Sebuah foto galaksi berbentuk spiral M51, letaknya 30 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi tersebut sedang mendekati sebuah galaksi kecil dan sedang  mengambil bagian galaksi yang kecil.

Galaksi Whirlpool adalah gabungan antara satu galaksi M51 dengan galaksi NGC5195. Kedua galaksi ini menjadi target favorit bagi astronomi amatir. Ditemukan tahun 1773 oleh Chales Messier yang awalnya sedang berburu komet dan dimasukan dengan nama M51. Satu galaksi lagi baru bisa diamati oleh Pierre Mechain tahun 1781. Tetapi dia tidak mengetahui apa yang terjadi, dan sekarang terungkap satu galaksi besar sedang menarik galaksi disebelahnya. Baru ditahun 1845 oleh William Parsons dan Rosse dengan teleskop 1.8m reflecting. Mereka menemukan posisi keduanya, tapi satunya masih digambarkan seperti kabut atau belum terlihat seperti galaksi. Karena masih teknologi lama, masih disebut sebagai nebula atau berbentuk kabut gas. Terakhir oleh Edwin Hubble yang mengobservasi nebula spiaral tersebut adalah 2 galaksi berbeda.

Berita ini diumumkan oleh Nasa, seperti gambar dibawah disebut bagian dari Quartet of Galaxies. Kerja sama dengan astronomi profesional dan amatir, foto digabung menjadi satu dari arsip data Nasa.

+ Nasa



Foto lengkap di FlickR Nasa Marshall