kereta cepat FGT bisa melintas di rel berbeda


Technology | 24 April 2014

Kereta cepat baru dari Jepang dengan teknologi Free Gauge Train. Rel kereta super cepat membutuhkan lebar 1435mm sedangkan rel kereta konvensional memiliki lebar1067mm. Nantinya kereta dapat melintas dengan lebar rel berbeda.

Teknologi FGT dikembangkan sejak 1998 dan sempat terhenti dan dilanjutkan kembali. As roda kereta FGT dapat mengikuti lebar rel, dan sudah di uji coba pada 20 April 2014 lalu. JRRT atau badan kereta Jepang dipercayakan oleh pemerintah untuk membuat roda kereta dinamis FGT.

Di Spanyol kabarnya sudah memiliki kereta dengan roda FGT untuk penumpang komersil. Jepang masih tertinggal dengan teknologi seperti FGT. 

Teknologi roda kereta FGT dapat menghemat biaya untuk pembangunan rel baru. Tidak dijelaskan kapan teknologi kereta FGT Jepang siap mengunakan sistem FGT sesuai jadwal. Membutuhkan pengujian selama 3 tahun, disusul 5-6 tahun untuk disain dan produksi masal. + Asahi




Berita terkait
Berapa banyak jalur kereta bawah tanah, dan berapa panjang. Kota yang memiliki jalur Subway ada yang dibuat sederhana, setidaknya memiliki 2 jalur kereta. Tapi di Tokyo, Berlin, London dan Rusia, rute kereta Subway disana lumayan rumit.

Kereta adalah alat transportasi paling ramah lingkungan. Setidaknya untuk jarak pendek. Bahan bakar kereta lebih hemat, dibanding pesawat, kendaraan pribadi dan pesawat terbang. Beberapa alasan mengapa kereta lebih ramah lingkungan.



Membutuhkan waktu 10 tahun, mahal, lambat dan politik menganggu konstruksi sebuah stasiun MRT di Budapest. Metro 4 akhirnya selesai, arsiteknya menakjubkan untuk kelas stasiun kereta bawah tanah.

Dari BBC via Top Gear memberikan pelajaran bila kereta datang dan mobil anda masih di tengah lintasan kereta api. Apa yang terjadi, mungkin tidak ada yang melihat apa yang akan terjadi pada kendaraan anda.

Jangan melihat tampilannya seperti hidung bebek, kerena Lo Mag dari Jepang ini sudah di test dan mampu mencapai kecepatan 500km perjam. Test dilakukan selama 9 menit dengan jalur sepanjang 40km.

Kereta tercepat di dunia sudah mencapai kecepatan 468km perjam. Menghubungkan kota Shanghai dan Beijing di China. Pembukaan dilakukan pada hari Rabu, resminya baru dibuka untuk publik bulan depan. Setiap kereta membawa 16 gerbong dengan kapasitas 1004 orang.




No popular articles found.