Science | 23 April 2014

Teleskop pencari asteroid Sentinel Space Telescope


Kehancuran sebuah kota oleh meteor hanya terlihat di film sain fiksi atau cerita novel. Tetapi penelitian terbaru menyebut bumi sangat rentan dengan jatuhnya meteor dari ruang angkasa. Setiap meteor yang jatuh jarang terlihat karena ukuran lebih kecil. Tetapi beberapa cukup besar seperti meteor yang jatuh di Rusia. Ilmuwan mengatakan tabrakan meteor memiliki resiko 10x lebih besar dibanding perkiraan sebelumnya.  Kedatangan meteor ukuran kecil tidak bisa di prediksi dan mendadak sudah jatuh ke bumi. Karena meteor ukuran kecil sangat sulit bahkan tidak mungkin diamati.



Sebuah yayasan B612 yang di dirikan mantan astronot Nasa akan meluncurkan satelit untuk peringatan dini. Sentinel Space Telescope Mission atau teleskop khusus untuk memindai meteor akan diluncurkan tahun 2018. Teleskop NEO Surveyini dapat mencatat kemana arah orbit asteroid. Melakukan pengamatan dekat orbit planet Venus

Sentinel Space Telescope akan mencatat arah setiap pergerakan asteroid. Dan dalam 6.5 tahun akan mencari dan melihat lintasan 90% asteriod dengan ukuran lebih dari 150 meter. Target teleskop ini mencari 500.000 benda di ruang angkasa, dan memutari matahari setiap 7 bulan sekali.

Video di Youtube memperlihatkan posisi pengamatan teleskop asteroid bekerja.





Artikel Lain

Sebuah kota kecil ini di tinggali 149 orang, di tengah zona radio 13 ribu mil persegi. Semua peralatan yang memancarkan emisi radio dilarang. Dari radio pemancar, WIFI, ponsel dan bluetooth tidak boleh masuk. Apa yang ada di kota ini, disebut terisolasi tapi tidak sepenuhnya di tutup.

Jumlah satu tata surya seperti matahari di dampingi 9 planet, sedangkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti saja mencapai 2-3 ratus milliar bintang. Berapa banyak planet di galaksi kita. Tinggal dikalikan dengan 9 dari angka rata rata.Sampai tahun 1992 baru 2 planet, tahun 2019 sudah 4000 planet lebih ditemukan. Video Nasa



Teleskop Gaia milik ESA mengabadikan beberapa gerakan bintang. Tapi 5 juta tahun kedepan, beberapa bintang yang ada bergerak. Bintang Gliese 710 diperkirakan akan menganggu tata surya kita, dengan mengeser awan Oort dan bumi terancam tertabrak komet

Teleskop ruang angkasa WFIRST, disebutkan memiliki 100x lebih kuat dari Hubble. Teleskop WFIRST memiliki tujuan khusus. Bukan mengamati benda terjauh, tapi yang dekat saja. Khususnya mencari planet diluar tata surya kita.

Satu teleskop raksasa Fast selesai, siap dibuka untuk para peneliti dunia mulai April 2020. Menjadi teleskop radio terbesar untuk mendengar alien sampai 1000 tahun cahaya. Satu satunya teleskop radio raksasa setelah kerusakan teleskop Aricebo di Puerto Rico.

Berapa banyak manusia pintar, siapa yang paling cerdas. Siapa saja yang masuk kategori sangat super jenius. Manusia dengan IQ rata-rata lebih umum, tapi manusia dengan IQ paling tinggi amat jarang.  Dikatakan jenius bila seseorang memiliki IQ 130 atau lebih.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.