Teleskop pencari asteroid Sentinel Space Telescope


Kategori : Science | Date : 24 April 2014
Kehancuran sebuah kota oleh meteor hanya terlihat di film sain fiksi atau cerita novel. Tetapi penelitian terbaru menyebut bumi sangat rentan dengan jatuhnya meteor dari ruang angkasa. Setiap meteor yang jatuh jarang terlihat karena ukuran lebih kecil. Tetapi beberapa cukup besar seperti meteor yang jatuh di Rusia. Ilmuwan mengatakan tabrakan meteor memiliki resiko 10x lebih besar dibanding perkiraan sebelumnya.  Kedatangan meteor ukuran kecil tidak bisa di prediksi dan mendadak sudah jatuh ke bumi. Karena meteor ukuran kecil sangat sulit bahkan tidak mungkin diamati.



Sebuah yayasan B612 yang di dirikan mantan astronot Nasa akan meluncurkan satelit untuk peringatan dini. Sentinel Space Telescope Mission atau teleskop khusus untuk memindai meteor akan diluncurkan tahun 2018. Teleskop NEO Surveyini dapat mencatat kemana arah orbit asteroid. Melakukan pengamatan dekat orbit planet Venus

Sentinel Space Telescope akan mencatat arah setiap pergerakan asteroid. Dan dalam 6.5 tahun akan mencari dan melihat lintasan 90% asteriod dengan ukuran lebih dari 150 meter. Target teleskop ini mencari 500.000 benda di ruang angkasa, dan memutari matahari setiap 7 bulan sekali.

Video di Youtube memperlihatkan posisi pengamatan teleskop asteroid bekerja.




Teleskop Gaia selesai membuat peta hampir 1,7 miliar bintang diumumkan April 2018. Observasi selama 21 bulan, mengunakan teknik paralak. Diperkirakan hanya 1 persen bintang yang ada di galaksi Bima Sakti dengan peta Zoom bintang jarak 10.000 tahun cahaya dari matahari.

Bila mendapatkan gambar dari teleskop Alma, bentuknya tidak seperti foto teleskop optik. Karena teleskop Alma adalah teleskop radio terbesar di ketinggian 5000 meter. Alma memiliki 66 antena presisi tinggi, terbesar dengan jarak 16km

Satu teleskop raksasa Fast selesai dibangun di provinsi Guizhou, mungkinkan China menjadi bangsa pertama yang mendengar Alien.. Ukuran 500 meter, konstruksi memanfaatkan alam di sekitar. Menjadi teleskop radio terbesar untuk mendengar alien sampai 1000 tahun cahaya. Sekarang butuh ahli digaji 1,2 juta dollar pertahun



Teleskop Gaia milik ESA mengabadikan beberapa gerakan bintang. Tapi 5 juta tahun kedepan, beberapa bintang yang ada bergerak. Bintang Gliese 710 diperkirakan akan menganggu tata surya kita, dengan mengeser awan Oort dan bumi terancam tertabrak komet

Teleskop ruang angkasa ASTRO-H atau Hitomi milik Jepang seharga 3 triliun, baru diluncurkan 17 Februari. Mendadak teleskop yang baru diluncurkan tesrsebut hilang kontak ke Bumi. Teleskop yang dirancang khusus untuk mempelajari objek seperti lubang hitam raksasa dan kelompok galaksi hilang komunikasi

Teleskop ruang angkasa WFIRST, disebutkan memiliki 100x lebih kuat dari Hubble. Teleskop WFIRST memiliki tujuan khusus. Bukan mengamati benda terjauh, tapi yang dekat saja. Khususnya mencari planet diluar tata surya kita.

Bayangkan bila seseorang sedang naik pesawat ruang angkasa dengan kecepatan Warp ala Startrek. Seperti apa melihat galaksi yang dilewati. Video di Vimeo dengan judul Katalog Fly Throught of the Gama Galaxy, gambar di galaksi sebenarnya sudah diperbesar.



Jumlah satu tata surya seperti matahari di dampingi 9 planet, sedangkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti saja mencapai 2-3 ratus milliar bintang. Berapa banyak planet di galaksi kita. Tinggal dikalikan dengan 9 dari angka rata rata. Berapa perkiraan jumlah planet di alam semesta ini.

Sebuah meteor jatuh di Rusia 15 Februari 2013 jam 9;20, lokasi di Ural. Membuat jaringan internet dan telepon sempat terputus. Meteor menabrak satu bangunan pabrik sampai roboh. Meteor jatuh tidak ditengah kota melainkan ke arah sebuah danau dekat kota Chebarkul.

Berapa banyak manusia pintar, siapa yang paling cerdas. Siapa saja yang masuk kategori sangat super jenius. Manusia dengan IQ rata-rata lebih umum, tapi manusia dengan IQ paling tinggi amat jarang.  Dikatakan jenius bila seseorang memiliki IQ 130 atau lebih.


No popular articles found.