Belajar camera speed shutter dengan lensa bila camera di pegang dengan tangan


Kategori : Digital | Date : 28 April 2014
Dari N-Photo memberikan rumus minimum kecepatan shutter ketika camera di pegang dengan tangan. Walau tidak menjamin tangan kita stabil ketika mengambil gambar, kemungkinan gambar tidak terjadi blur bila di sesuaikan dengan  zoom lensa dan kecepatan shutter di camera.

Rumurnya aman memegang camera dengan kecepatan shutter dibawah ini


Mengapa semakin besar zoom, camera harus semakin tinggi kecepatan shutter. Semakin jauh, objek yang diambil semakin kecil sudut di lensa, sedikit gerakan akan menghasilkan gambar blur.
  • Kode HH diartikan camera Handheld, atau mengambil camera dengan tangan.
  • VR artinya stabilizer di camera perlu diaktifkan
  • T adalah harus mengunakan tripod
Dengan rumus diatas, penguna camera DSLR dapat memperkirakan kapan mereka membutuhkan tripod, dan minimum kecepatan shutter paling aman untuk mengabadikan sebuah objek. Tapi rumus tersebut tidak perlu dibawah atau dibaca setiap mengambil gambar. Bisa dilihat dari zoom lensa yang dipakai berbanding dengan angka lebih besar dari shutter.

Sebagai contoh camera DSLR umumnya mendapatkan stock lensa ukuran 18-50mm. Bila zoom 18mm tinggal diambil angka diatas 18mm, seperti 1/30s. Ketika mengunakan zoom 50mm, ambil angka aman diatas 50 seperti minimun 1/60s.
Itu hafalan untuk lensa DX. Untuk FX tinggal dikalikan 1,5x dari zoom lensa yang dipakai.

Bagaimana bila kita merubah tampilan smartphone dengan camera Notch agar tampil diatas. Untuk gaya saja, biar ngak keliatan ketinggalan dengan model smartphone terbaru. Bila memiliki smartphone dengan transisi antara Fullview dan Notch, ada tip agar smartphone tampil gaya.

Belajar foto Light Painting membuat efek foto cahaya atau latar belakang cahaya. Caranya mengabungkan 2 foto (bila diperlukan), lampu sebagai efek cahaya latar belakang sebuah foto. Kedua foto digabung dengan Photoshop, dan hasilnya mungkin menarik.

Low pass filter di sensor dibuat oleh pabrikan camera agar sensor dapat menangkap gambar lebih baik dan menghindari efek moire. Tetapi apakah masih dibutuhkan. Camera modern tidak membutuhkan low pass filter, karena dapat menurunkan kualitas gambar



Khusus bagi penguna camera dSLR, untuk mengabadikan foto dengan Burst Mode. Camera terus mengambil puluhan foto untuk sebuah objek. Kecepatan camera membedakan antara camera kelas pemula dan profesional. Khususnya untuk foto olahraga, aksi dan lainnya yang membutuhkan camera mengambil foto sebanyak munkgin

Foto low angle atau mengambil gambar lebih rendah. Foto akan tampak dengan menambah elemen bagian belakang, tengah lebih dalam. Intinya, fotografer dapat mewakili 3 dimensi dari 2 dimensi gambar.

Mendapat like di Instagram menjadi tolak ukur sebuah kualitas dan keindahan sebuah foto. Bagi pencinta traveling membuat foto, dapat melihat perbedaan foto amatir dan profesional. Bagaimana fotografer profesional membuat foto lebih menarik dibanding kita.

Dari produk lensa, hanya Canon yang menawarkan lensa di seri L dengan warna putih.  Apakah terkait dengan cara marketing atau estetika agar lensa terlihat lebih baik. Canon memiliki alasan khusus, dan bukan marketing atau nilai estetika pada lensa



Ada saja ide kreatif Rafal Krasa seorang fotografer asal Polandia. Dia mengunakan bak kamar mandi atau Bathtub untuk tempat foto. Hasilnya lumayan, seperti tempat foto profesional. Krasa mengatakan hasil fotonya tidak terlalu bagus, tapi bisa menghemat uang dan waktu katanya.

Pilih yang mana antara Sony vs Nikon vs Canon atau Panasonic. Jangan melihat merek camera yang bagus, tapi lihat kedepan dengan perangkat tambahan. Ketika orang melihat foto yang bagus dari camera Sony Nikon Canon, apakah kita pernah bertanya ke pembuat foto bagaimana proses dari hasil foto yang baik

Memiliki camera kadang ribet, kalau urusah kebersihan. Karena bagian dalam camera harus di jaga tetap bersih, tetap saja ada debu yang masuk sampai membuat bercak di gambar foto. Satu alat ini adalah vacuum cleaner dengan bentuk seperti lensa, akan menarik semua debu dari dalam camera.

