Nebula Trifid ketika terbentuk bintang baru disana


Kategori : Science | Date : 13 April 2014
Nebula Trifid yang diamati teleskop Wide-Field Infrared Survey Explorer - WISE menunjungkan gelombang cahaya infrared dengan warna hijau. Memperlihatkan gas hidrogen yang dingin. Sedangkan warna cerah biru dan ungu adalah cahaya panas dari bintang muda.

Gelombang warna merah memiliki panjang 22micron, dan hijau 12micron. Biru dan Ungu menjadi cahaya paling panas dengan panjang gelombang 3,4 micron dan 4,6 micron.

Sedangkan warna kuning tua menunjukan warna gas di Nebula Trifid itu sendiri. Bila diamati, cahaya paling biru adalah bintang paling tua disana. Jarak lahirnya gugus bintang yang relatif muda ini hanya 5400 tahun cahaya dari bumi.



Gambar asli Nebula Trifid
small (221K) 400 x 400 JPEG
medium (785K) 800 x 800 JPEG
large (2M) 1600 x 1600 JPEG
full size (21M) 4095 x 4095 JPEG


Tentang Nebula Trifid. Disana terdapat gas yang mengambang dan sudah di observasi oleh Hubble sejak tahun 1997. Memiliki bentangan 8 tahun cahaya dari titik tengah. Januari 2005, teleskop khusus Infrared Spitzer menemukan munculnya 30 bintang muda baru terbentuk, dan 120 bintang lain yang baru muncul kemudian. Tanpa teleskop khusus, cahaya bintang disana tidak terlihat karena masih tertutup oleh gas raksasa. Selain cahaya dari benda di Nebula ini hanya memiliki kekuatan cahaya 6.3 magnitude atau sangat rendah bila dilihat dari bumi. Dalam pencahayaan astronomi, tingkat + adalah cahaya yang lemah, dan - sebagai cahaya lebih kuat dan dapat dilihat dengan mata.

Nebula diartikan sebagai gas, atau awan mengambang. Ukurannya dapat kecil atau sangat besar. Ukuran gas raksasa yang disebut Nebula dapat membentuk sebuah galaksi. Bila ukuran gas relatif kecil, akan menjadi tempat lahirnya bintang baru . Bintang super raksasa dapat meledak dan mati dan membentuk gas yang terlempar dari inti bintang mati dan gas yang sangat besar dapat mengambang kembali yang disebut nebula.

Large Magellanic Cloud adalah satelit pendamping galaksi Bima Sakti, menjadi tempat paling terang yang dapat dilihat oleh astronom. Jaraknya 160 ribu tahun cahaya. Bentuknya seperti kumpulan gas dan debu. Di dalamnya terdapat beberapa bintang langka raksasa seperti R136a

Nama Nebula Lagoon selain M8 atau Messier 8 disebut dengan NGC6523, membentang sampai 110 x 50 tahun cahaya. Disana terdapat bintang tipe O yang panas. Dan memancarkan cahaya ultraviolet, dari cahaya bintang memanaskan serta ionisasi kumpulan debu dan gas. Bintang bintang tersebut yang memberikan cahaya ke gas di nebula Lagoon.

Nebula NGC 2440 memiliki jarak 4000 tahun cahaya dari Bumi. Terletak di konstelasi Puppis, dimana benda tersebut adalah tanda dari sebuah bintang mati. NGC 2440 saat ini sedang berbentuk seperti sebuah cincin, tapi lingkaran yang terbentuk adalah gas dari sisa bintang.



Nebula Spider dimana terlihat pembentukan bintang muda berwarna merah yang disebut Stock 8. Letak nebula Spider berlawanan dengan arah pusat galaksi. Kabut tersebut berada di tepi galaksi atau sekitar 10.000 tahun cahaya dari Bumi.

Nebula Veil adalah bekas dari jejak bintang yang meledak. Diperkirakan sekitar 8000 tahun lalu sebuah bintang disana meledak. Ukuran bintang dari bekas nebula Veil, 20x lebih besar dari Matahari. Nebula Veil letaknya sekitar 2100 tahun cahaya dari Bumi

Foto dibawah ini diabadikan oleh Dylan. Dia berada di Selandia Baru dan membuat foto gunung. Mengunakan camera Canon EOS 5D Mark III dengan lensa EF16-35 f2.8 disetting ke 16mm dan f11. Camera dibuka selama 20 detik.

Supernova dalam ilmu astronimi adalah sebuah bintang yang meledak. Sebuah bintang akan bercahaya selama hidupnya. Dari Space memberikan beberapa foto supernova dan bentuk inti sebuah bintang yang mati. Kemana materi bintang setelah meledak



Masih di dunia Kosmos, penemuan dari astronom di ESO memberikan beberapa gambar paling menarik tahun ini. Dari nebula sebagai tempat pertumbuhan bintang dan bintang Abell 33 dengan bentuk cincin.

Sebuah gugus galaksi yang jaraknya sangat cadas, 5 milyar tahun cahaya. Diabadikan oleh Hubble, ESA, Nasa teleskop ruang angkasa. Memberikan penampakan luar biasa dari galaksi yang sangat jauh, maklum fotonya saja harus diabadikan selama 14 jam.

Planet mengorbit bintang. Apakah manusia pernah membuat foto dari posisi planet dari bintangnya. Sejauh ini belum ada. Tapi obvervasi penelitian Gemini berhasil mengabadikan. Tidak jauh, hanya 60 tahun cahaya saja.

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Tapi ada miliaran bintang yang membentuk alam semesta. Tidak semuanya sama, bahkan beberapa bentuk sangat unik. Melihat dari foto mereka memang menarik, tapi tidak menarik bila melihat dampak terjadinya disana. Seperti apa penampakan benda aneh di alam semesta.

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.


No popular articles found.