Pemanas air dengan tenaga sinar matahari umumnya berukuran besar, dibuat cukup lebar dan di cat hitam untuk menyerap panas. Dari pipa tembaga akan memanaskan air yang mengalir melewati panel. Satu solusi baru sebagai pemanas air mengunakan disain antena disk satelit. Harganya relatif lebih murah dibanding pemasangan panel penyerap panas ukuran besar di atap rumah.

Avalanche Energy membuat pemanas air ThermalSquare dengan tenaga surya dengan disain disk TV satelit. Ukuran lebih kecil, panas cahaya matahari dipantulkan ke arah cermin pertama dan dipantulkan kembali ke sebuah cermin. Cahaya yang sudah memfokus baru diarahkan dari cermin kedua untuk memanaskan air.

Harga perunit dibawah $1.500, menurut Avalanche harga tersebut akan kembali setelah pemakaian 5 tahun. Dan perangkat pemanas air tenaga surya  ThermalSquare dapat bekerja selama 20 tahun. Ukuran cermin pertama memiliki lebar 1.2 meter, dan satu cermin lagi hanya seukuran bola saja. Panas yang dihasilkan mencapai 60 derajat Celcius.

Setelah air dipanaskan nantinya ditampung ke sebuah tangki berukuran 180 liter, dan memberikan air panas antara suhu 15-60 derajat C. Sistem pemanas ThermalSquare lebih cepat membuat air panas dirumah dibanding sistem aliran panel hitam yang dipasang diatap rumah. Tangki air berukuran 180 l dapat mempertahankan panas air lebih lama, tidak memerlukan pipa dengan pelindung atau tabung vakum.

Seperti disain dibawah, gambar paling kanan. Panas sinar matahari dipantulkan dari cermin pertama dan dipantulkan kembali oleh cermin kedua. Air dingin yang melewati pipa metal akan dipanaskan oleh cahaya dari cermin kedua.



+ Avalanche