Hardware | 23 April 2014

Mouse gaming beda dengan mouse standar


Sekarang sudah banyak merek mouse game dari Logitech, Steelseries, Razer dan lainnya

Tapi mouse computer adalah mouse untuk mengerakan pointer saja.

Spesifikasi mouse game berbeda dengan mouse biasa, ditempatkan beberapa fitur seperti presisi pointer, optic mengunakan laser atau high density LED, tombol dan lainnya.

Dibawah ini perbedaan dari mouse game dengan mouse standar

Optic presisi

Harga mouse game yang mahal. Memberikan angka DPI tinggi, tapi bukan DPI atau Dot per inch, yang benar CPI atau Count per inch.

Salah kaprah bila mouse memiliki angka DPI yang diberikan sekarang ini. Tapi tidak masalah, kedua singkatan tersebut artinya mirip saja.

DPI mouse lebih tinggi membuat mouse lebih presisi ketika bergerak cepat tanpa menganggu presisi dan akurasi gerakan mouse.

Maklum sensornya saja ada yang mengunakan optic bahkan laser di kelas sensor mouse high-end. Jadi mouse game dibuat sangat akurat. Dan dapat digerakan walau di permukaan tidak rata.

Untuk mendukung presisi mouse game high end, diperlukan pad khusus. Setidaknya permukaan yang tepat, harus rata dan warna yang sama agar sensor menangkap pantulan sinar dari pad ke optic pembaca.
Bahkan mouse model terbaru memiliki fitur tetap bergerak walau sensor berada diatas beberapa mili diatas permukaan mouse pad.

Sempat diperdebatkan mouse dengan presisi tinggi hanya marketing gimmick. Bisa diterima, tetapi presisi mouse tetap penting.



Tombol gaming mouse penting

Beberapa mouse dibuat dengan beberapa tombol tambahan. Bukan 2 tapi beberapa tombol.

Versi standar memiliki 2 tombol di depan, dan scroll. Mouse gaming memiliki 1 tombol untuk peningkatan sensor optic, dan beberapa tombol lain.

Mouse khusus game MORPG, FPS dan lainnya  dapat mengunakan disain tombol mouse berbeda. Jumlahnya mencapai lebih dari 6 tombol.

Kadang mouse dengan tambahan tombol, dapat digunakan untuk pekerjaan lain. Seperti fungsi mengetik, membuka icon dan lainnya.
Mouse gaming dapat diprogram termasuk kecepatan tombol untuk fungsi tertentu.



Mouse game itu nyaman

Ada yang mengatakan mouse game itu berat. Tidak juga, beberapa mouse game dengan LED sama ringannya dengan mouse biasa. Termasuk beberapa disain mouse dengan sensor laser. Yang pasti mouse game itu dirancang senyaman mungkin dan mengikuti kontur tangan.

Pabrikan mouse merancang mouse dengan meminta beberapa pendapat dari gamer dan melakukan riset bertahun tahun untuk sebuah mouse game.

Membuat lekukan di sisi mouse dan penahan telapak tangan, disainer game harus mendisain mouse agar nyaman digunakan berjam-jam lamanya.

Presisi Laser dan Optic Mouse

Kebanyakan mouse standar mengunakan sensor LED yang presisinya, tetapi berbeda dengan mouse gaming. Dan tidak secanggih teknologi mouse  gaming.

Laser optic disebutkan lebih presisi, tapi membutuhkan permukaan yang juga pad yang presisi. Tidak terlihat adanya cahaya dibawah lubang mouse.

LED Optic dibuat lebih murah, tidak kalah presisi hanya cahayanya dapat terganggu menganggu di bagian bawah mouse.

Mouse dengan pemberat

Beberapa disain mouse dirancang dengan beban, dan dapat diatur dengan seberapa besar bobot mouse ke tangan pengunanya.

Berat sebuah mouse game setidaknya dibutuhkan untuk mengukur kekuatan tangan penguna dengan game yang dimainkan.

Beberapa mouse bahkan memberikan pemberat untuk mengimbangi kekuatan tangan penguna. Mouse lebih ringan umumnya untuk kecepatan gerak, cocok untuk game RTS atau Strategy, mouse dengan pemberat umumnya untuk game FPS - First Person Shooter, presisi pointer menjadi lebih lambat karena akurasi menembak di dalam permainan

Pemberat digunakan untuk mengimbangi kebiasaan seseorang mengerakan mouse. Dan gamer profesional
Mereka yang terbiasa mengunakan mouse dengan beban, dipastikan tidak akan mampu presisi mengerakan cursor dari mouse secara akurat.

