Gerhana matahari akan terjadi beberapa kali dari tahun 2015 sampai 2018.

Gerhana di Indonesia akan terjadi kembali di tempat yang sama, tetapi ratusan tahun nanti.
  • Tahun 2015, 20 Maret 2015 dengan gerhana total,  dan 13 September 2015
  • Tahun 2016, 9  Maret 2016 untuk Indonesia bisa melihat gerhana matahari total, disusul 1 September 2016 untuk benua Afrika
  • Tahun 2017. 26 Februari 2017 lintasan di ujung Amerika latin. 21 Agustus 2016 hanya benua Amerika dengan gerhana total
  • 2018. 15 Februari 2018 hanya terjadi di area kutub selatan, dan 11 Agustus 2018 di area kutub utara
Gerhana matahari paling lama terjadi antara 360-410 tahun sekali ditempat yang sama. Di tempat berbeda pernah terjadi dalam 18 bulan. Gerhana paling lama tidak pernah mencapai waktu 7 menit 32 detik.

Dalam perhitungan, gerhana matahari paling lama terjadi pada abad ke 8 selama 7 menit 32 detik. Tetapi perubahan waktu gerhana total terus berukurang
30 Juni 1973 waktu gerhana matahari total pernah mencapai 7 menit 3 detik.

Gerhana terlama mendatang akan terjadi 25 Juni 2150 selama 7 menit, disusul tahun 16 Juli 2186 selama 7 menit 29 detik. Bisa dilihat bila ada manusia yang hidup saat ini yang berumur panjang.

Selama abad ke 20, gerhana paling lama terjadi selama 7 menit 8 detik pada 20 Juni 1955. Abad ke 21 ini, tidak ada gerhana yang terjadi lebih dari 7 menit.

Tip membuat foto ketika gerhana matahari.
Bila mengambil dengan camera langsung mengarah ke matahari dapat menyiapkan filter ND. Fungsinya untuk menahan cahaya matahari agar tidak terlalu terang. Saran dari para fotografer profesional dan astronom, minimum mengunakan filter ND 4.0 untuk mengabadikan foto matahari dan bulan dapat terlihat (joe-cali.com)

Filter Material

ND number

 Light reduction factor

KODAK ND4 *
Baader Astrosolar Film Photographic  *
Baader Astrosolar Film Photovisual
Thousand Oaks Black Polymer
Solar Skreen
4.0
3.8
5.0
5.0
5.0
10 000 x
6300 x
100 000 x
100 000 X
100 000 X

Ada cerita seorang astrografi sudah menyiapkan peralatan tapi terlalu dekat jadwalnya. Ternyata yang menjual mengirim ke alamat yang salah, bahkan ketika di pesan kembali malah stok sudah habis.
I am REALLY in BAD luck! I ordered a solar filter, but the supid seller shipped to a wrong address, and now they are out of stock! (You know people are getting how crazy for this total eclipse)
I really want to take a photo of the solar eclipse on 22nd, July, and I have camera Nikon D200 and lense 200mm and 1000mm reflex!
But no solar filter!!!



Jangan sampai terjadi seperti ini untuk anda yang tertarik membuat video atau foto gerhana matahari.

Masih ada waktu untuk menyiapkan diri sebelum membuat foto gerhana matahari 9 Maret nanti

Membuat filter camera sendiri untuk foto gerhana matahari

Di test hari Minggu 6 Maret 2016. Matahari pada jam 6:20 terlihat dengan posisi Sunrise. Dapat langsung diabadikan dengan camera.
Tetapi 20 menit kemudian, intensitas cahaya matahari tidak kuning, semakin terang bahkan semakin putih. Pada waktu tersebut setting camera harus di sesuaikan kembali.

Setting 1/640s f9, 300mm ISO 100 posisi Sun Rise pada jam 6:20 - lokasi Jakarta. Lensa seperti biasa karena cahaya matahari belum terlalu kuat.

Disc DVD yang dipakai untuk filter matahari di camera

Untuk camera mungkin memerlukan filter. Saran dari para ahli di internet, dapat memanfaatkan Disc DVD sebagai filter gerhana matahari walau gambarnya tidak terlalu baik dibanding filter ND yang harganya jutaan. Tetapi bukan berarti kita tidak bisa mengambil gerhana matahari. Karena foto gerhana hanya mengambil dimana letak bulan bisa terlihat ketika menutup cahaya matahari.

Percobaan dari 4 disc DVD yang dikupas untuk dijadikan filter camera. Hanya 1 yang cocok sebagai filter gerhana matahari dan paling kuat menahan cahaya matahari masuk ke camera. Satu lagi dari DVD dengan permukaan silver, terlalu memblok cahaya matahari.
Tipe yang dicoba adalah Disc DVD Writer dengan permukaan seperti cermin (silver polos) yang masih menempel di bagian atas disc, dapat menahan masuknya cahaya matahari ke sensor.
Untuk saran tidak mengunakan disc DVD writer dengan permukaan di silver pada bagian atas, dan tidak memblok seluruh cahaya.

