Radiasi gelombang selular dan wifi apakah mempengaruhi kesehatan


Kategori : Green | Date : 30 August 2018
Teknologi wireless seperti telepon selular dan signal WIFI masih diperdebatkan.

Walau belum ditemukan bukti kuat bahwa signal frekuensi menganggu manusia.

Signal telepon mungkin lebih kuat dari apa yang kita bayangkan. Misalnya meletakan handphone ke dekat speaker, terkadang muncul suara dari gangguan signal smartphone dan handphone.

Satu studi di Denmark membuktikan frekuensi menganggu tanaman. Sekelompok murid melakukan percobaan tanaman yang dibimbing oleh guru biologi.

Ada 2 ruangan berbeda, satu dekat router WIFI satu lagi lebih jauh. Yang jauh tanaman tetap tumbuh dengan baik, sedangkan yang dekat signal WIFI malah daun terlihat kecoklatan. Menurut guru pembimbing, kedua tempat menanam para murid tersebut di kontrol oleh termostat. Kedua tumbuhan ditanam selama 12 hari.

Keduanya mengunakan peralatan yang sama, dan disiram dengan baik. Tetapi di ruang WIFI tumbuhan bisa mati sendiri. Ada kemungkinan tumbuhan tidak suka dengan signal frekuensi seperti WIFI. Dr Johansson dari institu Karoinska mengatakan memang sering terjadi gangguan bagi tanaman atas signal WIFI.

Contoh tanaman tomat tidak suka dengan paparan signal telepon BTS.

Ada beberapa percobaan dengan hasil berbeda beda. Gangguan gelombang radio memang menganggu manusia secara tidak langsung, tapi dampaknya tidak ekstrim seperti tanaman.

U. S. National Institute on Drug Abuse. Melakukan penelitian scan otak bagi manusia. Meminta para responden mengunakan telepon selular selama 50 menit. Hasilnya terjadi perubahan metabolisme dari glukosa di otak setelah mengunakan ponsel. Dr Nora Valkow menyebutkan efek gelombang radio memang mampu mengaktifkan otak manusia.

Satu lagi studi walau terlihat terhadap tikus. Di Serbia, tikus diberikan paparan 4 jam dengan frekuensi 900Mhz selama 60 hari percobaan. Dampak terhadap tikus, berat badan mereka turun, intensitas kegiatan juga menurun, dan terlihat kecemasan yang meningkat. Studi di Spanyol, dengan frekuensi Ghz, tiroid tikus dapat terganggu. Artinya tikus mengalami stres lebih tinggi.



Studi baru dirilis 2018.
Apakah radiasi dapat menyebabkan kanker. Bila cahaya matahari, radiasi sinar X-Ray meningkatkan resiko kanker. Karena menyebabkan memotong-motong molekul dalam tubuh.
Radio frekuensi memiliki efek berbeda.

Radio frekuensi adalah non-ionisasi yang dipancarkan dari antena smartphone atau perangkat nirkabel lain.
Dampak bagi biologis yang diketahui, dapat memanaskan jaringan dengan menarik molekulnya.

Penelitian dari National Toxicology Program melakukan  percobaan dari 2500 tikus. Membuat tikus menjadi rentan terhadap tumor langka.

Ketika telepon selular dinyalakan, maka akan terhubung ke menara selular. Intensitas dosis akan meningkat bila jarak ponsel yang dipegang semakin dekat ke tubuh. Dan sinyal akan meningkat ketika melakukan pembicaraan.

Informasi yang bocor di tahun 2016 dari hasil penelitian senilai 25 juta dollar. Memberikan bukti paling menyakinkan bahwa energi radio frekuensi mungkin terkait dengankanker di laboratorium dengan tikus.

Sejak tahun 2011, radiasi RF diklasifikaskan sebagai kelompok 2B, atau tingkat yang mungkin karsinogen bagi manusia oleh badan IARC.

Tetapi ponsel sudah lama ada, setidaknya di awal 90an mulai digunakan masyarakat umum. Tetapi mengapa epidemi dari pemakaian ponsel tidak terlihat sampai saat ini.

