Trojan Samsapo.A SMS di Android menyebar seperti worm malware


Security | 1 May 2014

Trojan yang menyebar dengan cepat di OS Android sedang ramai pada perangkat di Rusia. Trojan Samsapo adalah malware yang dapat mengambil data telepon, dan pesan SMS. Menginfeksi smartphone Android dan mengirim data ke sebuah server.

Trojan Samsapo.A ini dibuat unik, ketika di install maka aplikasi tidak memunculkan icon di layar smartphone. Bahkan tidak ada petunjuk seperti tampilan GUI di aplikasi bila user salah menginstall.

Penyebaran malware ini agak berbeda, penerima SMS akan menampilkan pesan dalam bahasa Rusia. Yang berisi Apakah ini foto anda. Bila di click akan mengambil sebuah file di link APK Android. Setelah menginfeksi smartphone korban, trojan tersebut akan mengirim pesan yang sama dari daftar kontak di telepon.

Fungsi trojan yang menginfeksi smartphone seperti
  • Tampil tersembunyi
  • Akan mendownload file dari sebuah server
  • Berfungsi sebagai Spyware untuk mengambil data dari smartphone.
  • Mengirim SMS
  • Dapat memblock panggilan telepon dan memodifikasi setting alarm

Server yang menerima pesan curian dari smartphone tertanggal 24 April 2014. Menurut Eset Robert Lipovsky, target trojan Android ini untuk user di Rusia. Tetapi bisa saja trojan ini menyebar dan berkembang lebih jauh dalam beberapa minggu kedepan.

Bila penguna smartphone mendapatkan pesan dalam bahasa Rusia, curigai pesan tersebut dari trojan seperti ini. Jangan lupa install antivirus di smartphone untuk pencegahan.

Berita terkait
Google meningkatkan keamanan perangkat OS Android. Dengan memberikan peringatan ketika mendownload aplikasi dari Google Play Storage. Setting tersedia di perangkat seperti smartphone Android, dan dapat diaktifkan.

Avast memperingatkan bila mencari aplikasi Night Vision Camera. Seperti tertulis Camara Vision Nocturna seakan membuat camera smartphone bisa melihat benda pada malam hari. Urusannya smartphone akan diserang program berbahaya.




No popular articles found.
< /body>