Dari N-Photo memberikan rumus minimum kecepatan shutter ketika camera di pegang dengan tangan. Walau tidak menjamin tangan kita stabil ketika mengambil gambar, kemungkinan gambar tidak terjadi blur bila di sesuaikan dengan  zoom lensa dan kecepatan shutter di camera.

Rumurnya aman memegang camera dengan kecepatan shutter dibawah ini


Mengapa semakin besar zoom, camera harus semakin tinggi kecepatan shutter. Semakin jauh, objek yang diambil semakin kecil sudut di lensa, sedikit gerakan akan menghasilkan gambar blur.
  • Kode HH diartikan camera Handheld, atau mengambil camera dengan tangan.
  • VR artinya stabilizer di camera perlu diaktifkan
  • T adalah harus mengunakan tripod
Dengan rumus diatas, penguna camera DSLR dapat memperkirakan kapan mereka membutuhkan tripod, dan minimum kecepatan shutter paling aman untuk mengabadikan sebuah objek. Tapi rumus tersebut tidak perlu dibawah atau dibaca setiap mengambil gambar. Bisa dilihat dari zoom lensa yang dipakai berbanding dengan angka lebih besar dari shutter.

Sebagai contoh camera DSLR umumnya mendapatkan stock lensa ukuran 18-50mm. Bila zoom 18mm tinggal diambil angka diatas 18mm, seperti 1/30s. Ketika mengunakan zoom 50mm, ambil angka aman diatas 50 seperti minimun 1/60s.
Itu hafalan untuk lensa DX. Untuk FX tinggal dikalikan 1,5x dari zoom lensa yang dipakai.