Beda motherboard mahal dan murah


Hardware | 7 June 2012


Dari Digitimes melakukan wawancara kepada ECS.

Dari sini dapat diketahui apa perbedaan motherboard mahal dan murah, atau produk low end, middle end dan high end. Ringkasannya dibawah ini

Motherboard high end memiliki komponen lebih baik, harga lebih mahal. Satu proses harus dilakukan sebelum motherboard dipasarkan, ada komponen motherboard yang dilapis dengan bahan gold plate.

Tujuannya pelapisan untuk menjaga korosif pada komponen dan board high end. Pada motherboard ECS disebutkan model dan komponen apa saja yang dipakai, misalnya Golden limited edition mengikuti standar terbaik dari ECS

Satu yang harus dilewati lagi adalah pengujian atau Nonstop technology.

Menjamin kinerja sebuah motherboard atau VGA bekerja stabil dan dapat  dipercaya. Istilah bahasa Inggris Reliable. Komponen motherboard adalah bagian terpenting dalam standar Nonstop Tech. Motherboard diuji kestabilan kerjanya dalam 30 ribu siklus selama test stress 72 jam yang dirancang oleh 30 insinyur ECS.

Sistem Sahara test , sebuah komponen /  motherboard  PC harus di uji dalam suhu 50 deg.C, atau 125% lebih tinggi dari suhu test produk biasa. Pada kondisi tertentu, motherboard harus bekerja dengan suhu lebih panas.

Komponen Apache Long life kapasitor adalah komponen kapasitor solid anti bocor. Pemakaian kapasitor tersebut mampu bertahan 6x lebih lama dibanding kapasitor biasa. Komponen kapasitas kualitas rendah membuat kinerja motherboard tidak stabil.

Biasanya kapasitor tidak rusak secara mendadak, tetapi perlahan. Ketika komponen ini mulai lemah maka computer menjadi tidak stabil.

Misalnya computer mendadak melakukan boot sendiri. Semakin parah kerusakan kapasitor, motherboard akan semakin sering reboot dan berakhir tidak bisa bekerja. Menjelang kerusakaan komponen kapasitor akan menganggu. Karena computer bisa mendadak restart ketika digunakan, dan data akan hilang.



Satu lagi adalah test elektro statik (ESD Thor Ultra Protection), menguji kestabilan motherboard ketika mengalami gangguan listrik. Khususnya motherboard yang di disain dari over circuit yang dapat merusak komponen lain seperti CPU dan memory.

ECS mengunakan Super Allyo Chokes, komponen tersebut untuk menyuplai power ke CPU. Bagian ini sangat vital pada sebuah motherboard.

Choke yang dipakai ECS memiliki standar 150% lebih stabil dan mampu bertahan dalam kemampuan board  overclocking. Alasannya, bahan tersebut lebih stabil dan rentang daya tahan suhu lebih besar (25%). Bahan Choke tersebut  memberikan power lebih besar, tetapi tetap hemat energi dan lebih tahan terhadap gangguan elektromagnetik

Jangan heran bila harga motherboard mahal memang harus mahal. Karena prosedur test yang dilewati akan memakan waktu dan biaya untuk di produksi lebih mahal.
Teknologi pengujian diatas adalah standar dari satu produsen. Masing masing produsen memiliki pengujian tersendiri

Perbedaan motherboard murah dan mahal

VGA memiliki perbedaan produk antara VGA standar dan VGA premium

Selain fitur software, performa lebih tinggi dari VGA premium.
Penempatan heatsink custom agar sistem pendingin VGA lebih baik.

Perbedaan VGA murah dan mahal lihat bodi VGA dan heatsink lebih baik

Motherboard premium di tahun 2019
Beberapa produsen motherboard membuat motherboard premium seharga $850.
Harga motherboard termahal yang mulai mendekati $1000, itupun belum termasuk komponen, dari VGA, RAM, Power Supply, dan cooler premium.

Apa saja yang dipasngkan disana.
Asur ROG Zenith II Extreme untuk procesor Threadripper tipe chipset TRX40.
Motherboard tersebut benar benar diramaikan dengan lampu LED.
Bagian port begitu banyak, kesiapan menerima RAID, SSD, NVMe storage.
Total 8 SATA harddisk kalau mau dipasang seluruhnya.
21 port USB dari berbagai jenis, 12 ada di panel belakang.
Etherbet 10G dan WIFI 6 terbaru.



Gigabyte TRX40 Aorus Xtreme ditawarkan $849. Termasuk yang lebih murah MSI TRX40 ditawarkan $700. dengan 7 M.2 drive.
Kalau boleh di komentari, perangkat premium seperti ini sudah amat terlalu lengkap.

Bagaimana dengan konsumen.
Teknologi computer saat ini cukup dibeli sekali dalam 5 tahun. Procesor masih cukup cepat mengerjakan tugas setiap hari.

