Gempa teknonik dipastikan ada lempeng bumi yang tengelam atau terangkat. Bagaimana ilmuwan memperkirakan bentuk dari inti bumi. Lempeng bumi yang terdorong naik atau turun disebut Slab. Sebagai lapisan teratas dari bumi. Pergerakan Slab membuat terjadinya gempa.

Penelitaan tentang perut bumi baru sampai di kedalaman 15km. Berada di lubang Kola Superdeep. Ketika pengeboran berlangsung, mata bor selalu rusak, karena suhu sudah mencapai 300 deg.C.

Dari batuan atau lempeng akan tertekan kebawah kembali ke bagian mantel atau kulit bumi di bagian dalam. Slab akan turun perlahan dan bercampur kembali dalam batuan panas, sebagian yang tertekan terlalu dalam akan meleleh.

Bagaimana lahar yang keluar dari perut bumi. Apakah lahar tersebut berasal dari inti bagian tengah. Bagian lahar adalah Slab atau permukaan bumi yang tertekan kedalam dan kembali mencair. Mungkin dalamnya sekitar 2700km dan semakin dekat dengan inti bumi yang sangat panas. Lahar yang mencair mengaliar dari bagian Pile dan tertekan sampai terdorong keatas sebagai Plume

Bagian bumi terdiri dari 3
Crust atau kerak bumi dibagian teratas.
Memiliki permukaan dingin seperti kerak bumi. Tebalnya sekitar 8 km bila berada dibawah permukaan laut. Atau sekitar 40km bila berada diatas benua.

Tetapi dua pertiga masa bumi adalah Mantel.
Mantel merupakan sumber dari batuan cair yang naik ke permukaan bumi. Atau sering disebut letusan gunung berapi. Suhu dibagian ini lebih panas antara 800 sampai 4000 celcius.

Terakhir dibagian paling dalam Core.
Inilah inti bumi, berisikan inti logam yang mencair sebagai pusat bumi. Suhunya dari 4000 degC. sampai mendekati 5000.C. Memiliki ketebalan 2250 km dengan radius 1100km. Di dalam Core lebih banyak berisi besi atau beberapa unsur lain seperti nikel. Di Core masih dibagi 2, antara inti yang padat dan ditengah sebagai inti bagian cair.

Foto : ANDRZEJ WOJCICKI/SCIENCE PHOTO LIBRARY



Lapisan bumi sampai ke inti

Ternyata kulit bumi sangat tipis. Melewati 10km lebih dalam memiliki cerita berbeda dibanding bagian atas yang dingin.

Penelitian terbaru tahun 2015. Inti bumi tidak seperti yang digambarkan saat ini. Peneliti dari universitas Illinois menganalisa gemuruh dari gempa di inti planet. Inti bumi diperkirakan memiliki inti lain dengan ukuran setengah dari inti bagian luar. Profesor Xiaodong Song seorang ahli geologi mengatakan tim mereka melalukan penelitian dari suara, seperti terdengar bel yang diketok dan berdengung di dalam bel.
Gambaran dari inti bumi terbaru seperti dibawah ini

Inti bumi terdiri dari 2 inti berbeda

Bagaimana magnit Bumi terbentuk, karena Bulan ada disamping
Bumi memiliki pelindung magnit, menangkis radiasi matahari. Yang terlihat gangguan radiasi magnit matahari adalah Aurora di bagian kutub. Bagaimana Bumi bisa membentuk magnit, bulan yang berjasa membuat magnit bumi dalam jutaan tahun.

Penelitin melihat kembali ketika bumi masih panas lalu mending menjadi planet. Selama 1 juta tahun setelah pembentukan Bulan, dan bulan mulai mengitari matahari. Panas bumi seperti digerakan dengan dinamo. Setelah 1 miliar tahun terbentuknya komposisi dinamo bumi yang utuh sampai sekarang.



Lapisan magnit bumi terbentuk akibat Bulan

Baru baru ini ilmuwan menambahkan informasi benda dengan bentuk cairan logam yang disebut Dragon. Diperkirakan benda ini beradal dari inti bumi, tapi benda tersebut dibuat dari apa.American Geophysical Union di San Francisco dan tim universitas Tohoku menjelaskan benda logam tersebut adalah solid berasal dari jantung bumi. Memang di dalam inti bumi adalah besi dan sebagian nikel. Mungkin benda ini terlempar keluar.
Bahkan peneliti menemukan unsur lain yaitu silikon.

