Galaksi Whirlpool M51 yang memakan galaksi lain apa yang terjadi disana


Science | 26 June 2019

Sebuah foto galaksi berbentuk spiral M51, letaknya 30 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi tersebut sedang mendekati sebuah galaksi kecil dan sedang mengambil bagian galaksi yang kecil.

Galaksi Whirlpool adalah gabungan antara satu galaksi M51 dengan galaksi NGC5195.

Kedua galaksi ini menjadi target favorit bagi astronomi amatir. Tetapi tidak mudah melihat galaksi ini dengan teleskop biasa. Dibutuhkan teleskop yang kuat karena cahayanya sangat samar dan letaknya sangat jauh.

Ditemukan tahun 1773 oleh Chales Messier yang awalnya sedang berburu komet dan dimasukan dengan nama M51.

Satu galaksi lagi baru bisa diamati oleh Pierre Mechain tahun 1781. Tetapi dia tidak mengetahui apa yang terjadi, dan sekarang terungkap satu galaksi besar sedang menarik galaksi disebelahnya. Baru ditahun 1845 oleh William Parsons dan Rosse dengan teleskop 1.8m reflecting.

Mereka menemukan posisi keduanya, tapi satunya masih digambarkan seperti kabut atau belum terlihat seperti galaksi. Karena masih teknologi lama, masih disebut sebagai nebula atau berbentuk kabut gas. Terakhir oleh Edwin Hubble yang mengobservasi nebula spiaral tersebut adalah 2 galaksi berbeda.

Galaksi Whirpool Juni 2019 Exoplanet Exploration

Teleskop Sptizer mengamati pusaran galaksi Warhol atau Whirlpool

Kedua galaksi yang letaknya 23 juta tahun cahaya tersebut berada di konstelasi Canes Venatica.

Nasa memberikan penjelasan, apa yang terjadi di kedua galaksi tersebut. Dan bentuk galaksi yang dilihat dari bumi sejauh 23 juta tahun cahaya ini.

A Gambar pertama adalah cahaya yang tampak. Bila kita melihat dengan teleskop yang kuat. Diabadikan dengan teleskop observasi National Kitt Peak dengan ukuran teleskop 2,1 meter.



B Gambar kedua diabadikan memiliki 2 panjang gelombang cahaya. Dari cahaya biru dan hijau. Diabadikan juga oleh Kitt Peak, dan ditambah dengan data teleskop ruang angkasa Spitzer yang menampilkan warna merah atau panas / infra merah. Vena debu yang menghalangi pancaran bintang dapat terlihat.

C Gambar ketiga, menampilkan cahaya inframerah dari foto yang diabadikan teleskop Spitzer sendiri. Tetapi gambar yang diabadikan tersebut termasuk beberapa warna dari isi galaksi. Pertama biru adalah cahaya dari panjang gelombang biru 3,6 mikron, hijau 4,5 mikron dan merah 8 mikron.
Biru adalah cahaya dari  bintang
Merah menunjukan debu di ruang galaksi yang sebagian besar terdiri dari karbon, dan diterangi oleh radiasi bintang.

D Gambar paling kanan, adalah cahaya gelombang 24 mikron. Area yang paling hangat.
Bila ditelaah lebih lanjut, ada cahaya putih. Titik putih tersebut sebagai bintang yang baru berkembang dan memanaskan di sekitar area bintang.

Antara 2 galaksi Messier 52 / Whirlpool dan NGC 5194/519. Ada perbedaan yang mencolok.
Bagian galaksi yang lebih kecil tidak banyak menampilkan debu yang menonjol. Gabungan kabut berwarna biru di sekitar galaksi adalah cahaya gabungan dari bintang bintang yang terlempar keluar ketika kedua galaksi saling bertabrakan.

Gambar besar dari Nasa galaksi Whirlpool

Galaksi Whirlpool ketika 2 galaksi bertabarakan

Yang diamati saat ini adalah 2 galaksi, dimana terjadinya satu galaksi besar memakan satu galaksi yang lebih kecil

2014 Mei

Berita ini diumumkan oleh Nasa, seperti gambar dibawah disebut bagian dari Quartet of Galaxies. Kerja sama dengan astronomi profesional dan amatir, foto digabung menjadi satu dari arsip data Nasa.

+ Nasa



Foto lengkap di FlickR Nasa Marshall

Berita terkait
Seberapa besar alam semesta, dapat dilihat dengan membagi beberapa bentuk struktur raksasa. Dari planet yang dikira sebuah bintang, kumpulan galaksi yang bergabung menjadi kluster galaksi, cahaya ditengah galaksi yang disebut Fermi Bubble, sampai Supervoid atau wilayah dingin yang berada di tengah alam semesta tapi ilmuwan tidak tahu mengapa tempat tersebut relatif kosong.

Peneliti mengamati galaksi NGC 4696. Galaksi dapat merubah bentuknya sendiri dari formasi bintang, khususnya dibagian tengah galaksi. Sementara galaksi lain memiliki perubahan bentuk galaksi akibat interaksi seperti bersingunggan dan bertabrakan dengan galaksi lain



Galaksi terbesar di alam semestaSeratus juta galaksi yang terditeksi oleh manusia, galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan. Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Jaraknya dari bumi 1 milyar tahun cahaya, memang jauh sekali tapi ukurannya sangat besar.

Foto dari teleskop datang berwarna hitam putih tetapi kembali diproses oleh para astronom. Seperti apa gambar yang diterima teleskop, lalu menjadi bentuk seperti apa. Robert menceritakan keahlian dalam dunia astronomi dalam mengolah gambar antariksa

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.

Sebuah galaksi yang letaknya 25 juta tahun cahaya dibuat foto oleh Hubble. Disebut galaksi ESO 373-8, setidaknya ada 7 galaksi lain di dekatnya dan galaksi ini menjadi grup NGC 2997. Anehnya bentuknya pipih tanpa ada objek lain di atas dan bawah galaksi

Galaksi M81 atau Messier 81 letaknya 12 juta tahun cahaya dan berada di konstelasi Ursa Major Bentuk galaksi M81 adalah spiral, tapi ada yang unik di galaksi ini. Nasa membuat gabungan gambar dari beberapa teleskop berbeda



Gambar menakjubkan dari NASA mengambil 2 galaksi yang bertabrakan. Ditangkap oleh Hublle Space Telescope, Galaksi Sprial NGC 2936 dan Galaksi lain pendamping NGC 2937 atau dikenal sebagai Arp 142 memiliki bentuk elip

Umumnya sebuah galaksi memiliki 2 spiral atau lebih. Tetapi galaksi NGC 4725 hanya satu memiliki satu spiral saja. Mungkin aneh, tetapi biasa bagi penemuan di dunia astronomi.

Dari European Space Agency menemukan 2 galaksi secara tidak sengaja sebagai peristiwa kosmik langka. Dua galaksi yang sudah tua bergabung menjadi satu dengan ukuran lebih besar




No popular articles found.