Penemuan ESO yang menakjubkan di tahun 2014


Science | 1 May 2014

Masih di dunia Kosmos, penemuan dari astronom di ESO memberikan beberapa gambar paling menarik tahun ini.  European Southern Observatory (ESO) mendapatkan gambar cincin berlian. Diabadikan dari teleskop VLT Very Large Telescope di Chile. Gambar dibawah ini sebenarnya sebuah bintang yang meledak atau dikenal dengan nebula.

Bintang Abell 33 letaknya 2500 tahun cahaya. Menurut astronom gas yang terlempar dari ledakan bintang tersebut membentuk lingkaran sangat simetris, dan diberi sebagai nama HD 83535.



Bulan Maret 2014. Sebuah bintang raksasa Betelgeuse memiliki ukuran 1300x dari matahari. Dan terangnya lebih dari 1 juta kali dari matahari. Bintang ini disebut bintang langka karena hanya beberapa puluh saja bintang terbentuk seperti ini. Bintang HR-5171-A letaknya 12.000 tahun cahaya. Bintang raksasa ini terlihat berwarna kuning (walau difoto terlihat merah). Sebenarnya ada 2 bintang disana, satu berwarna kuning dan satu bintang yang sangat dekat dengan bintang induk.



Nebula Gum 41 terlihat bersinar dengan cahaya sangat merah. Menurut ESO disana nanti akan terbentuk bintang lebih banyak. Pembentukan bintang muda akan menyalakan gas hidrogen disekitar mereka sehingga menciptakan warna yang khas.
Walau dalam foto dibawah ini terlihat cahaya bintang. Tetapi dengan teleskop biasa tidak akan terlihat. ESO mengunakan pengolahaan Wide Field Imager. Dan menyaring gambar dari warna biru, hijau dan merah untuk mendapatkan cahaya merah dari gas hidrogen.



Nebula Lagoon dengan nama lain Messier 8. Jaraknya 5000 tahun cahaya dan terletak di konstelasi Sagitarius. Awan yang terlihat di gambar bawah membentang 100 tahun cahaya. Disebut juga daerah pembentukan bintang yang sangat banyak, tapi nanti setelah mereka mulai terkumpul. Mungkin beberapa ratus ribu tahun atau jutaan tahun lagi..



+ ESO

Berita terkait
Setelah mempelajari selama 8 tahun dari planet urutan ke 2 di tata surya kita. Pesawat tanpa awak Peneliti mengatakan ada perbedaan antara Venus dan Bumi. Venus tidak memiliki perisai magnetik seperti Bumi, mungkin inilah yang menyebabkan Venus tidak memiliki lautan.

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.



Galaksi M104 atau galaksi Sombrerp diambil pada bulan April - Mei 2012. Jaraknya 28 juta tahun cahaya, berada di konstelasi Virgo. Dinamakan Sombrero karena terdapat cahaya Halo piring galaksi ini, mungkin ada 2 galaksi berbeda disana.

Nebula Trifid yang diamati teleskop Wide-Field Infrared Survey Explorer - WISE menunjungkan gelombang cahaya infrared dengan warna hijau. Memperlihatkan gas hidrogen yang dingin. Sedangkan warna cerah biru dan ungu adalah cahaya panas dari bintang muda.

Tim ilmuwan menemukan sebuah planet dengan kandungan air, mengorbit bintang Bootis. Tim peneliti dari universitas Penn State dan lembaga terkait mengumumkan penemuan tersebut pada 24 Februari di The Astrophysical Journal Letters.




No popular articles found.