Kami percaya siliko adalah juga elemen utama, sekitar 5% dari inti bumi. SIlikon larut ke dalam paduan metal besi dan nikel kata Eiji Ohtani profesor universitas Tohoku.
Sekitar 1,5 miliar tahun lalu, bumi memiliki inti yang panas dan mulai mendingin. Bagian yang dipadatkan ini tengelam ke bawah.
Inti bumi yang panas sebenarnya menjadi medan magnetik alami. Di dalamnya memiliki bola seukuran planet Pluto dan membentuk perisai magnetik.

Lapisan bumi isinya besi nikel dan silikon

Bukti inti bumi tidak cair melainkan besi
Ilmuwan KTH ROyal Institute of Technology mengajukan teori baru, setelah melakukan simulasi atom dalam kondisi esktrim. Menjawab mengapa inti bumi sebenarnya tidak mencair dibanding perkiraan sebelumnya,
Atom besi mengatur dirinya menjadi kubus atau dikenal dengan fase kubik. Tapi hanya terbentuk dalam suhu yang panas sekali akibat tekanan yang besar seperti di perut bumi. Kristal besi akan berubah menjadi segi enam.
Peneliti mengatakan inti bumi memiliki elemen 96% besi murni, dan sisanya 4% nikel dan beberapa elemen kristal.

Keunikan planet Bumi
Mungkin ada yang menanyakan, darimana asal nama bumi. Dan apa keunikan planet yang ditinggali manusia ini.
  • Jika bisa menambang emas di dalam inti bumi. Dapat membuat semua permukaan daratan setinggi cm berlapis emas.
  • 7 dari 8 planet di tata surya diberi dengan nama dewa Romawi atau Dewi. Bumi tidak dan disebut Ertha yang berarti tanah.
  • 70% permukaan bumi adalah air, hanya 30% adalah daratan termasuk pulau dan benua.
  • Hanya planet Bumi memiliki kepadatan tertinggi dengan 5,52g per sentimeter kubuk.
  • Bumi mengorbit 365 hari ke matahari. Tapi setiap tahun waktu dipotong 1/4 hari dan membuat tahun kabisat setiap 4 tahun
  • Di Amazon menampung 1/3 spesies yang ada di bumi.
  • Wilayah kutub utara bukan tanah yang solid atau padat, melainkan es dari lautan yang membeku. Tapi kita dapat menimbang badan disana dan terasa lebih berat akibat gravitasi.



Permukaan Bumi 700 juta tahun lalu Maret 2017
Sekarang bumi memiliki tempat yang panas. Tapi bumi dahulunya pernah sangat dingin, setidaknya 700 juta tahun lalu. Bagaimana Bumi dahulunya sempat menjadi sangat dingin dan berselimut es.
Ilmuwan Harvard mengatakan pada 717 juta tahun lalu, Bumi membeku atau Glaciation Sturtian. Bukan jaman es tapi sangat ekstrim, dan berlangsung sampai 5 juta.
Penyebabnya adanya gunung berapi, abu gunung menutup atmofer dan sinar matahari tidak dapat masuk. Jenis letusan terus berulang-ulang sepanjang waktu geologi.

Profesor Francis Macdonald dari universitas Harvard mengatakan aktivitas gunung berapi memiliki efek sangat besar bagi lingkungan bumi.
Tapi bukan itu saja, bagian gas yang dipancarkan dari gunung berapi mungkin memiliki sesuatu dan membuat pendinginan bumi lebih cepat.
Sendimen dari dalam Bumi seperti gas sulfur dioksida naik keatas. Menyerap radiasi matahari ketika melwati stratosfer. Dan gas berada diatas bumi dan terus menyebar tanpa turun kembali dalam bentuk curah hujan. Beruntung dampak dari gunung berapi tidak membuat planet bumi membeku seluruhnya.
Bukti aktivitas gunung berapi di Filipina Pinatubo di tahun 1991, menurunkan suhu bumi sampai 0,6 derajat.C selama 15 bulan.

Lapisan luar bumi dahulunya seperti jaman es pada 700 juta tahun lalu