Ketika bermain game FPS misalnya, gerakan presisi cursor kadang memiliki akurasi dalam hitungan milimeter. Bila mereka tidak mengerakan secara tepat, arah tembakan pada cursor akan meleset. Dalam semua kompetisi, itu saja dikalahkan oleh musuh.




Umur mouse game lama

Mouse game dirancang dengan tombol tahan ketukan dan tahan lama, durasi click lebih banyak dibanding mouse standar.
Mouse standar mulai tidak presisi di bagian tombol. Click terkadang tidak tepat alias bergeser bahkan macet.



Harga mouse game memang jauh lebih mahal, bahkan mencapai 1 juta, dan harga rata rata mouse game sekitar 400 ribu keatas lebih.

Tetapi harga yang mouse memberikan kenyamanan jangka panjang. Sekali mengunakan mouse game, mereka yang sudah terbiasa tidak melirik model mouse lain.
Dan mouse game dapat bekerja dengan baik diatas 5 tahun bahkan masih bekerja sampai 10 tahun.

Umumnya bagian tombol mouse game mulai drop atau bagian scroll yang kotor. Belum rusak hanya mulai tidak enak di tekan karena plastik pegas yang aus termakan waktu.

Umumnya kerusakan mouse game terjadi di bagian kaki mouse. Produsen perangkat gaming juga menawarkan mouse pad khusus.

Karena bagian kaki mouse akan tergerus karena gesekan kaki mouse dan penahan di pad. Tetapi tidak perlu khawatir ada komponen yang dijual untuk penganti. Setidaknya penguna bisa mempertahankan mouse game cukup lama, dan tidak perlu menyesuaikan tangan dengan mouse baru untuk beberapa tahun.

Anda memiliki mouse game lama yang umurnya lebih dari 5 tahun, dan masih digunakan karenat tetap nyaman. Bisa berbagi cerita dengan rekan lain.


www.obengplus.com/articles/106/Beda-keyboard-mekanik-dan-non-mekanik
www.obengplus.com/artikel/articles/39/Memperbaiki-kabel-mouse-putus
www.obengplus.com/artikel/articles/256/2/Cougar-Attack-X3-keyboard-mekanik-lampu-LED
Artikel Lain

Berapa RAM rusak, sebenarnya tergantung merek. Produsen ternama memberi garansi RAM Lifetime. Kerusakan dapat terjadi, dari berbagai faktor. Tapi unit modul RAM dapat bekerja lebih dari 12 tahun, bila dipasang dengan perangkat yang benar.

Corsair Katar wireless gaming mouse memiliki kecepatan respon lebih tinggi dari mouse wireless standar. Baterai lithium yang dapat di isi ulang, bekerja sampai 110 jam. Memiliki sensitif mouse sampai 26 ribu DPI.



AMD sebelumnya tertinggal dengan WIFI 6, sementara Intel berada di WIFI 6E. AMD dengan Mediatek membuat modul PHY WIFI 6E modul WIFI AMD RZ616 dan RZ608, untuk notebook dan PC desktop. Pemakaian power hemat, bahkan dapat dipasang untuk notebook kecil

Razer DeathAdder menawarkan mouse tipe optic sensor dengan switch tahan lama dan akurasi mouse. Mengunakan disain bari 5G Optical Sensor yang mampu mentracking gerakan mouse sampai kerapatan 16.000 dot per inci. Dan mendukung fitur akselerasi 50G.

AMD akan mengeluarkan 4 core GPU, dari Fiji, Grenada, Tonga dan Trinidad. Termasuk satu model dual GPU yang disebut Radeon R9 395X2. Perubahan disain GPU dengan versi dari GCN.

Nvidia GTX 880. Card VGA baru tersebut memiliki 8GB RAM dengan 256bit memory interface. Kabarnya dibawah 500 dollar.

Noctua NH-D15 heatsink fan dengan 6 heatpipe dibuat dari disain Noctua NH-D14. Disain Noctua NH-D15 heatsink fan yang tidak berisik. Bagian bawah heatsink dibuat lebih tinggi sampai 64mm.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.