Khususnya aplikasi standar seperti Word, Excell, browsing. Kecepatan procesor tidak jauh berbeda, pemakaian power sedikit lebih hemat dari 100W menjadi 85W atau 65W. Kecepatan procesor masih di kisaran 3Ghz dan tertinggi 4Ghz.

Bagi mereka yang intensif mengunakan computer, seperti video editing, photo, game atau render video. Dapat melihat opini dibawah ini.

Motherboard, bila anda berencana menganti computer 2 tahun sekali dengan mengikuti tren teknologi, termasuk menganti procesor, motherboard dan memory.
Tidak perlu mengunakan perangkat motherboard high end. Setiap tahun teknologi akan muncul produk baru.

Bila anda ingin bertahan dengan computer lama dan usia lebih panjang. Ada baiknya anda membeli produk high end, minimal di kelas menengah ke atas.

Alasannya sederhana, komponen lebih baik. Bila mengunakan motherboard murah, bahkan paling murah. Lihat komponen yang dipakai. Dapat dibandingkan dengan melihat bagian socket procesor dan susunan komponen, lihat dengan jelas perbedaan yang ada.

Perbaiki komponen seperti pendingin, salah satu kerusakan motherboard low end akan kepanasan bila penguna ternyata mengunakan computer heavy alias beban besar.

Salah satunya adalah socket procesor, bagian ini dapat dipangkas dengan komponen lebih murah. Apa yang terjadi dengan socket procesor berkualitas rendah. Bila computer digunakan intensif dengan beban kemampuan procesor maksimum, komponen tersebut dapat rusak kapan saja karena kualitas kurang baik. Misalnya bagian pin socket melemah sampai akhirnya rusak.

Tidak satu tahun rusak, mungkin dua tahun atau tiga tahun atau mungkin saja tidak pernah rusak. Membeli motherboard seharga 900 ribu yang murah, tapi 3 tahun kemudian rusak. Sementara computer masih baik sebelum motherboard rusak.

Anda harus membawa motherboard ke tempat servis, dan waktunya tidak singkat bisa 1 minggu bahkan lebih dari satu bulan. Kebutuhan mendesak, adalah membeli motherboard penganti yang harganya mungkin sama atau lebih mahal. Akhirnya biaya yang dikeluarkan sama saja seperti motherboard high end. Hemat di depan tapi merepotkan dimasa mendatang.

Kebutuhan power supply harus berkualitas, tujuannya agar power pada perangkat mencukupi, dan menjaga perangkat tidak rusak karena power tidak stabil. Bila power tidak stabil dan merusak harddisk dan motherboard. Power supply seharga 500 ribu terlihat aman saja bekerja.

Nyatanya beberapa tahun kemudian, ada komponen yang rusak tanpa kita ketahui. Dapat disebabkan power supply yang buruk. Bila membeli power supply seharga 1 juta lebih, dan mendapat garansi 5-10 tahun. Investasi di awal untuk masa depan. Karena perubahan komponen power supply tidak banyak berubah.

Kinerja power yang baik menjaga investasi perangkat computer. Setidaknya data penting di harddisk tidak hilang begitu saja. Membeli harddisk baru tidak mahal, tetapi harddisk rusak akan membawa data anda dalam sejarah.

Berita terkait
Mau mahal mau murah, semua spesifikasinya sama. Hanya berbeda fungsi dari biasa dan high speed. HDMI Grup akan memberikan sertifikasi untuk kabel 4K atau 8K untuk kabel yang mampu membawa data sampai 18Gps - 48Gbps dengan versi HDMI 2.1. Tipe kabel HDMI - 1. Standard HDMI, 2. High Speed HDMI, 3. Premium High Speed HDMI, 4. Ultra High Speed HDMI,

Layanan perbaikan VGA Motherboard Network sudah ada. Memperbaiki masalah umum di negara tropis, dimana chip bekerja terlalu panas, sistem pendingin tidak memadai, sampai beban kinerja chip / GPU yang merusak perangkat. Kerusakan notebook, Xbox, computer, dan VGA terkait dengan chip. Perbaikan bisa di reball atau reflow agar chip kembali tersolder seperti semula. Mengapa layanan perbaikan VGA, motherboard dan perangkat network diperlukan.



Mengapa smartphone mahal, di kelas premium tidak asing dengan harga mahal. Pengembangan produk yang hanya satu atau dua model, mendongkrak harga smartphone melambung menembus seribu dollar. Apakah pembeli membutuhkan semua teknologi tersebut.

Seperti sebuah PC, Mediatek Development Computer dirancang dengan ukuran kecil yang dikenal dengan Rasperry PI. Tapi produk Mediatek Development Computer lebih performa dan bekerja dengan resolusi layar 4K, dan lebih cepat tentunya.

Kecepatan memory DDR dengan CAS dan NS seperti paradok. Selalu berbanding terbalik, tapi kita salah melihat kecepatan memory bila kecepatan clock speed berbeda. CAS adalah kecepatan memory ketika dipasang, sedangkan di dalam chip maka kecepatan memory mengunakan angka NS.

