Cina diam diam menyalin kota Austria


News | 7 June 2011

Sebuah perusahaan konstruksi Cina membangun replika desa di Austria Hallstatt.

Desa Hallstatt  adalah sebuah desa kuno berumur 900 tahun, dan masuk sebagai situs warisan dunia UNESCO. Tetapi siapa yang mengira kalau sebuah pengembang membangun desa yang mirip seperti desa Hallstatt.

Inspirasinya memang dari sana. Bahkan anggota delegasi Hallstatt merasa bangga kalau desa mereka di salin lagi ditempat lain. Tetapi ada rasa kecewa, kok main ditiru begitu saja, apakah tidak lebih baik meminta ijin dahulu sebelum dibangun.

Konstruksi desa KW2 Hallstatt di Cina masih terus berjalan. Letaknya di Huizhou Guandong, sekitar 100km dari kota Hongkong. Tempat tersebut sudah dibuka untuk pengunjung.

Ini bukan kopian pertama. Chinense City of Anting, 30km dari Shanghai, ditiru untuk mengakomodasi 20 ribu penghuni. Diambil dari German Town Anting. 2005 Chengdu British Town, mengambil model kota Dorchester di Inggris. Tempat lain yang ditiru adalah Thames Town, letaknya juga dekat Shanghai lengkap dengan menara gerejanya setinggi 66 meter. Yang lain seperti kota kecil Barcelona, Venice dan Skandinavia juga dibuat KW.


Berita terkait
Di daerah pinggiran Taindecheng Hangzhou dikenal sebagai  Little Paris. Lengkap dengan pohon, kedai kopi, estalase toko dan lainnya. Bahkan memiliki menara Eiffel dengan ukuran sepertiga dari aslinya.




No popular articles found.
< /body>