curiosity dipasang di situs 360cities.net. Tertanggal 213 hari setelah robot Curiosity tiba di planet Mars. Lengkap dengan foto kondisi Rover yang sudah penuh debu ketika menjelajahi planet.

Foto aslinya dapat dilihat langsung via 360cities.net/image/mars-panorama-curiosity-solar-day-213



Foto koleksi lain dapat dilihat + 360cities.net/search/spirit-rover

Video di Youtube ini diabadikan oleh robot Curiosity. Menampilkan foto terbaru 360 derajat setelah terjadi badai debu di permukaan planet Mars.

Gelapnya langit diakibatkan badai debu yang mulai memudar kata Nasa. Foto ini juga memperlihatkan debu yang menempel di bagian robot.
Foto dibuat setelah langit mulai terang, setelah beberapa minggu sebelumnya badai melandai seluruh planet dengan kekuatan penuh.



Tim Nasa juga menceritakan 2 batu di planet Mars yang dicoba untuk di bor robot untuk diteliti, ternyata gagal dan terlalu sulit.

Video di Youtube dengan planet Mars dan robot Curiosity diposting 6 September 2018



Curiocsity bergerak meninggalkan wilayah Vera Rubin Ridge 8 Februari 2019
Setelah menjelajah di area Vera Rubin Ridge selama 1 tahun. Robot Curiosity berpindah tempat kata Nasa JPL
Video dengan pemandangan panorama ini ketika robot berada di punggung bukit planet Mars. Area yang disebut Rock Hall, diabadikan 19 Des 18.



Robot akan turun ke bawah dari Vera Rubin Ridge di wilayah gunung Sharp yang telah di jelajahi selama 1 tahun. Sebelum meninggalkan tempat tersebut, Nasa mengirim perintah agar robot membuat gambar 360 derajat.
Peneliti masih mempelajari mengapa di punggung gunung tersebut dapat menahan erosi dibanding tempat batuan lain. Walau ada penjelasan sederhana bila punggung tersebut memiliki sedimen tetap dari bekas danan kuno.

Foto panorama planet Mars terbaru 19 Desember 2018



Planet Mars Panorama (Mar 2020)
Nasa rilis pemandangan planet Mars dengan ketajaman 1,8Gpixel dalam dengan mengabungkan 1000 gambar dan proses 1 bulan, menjadi  bentuk panorama, lebar 2960 x 765 pixel.
Foto dibuat oleh robot Curiosity pada 24 Nov sdan 1 Des 2020

Anda dapat mendownload foto pemandangan planet Mars dibawah ini, tapi foto aslinya butuh 2,4GB - JPL Nasa
Ini yang kita lihat ketika di planet Mars




Artikel Lain

Sinyal FRB 121102 menjadi sinyal pertama yang berulang setiap 157 hari. Dan pelacakan menujukan sumber sinyal berasal dari 8 miliar tahun cahaya dari Bumi. Sinyal tertangkap oleh  Observatorium Radio Owens Valley - OVRO milik CalTech di dekat Bishop, California. Kali ini tim Australia dan Rusia juga menangkap beberapa sinyal dari ruang angkasa lain.

Planet KELT-9b memang memiliki orbit paling gila dari planet yang pernah ditemukan. Hanya mengorbit ke bintang setiap 1,5 hari. Artinya jarak planet ini amat sangat dekat ke bintang. Kedua bintang disana memiliki panas lebih besar dari rata rata bintang.



Pada tahun 1437 seorang astronom melihat cahaya seperti bintang meledak, tapi menghilang setelah 2 minggu kemudian. Misteri hilangnya cahaya bintang tersebut menarik dipelajari kembali, sampai peneliti dapat menjawab apa yang terjadi pada tahun tersebut.

Plasma adalah materi ke 4, setelah gas, padat dan cair. Plasma disebut sebagai gas terionisasi. Di bumi, materi plasma dapat dibuat tapi tidak bertahan lama. Seperti pemanas fusi nuklir, di alam semeta materi plasma hal biasa seperti bintang atau mataharai kita

Melihat benda dan kostruksi buatan manusia ada yang dibuat sangat besar. Bagaiaman melihat benda tersebut bila di bandingkan dengan skala benda lain. Seperti kapal tanker terpanjang dunia memiliki ukuran lebih panjang dari lapangan bola Senayan

Membuat teknologi camera di smartphone, akhirnya membuat kebiasaan orang membuat foto dengan terbalik. Salah satunya foto dari kampanye Hillary Clinton. Ketika foto dibuat mungkin kita bingung mereka sedang membuat foto siapa.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.