Kerusakan modem router suka putus sambung, mati mendadak salah satu ciri kerusakan di kapasitor. Tidak semua komponen tahan, maklum karena di produksi dengan komponen murah. Bagaimana memperbaiki kerusakan kapasitor dan menganti dengan kapasitor baru.

Membeli computer atau notebook built-up umumnya diberikan harddisk tipe OEM atau Bare. Modelnya tertulis tapi berbeda dengan harddisk di pasaran. Apakah harddisk OEM / Bare tersebut memiliki kualitas berbeda dari harddisk biasa. Yang pasti garansi berbeda.



Masyarakat IT sering melihat kemampuan hardware berdasarkan angka. Angka didapat dari sejumlah test, angka terbaik diartikan hardware terbaik. Umumnya lebih cepat, tentu lebih bagus. Apakah angka tersebut menunjukan kualitas.

RAM computer memiliki setting XMP. Apakah anda sudah mengaktifkan, apakah mendapatkan speed memory yang sesuai. Bila semua sudah di setting dengan benar, apakah computer lebih cepat. Awasi panas procesor anda, karena produsen motherboard diam diam meningkatkan kinerja procesor untuk bekerja penuh

Kamera paling mahal untuk milyader, harus tampil beda. Untuk camera yang dijual sangat mahal bukan berarti memiliki teknologi paling canggih. Hanya tampilnya beda dari camera lainnya termasuk disain dari emas walau spesifikasinya sama saja.

Apa saja produk yang harus dibayar terlalu mahal. Bukan barang mewah tapi ada disekitar masyarakat, bahkan digunakan setiap hari. Salah satunya SMS, biayanya menyebalkan. Yang tidak berubah adalah iPhone selalu mahal, tinta printer, kabel HDMI, Office

Bicara aplikasi di smartphone, ada yang berbayar dan gratis. Versi gratis diberikan penuh tapi ada juga yang terbatas. Pengembang software boleh menjual aplikasi mereka dari masing masing pasar. Apple mengijinkan pengembang menjual aplikasi sampai $999, sedangkan Google memberikan $200.

Thermaltake keluarkan case computer model Urban S21. Memiliki disain mid-tower, dengan can metal burshed di panel depan, panel untuk USB 3.0 dan jack multimedia, pengaturan udra masuk dari bawah dan dialirkan ke bagian atas.

Hanya penurunannya seperti mengulang dari awal. Karena harga harddisk sempat melambung pada bulan Oktober 2011 lalu. Bisa dilihat dari  grafik Dynamite Data, harga harddisk sudah kembali normal



Socket computer memudahkan pemiliknya untuk menganti procesor dikemudian hari. Ada kabar tentang procesor Broadwell sebagai procesor mainstream akan dikemas dalam bentuk BGA. Jadi procesor tidak bisa dicabut pasang, dan dipasang permanen seperti chip procesor smartphone.

Posisi mendatar tetap lebih baik dibandingkan vertikal, tetapi tidak banyak berdampak. Apakah akan merusak harddisk bila harddisk dipasang vertikal. Tidak juga, semua posisi aman bagi harddisk. Berapa lama umur harddisk bila di pasang dengan benar.

Tidak, tetapi bisa membuat komponen bekerja terlalu panas. Debu menghalangi proses pendinginan dari fan computer. Apa alasannya debu yang menempel di komponen computer belum tentu merusak langsung

Cairan minyak hanya perlu diganti 10 tahun sekali. Semua komponen computer ditengelamkan kedalam cairan. Intel mengatakan sistem pendingin minyak hanya butuh 2-3% pemakaian power computer

WD baru menyelesaikan akuisisi pabrik harddisk Hitachi. Tetapi unit harddisk 3.5 inch dijual patennya ke Toshiba. Jangan kaget bila menemukan harddisk dengan 2 merek berbeda. Sejak kejadian banjir di Thailand, pabrik harddisk mengalami kerusakan

Ada 2 artikel menarik tentang 80plus. Sertifikat 80plus menunjukan tingkat efisiensi kinerja sebuah power supply. 80plus adalah nilai konversi dari power AC ke DC dengan angka 80%. Artinya semakin besar angka sertifikasi maka semakin baik sebuah power supply dalam pemakaian power listrik AC.

Masyarakat luar negeri terkadang memilih memanfaatkan computer lama lagi dengan fungsi berbeda. Seperti dijadikan server kecil untuk menyimpan semua data keluarga, sebagai alat merekam data keamanan atau untuk kebutuhan upload dan lainnya.

Satu power supply merek Suntai dijual murah.

Datacenter banyak mengunakan harddisk sebagai storage. Pengalaman bertahun tahun menghadapi kegagalan harddisk kerja, menghasilkan pengumpulan data yang unik. Cukup mendengar suara yang keluar dari harddisk, bisa menentukan apakah harddisk akan mulai tit alias akan mati.




No popular articles found.