Semua penelitian masih belum membuktikan apakah manusia juga terganggu dengan frekuensi gelombang tinggi seperti paparan dari smartphone, signal BTS atau WIFI. Efek bagi manusia sangat kecil. Saran terbaik dibawah ini
  • Penguna smartphone dianjurkan tidak terlalu banyak mengunakan martphone atau ponsel mereka.
  • Jauhi dari telinga ketika berkomunikasi
  • Dan jauhi ponsel ketika anda tidur.
Belum ada bukti pasti dari sinyal atau frekuensi menganggu kesehatan manusia, menjaga dari sekarang akan lebih baik.Cobalah ketiga saran diatas, mungkin dapat membantu tidur anda lebih baik. Dan kesehatan anda tidak banyak terganggu oleh frekuensi radio.

Juli 2018
Kanada melarang penjualan Alcatel U50.
Alcatel menghentikan penjualan model smartphone U50, karena gagal memenuhi standar paparan energi frekuensi yang ditetapkan pemerintah Kanada.
Pemerintah Kanada meminta Alcatel menghentikan penjualan U50, terkait ketentuan ambang batas paparan energi yang telah ditentukan.
Alcatel U50 pertama dirilis Desember 2017, dan dijual oleh 3 perusahaan telekom okal Bell, Telus dan Freedom Mobile.

Walau radiasi smartphone tersebut melewati ambang batas aman. Smartphone tersebut masih aman digunakan. Tetapi Alcatel U50 memiliki daya pancar lebih kuat, dan berada di antara batas 50x.
Alcatel bekerja sama untuk memperbaiki dengan pembaruan perangkat lunak. Smartphone yang telah terjual tidak ditarik dari pasar.

Alcatel U50 radiasi smartphone

Kata katanya agak galak, apa benar. Ini data dari tabel data penduduk di Amerika. Sekarang sekitar 80% jumlah pekerja di Amerika bekerja tanpa kegiatan fisik. Bekerja lembur awalnya positif, sampai akhirnya menjadi kurang produktif. Duduk setengah jam, berjalan 2 menit akan mengurangi resiko penyakit di masa mendatang

Mungkin diet lemak dengan mengkonsumsi susu skim disebutkan lebih sehat mungkin salah. Profesor Marcia Otto universitas Texas yang memimpin penelitian mengatakan. Temuan kami tidak hanya mendukung, tapi adanya bukti menunjukan susu lemak bertentangan dari kepercayaan populer sasat ini.

Olahraga dan kesehatan, usia 80 tahun memiliki kekebalan tubuh usia 20 tahun. Mampu menghindari penyakit, seperti sebuah pil alami. Aktivitas fisik ternyata meningkatkan kemampuan sel T lebih aktif. Salah satu rahasia dari tubuh manusia



Anda sering melihat sebuah kantong kecil di dalam kotak barang elektronik, sepatu atau tas baru. Jangan dibuang, benda tersebut adalah silika gel. Bentuk seperti bola kecil bening, memiliki beberapa manfaat.

Konon cerita tersebut berasal dari mitos pasukan Inggris. Orang tua selalu menganjurkan anak anak makan wortel. Katanya, ini bagus untuk mata kamu kelak. Apa yang terjadi bila kekurangan vitamin A. Satu kasus dari Toronto berakibat fatal

Terlalu banyak makan membuat otak lebih cepat tua, mengurangi makan akan memunculkan molekul yang membantu otak tetap muda. Tim peneliti Itali dari universitas Katolik Sacred Heart di Roma menemukan molekul CREB1. Molekul tersebut mengaktifkan fungsi otak serta umur panjang bagi mahluk hidup

Penelitian baru dari dampak terlalu sering menonton televisi akan memperpendek usia anda. Studi tersebut dilakukan oleh universitas Queensland Australia. Setiap 6 jam menonton televisi perhari akan beresiko menurunkan usia sampai 5 tahun dari umur anda



Studi dari Jepang, bagian telinga dan otak bisa terganggu.


No popular articles found.