Setelah di coba dengan memasangkan lempengan DVD ke hood camera, ditempel dengan kardus yang diselipkan potongan kecil disc DVD sebagai fillter. Disain filter camera untuk gerhana seperti dibawah ini.

Disc bagian kiri terlalu tipis dan kurang mampu memblok cahaya, bagian kanan dengan permukaan seperti cermin lebih baik untuk menutup intensitas cahaya matahari yang masuk ke sensor camera.

Di bawah ini untuk hood lensa Tamron 70-300mm

Disc DVD yang dipakai membuat filter camera ketika gerhana matahari

Yang satu ini mengunakan filter UV 52mm untuk lensa stock.
Disc DVD sebagai filter gerhana dipotong dan ditempelkan pada bagian depan filter UV.
Cara pembuatan, potong Disc DVD (ambil sisi bagian film yang masih utuh) seukuran lubang filter, tempel, sisa bagian yang bolong ditutup dengan kertas tidak tembus cahaya.


Terakhir di rekatkan dengan iselotip agar plastik filter DVD dapat tetap ditempat.

Filter gerhana matahari ukuran 52mm



Setting f5.6 1/640s 75mm ISO100

Hasil filter dengan DVD untuk gerhana matahari

Dibawah ini hasil test dengan filter DVD sebagai filter gerhana matahari.

Setting f4.8 1/400s 200mm ISO100

Hasil foto matahari tanpa filter cahaya matahari

Anda dapat membuat filter DVD untuk gerhana matahari nanti. Untuk melihat langsung ketika terjadi gerhana, khususnya selama transit bulan mulai memasuki lingkaran matahari.
Jangan melihat langsung, atau terlalu lama melihat ke arah matahari tanpa perlindungan filter / kaca mata gerhana matahari. Karena dapat menganggu penglihatan anda. Khususnya intensitas sebelum dan sesudah terjadi gerhana matahari total.

Pastikan filter yang dibuat serta di uji, agar memastikan cahaya yang masuk memang tepat, dan tidak terjadi halangan pada gambar atau terlalu menutup cahaya yang masuk.

Link untuk fotografi membuat foto gerhana matahari dari ESA.org

Tip dari Eclipse ORG untuk foto gerhana matahari
Bawa tripod untuk foto. Siapkan baterai baru 30 menit sebelum gerhana matahari total. Rubah setting exposure camera sebelum dan gerhana total, karena objek akan berubah untuk di abadikan dengan camera. Bawa kain putih bila camera harus terjemur matahari.

Aplikasi Astronomi Android
Kapan gerhana, dan kapan kontak pertama antara Bulan dan Matahari. Untuk memastikan dapat dilihat dengan mendownload aplikasi Astronomi Google Sky Map.

Sesuaikan tempat serta gunakan Time Travel dari aplikasi. Kita dapat memasukan waktu dan jam berdasarkan lokasi keberadaan di smartphone.

Jangan lupa. Posisi bulan akan dikejar oleh matahari. Ketika orbit bulan kalah cepat dengan matahari, dan bulan berada satu garis. Disitulah disebut gerhana matahari. Aplikasi ini dapat memperkirakan posisi bulan dan matahari ketika terjadi gerhana. Serta secara realtime menunjukan posisi matahari dan bulan.

Dengan posisi di smartphone Android, gerakan matahari dapat terlihat dan kita dapat memastikan posisi camera terhadap gerakan matahari selama pengambilan foto gerhana matahari

Link aplikasi Google Skymap

Dibawah ini perkiraan waktu gerhana, kontak matahari dan bulan dimana kontak bulan dan matahari terjadi pada jam 4:30 (WIB)
Gambar kanan atas, posisi matahari baru tampak di garis horizon Bumi untuk waktu Indonesia Bagian Barat pada jam 6:00



Aplikasi Astronomi Android untuk Gerhana Matahari 9 Maret 2016

Cuaca
Yang terakhir adalah cuaca, harus di amati dari arah awan dan angin. Seandainya di daerah kita ternyata cukup banyak awan
Bisa dilihat dari gambar yang diupdate melalui Earth Wind

Update 21 Februari 2016
Jalur lintasan gerhana matahari dari Nasa Gov mengunakan peta Google Maps.
Browser harus mengaktifkan JAVA untuk melihat posisi lintasan Gerhana. Link Eclipse.gsfc.nasa.gov

Informasi tentang Gerhana Matahari dari beberapa video di Youtube.



+ Siaran dari SkyNew Live

Dibawah ini diabadikan dari satelit Sun Watching Proba-2



Dibawah ini dibuat oleh Bjarni Enghamar di pulau Faroe dimana tempat tersebut paling tepat menikmati gerhana matahari. Gerhana terjadi 20 Maret 2015, terlihat dampak cahaya matahari di daerah Umbra akan terlihat gelap sesaat.