Bisa belajar dari pasangan baru yang pergi bulan madu ini. Jangan mengabadikan foto dengan camera murah, hasilnya tidak pasti. Kirsty dan suaminya asal Inggris baru menikah dan jalan jalan ke Brasil. Hasilnya tidak pasti dan seluruh gambar blur

Bagaimana membuat foto Milky Way dengan cahaya lampu mobil di jalan. Dua gambar mengunakan setting berbeda. Milky Way atau galaksi Bima Sakti diambil dengan ekposure lebih lama sampai 30 detik dan minim cahaya. Bila diambil bersamaan dengan cahaya lampu mobil terlalu terang

Dari Profoto , Jared Platt memberikan penjelasan apa perbedaan pengambilan gambar dengan lampu flash atau cahaya alami. Foto pertama mengunakan reflektor untuk menambah cahaya alami, dan foto kedua dengan lampu flash



Dan Marker More menceritakan bagaiaman proses membuat video TimeSlice. Dan mengatakan tekniknya sama seperti foto biasa, hanya durasi setiap gambar yang diambil dibuat terpisah dari setiap beberapa detik sampai beberapa menit.

Setting Shutter Speed berguna dalam beberapa objek, dibagi dari Ultra Fast, Fast, Normal dan Slow. Setting ini menentukan objek apa yang diambil. Mengabadikan benda bergerak seperti pesawat atau mobil F1 sangat dianjurkan mengunakandengan Ultra Fast atau Fast

Belajar F Stop, memperkecil lubang lensa tidak membuat detail gambar lebih tajam. Walau seluruh gambar terlihat lebih baik dan tidak tampak blur dibelakang fokus. Efek ini disebut Lens Diffraction, semakin besar F maka cahaya yang masuk ke lensa mengalami perubahan sampai di sensor camera.

Camera digital memiliki beberapa singkatan dari AF, MF. CSC atau DSLR, Exif, F-stop dan lainnya. Singkatan tersebut agak membingungkan di awal mengunakan camera.

Membuat foto Hyperlapse mungkin jauh lebih sukar dibanding teknik foto Timelapse. Foto Timelapse lebih banyak mengabadikan posisi gerakan objek foto Sedangkan Hyperlase merupakan teknik gerakan dari camera sendiri terhadap objek diam. Apa saja perlengkapan yang digunakan.

Cal Thomson menerangkan proses pengambilam foto Timelapse dari setting waktu dan durasi. Sampai proses editing foto bintang di Lightroom dan selesai di edit lalu di ekspor ke LRTimelapse untuk menjadi satu video klip.

Foto yang dibuat oleh Andrey Mikhaylov memberikan pelajaran bagaimana membuat background sebuah objek foto atau produk. Dia mengunakan aluminum foil untuk latar belakang. Terlihat lebih bercahaya dengan pantulan sinar, diberikan tutorial dengan Photoshop.

Canon membuat pelajaran merawat camera. Teknik membersihkan debu di camera, bagian yang sering terganggu, membersihkan lensa sampai larangan untuk tidak menyentuh bagian sensor.

Alex Koloskov memberikan pelajaran fotograpi dengan lampu LED untuk studio mini. Tidak perlu strobelight yang harganya mahal, cuma 30 dollar. Kebanyakan LED memiliki cahaya Dimmer. Tapi bisa diatur kekuatan cahayanya

Membuat foto pemandangan dengan bintang, matahari atau bulan ada triknya. Tidak perlu membawa filter, bawa senter, dan ada aplikasi yang dapat menentukan posisi gerakan bulan dan matahari.

Joe menceritakan manfaat dari Monopod untuk pengambilan foto. Monopod seperti tripod, hanya mengunakan satu tiang untuk penyanggah camera. Tapi bisa digunakan untuk mengambil sudut lebih baik, lebih tinggi dan hasil foto menarik.

Tip dari Fenchel dan Janisch, mengunakan DSLR untuk video film malam hari. Kelemahan camera dan camcorder sama saja, bila keduanya disetting otomatis. Keuntungan dengan DSLR, setting camera dapat diatur manual.

Foto menarik bisa dibuat dengan sederhana, tidak perlu mahal. Tidak perlu ruang studio yang mahal yang penting kreatif. Bisa menjadi ide untuk foto pernikahan yang murah.

Pengunaan Adobe After Effect lebih banyak digunakan untuk efek video yang lebih luas, seperti video text, objek 3D dan lainnya. Video dari The JOY of Color Correction in After Effects memberikan gambaran efek apa yang bisa dibuat

Ingin belajar foto, dengan teknik peralatan camera. Dari Exposure, Depth of Field, Shutter, Composition sampai White Balance, diberikan di situs Sony.

Kemudahan pengunaan DSLR sebagai video camera lebih banyak menguntungkan. Seperti setting aperture, menganti lensa dan mengatur ISO untuk pencahayaan dapat memperbaiki kualitas video.


No popular articles found.