Science | 21 April 2014

Galaksi Sombrero atau M104 atau NGC 4594


Galaksi M104 atau galaksi Sombrerp diambil pada bulan April - Mei 2012. Jaraknya 28 juta tahun cahaya, berada di konstelasi Virgo. Dinamakan Sombrero karena terdapat cahaya Halo piring galaksi ini. Di tengah dengan cahaya besar memperlithakan gugusan bintang, termasuk begitu banyak bintang muda yang baru terbentuk.

Menurut Space.com, galaksi ini sebenarnya terdiri dari 2 bagian. Satu galaksi berbentuk elips besar tersembunyi di dalam galaksi yang besar ini. Tetapi baru perkiraan saja, melihat bentuknya yang unik dibanding galaksi lain.



Penemuan galaksi ini pertama pada tahun 1912, ketika astronom di jaman itu menangkap sebuah awan berbentuk spiral atau Nebula Spiral. Ternyata cahaya tersebut bukan menjadi bagian dari galaksi Bima Sakti. Melainkan sebuah galaksi lain yang terpisah dan begitu jauh. Astronom bisa menyimpulkan sekarang bahwa galaksi Sombrero sebagai galaksi yang sangat jauh, dengan melihat datangnya cahaya Red Shift.

Terakhir di update kembali oleh teleskop ruang angkasa Spitzer untuk memeriksa, apakah benar di dalam galaksi tersebut ada galaksi kecil lain. Melihat cahaya diluar seperti debu yang menunjukan cahaya bintang yang sudah tua, sedangkan di dalamnya begitu terang. Melihat ukuran galaksi Sombrero diperkirakan di dalam inti galaksi terdapat sebuah lubang hitam yang sangat besar.


Artikel Lain

Galaksi kerdil umumnya terlihat samar, tapi ada di sekitar galaksi kita. Galaksi kerdil memang aneh, disana hanya terdapat 5000 an bintang, bila dibanding dengan galaksi kita mencapai 200 -400 trilyun bintang. Bahkan untuk skala ukuran, galaksi kerdil hanya terlihat 1 titik dibanding galaksi Bima Sakti.

Galaksi NGC 1291 terletak 33 tahun cahaya. Galaksi ini memiliki keunikan dengan cahaya yang tampak seperti cincin atau halo. Karena bintang yang usia muda baru terbentuk dan muncul dibagian luar galaksi. Mengapa bintang disana sampai membuat pola seperti cincin.



Galaksi NGC 7793 terlihat pada foto sangat terang walau letaknya sangat jauh. Berada 13 juta tahun cahaya dari bumi. Menjadi galaksi paling terang di grup Sculptor. Ada tapinya, menurut astronom di galaksi ini merupakan tempat keras. Lingkungan yang keras seperti apanya.

Galaksi Andromeda adalah galaksi terdekat dengan galaksi Bima Sakti. Kedua galaksi ini menjadi galaksi terbesar di satu kluster. Tapi ada satu galaksi M33 sebagai galaksi terdekat kedua, dan galaksi ini sedang mengarah ke galaksi kita Bima Sakti.

Galaksi dengan nomor NGC 1433 memiliki cahaya ditengah yang menyala. Tidak semua galaksi memiliki lubang hitam yang besar, sehingga bintang di tengah galaksi bisa aman dan tetap bercahaya. Bila galaksi memiliki lubang hitam sangat besar, seperti ini yang terlihat

Astronomi kali ini menampilkan sebuah foto galaksi payung atau setidaknya berbentuk payung di sisi galaksi utama. NGC 4651 memiliki bagian buntut yang tertinggal, bagian tersebut sebenarnya sampah dari tabrakan 2 galaksi yang terjadi.

Galaksi NGC 4258 jaraknya 23 juta tahun cahaya. Disana terlihat seperti kembang api, ada lubang hitam memakan gas disana.  Galaksi 4258 disebut juga M106, memiliki bentuk spiral seperti Bima Sakti. gambar 4 teleskop untuk mendapatkan satu gambar lengkap



Nasa membuat gambar dengan 360 derajat, foto paling bersih sampai terlihat semua bintang di galaksi kita. Untuk membuat foto menakjubkan dari galaksi kita ini dibutuhkan 2 juta foto inframerah. Penemuan lain ukuran Andromeda dan Bima Sakti relatif sama

Bentuk galaksi melakukan tranformsi dari bentuk elips menjadi beberapa bentuk akibat tabrakan atau fenomena yang terjadi dari galaksi sendiri. Galaksi dapat terlihat seperti mata, memiliki bentuk pipih dengan cahaya sangat terang ditengah, galaksi dapat berantakan ketika saling bertemu.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.