Security | 11 April 2014

Memeriksa aplikasi dari Android dengan Google Verify Apps


Google meningkatkan keamanan perangkat OS Android. Dengan memberikan peringatan ketika mendownload aplikasi dari Google Play Storage. Setting tersedia di perangkat seperti smartphone Android, dan dapat diaktifkan untuk memeriksa aplikasi.

Untuk mengaktifkan dapat memilih dibagian device app menu
Google Setting -> Verify Apps.

Untuk Android 4.2+
Setting -> Security -> Verify Apps



Artikel Lain

Link yang disebar dengan Chrome Update Android. Sebaiknya tidak di click, walau tampilan sangat mirip dengan update biasa. Penguna ponsel Android tertipu aplikasi palsu update Chrome, meminta ijin SMS Permission. Yang di download adalah Malware MoqHao, mencuri data pribadi.

MosaicLoader malware tidak memiliki target, hanya menginfeksi computer dan memasukan backdoor. Menargetkan PC yang mencari program versi petani. Meminta di nonaktifkan antivirus dan penyebaran iklan internet. BitDefender mengatakan ada tujuan lain. Mereka seperti mengumpulkan infeksi sebanyak mungkin.



Microsoft memperbaiki bug bagian Services Print Spooler. Ternyata tidak selesai, bahkan dalam 5 minggu sampai Juli 2021. Bug tersebut belum tertutup dengan baik. Kerentanan tersebut dapat diretas, dan disusup dengan kontrol penuh di OS Windows. Cara memperbaikinya mudah, dengan Disable.

Aplikasi bodong alias bohong terkadang muncul di Google Play. Ada aplikasi yang dapat membuat camera smartphone tembus pandang, ada lagi yang menjual antivirus bodong alias bohong. Januari 2019, hati hati dengan aplikasi GPS, ternyata ada yang palsu juga. Sampai di download 10 juta kali

Banyak aplikasi mengambil data dari smartphone dan mengirim nomor telepon penguna ke pembuat aplikasi. Tapi penguna Android terlihat tidak terlalu peduli. Satu dari 3 aplikasi yang terdata, aplikasi meminta akses ke data panggilan, kontak telepon dan nomor PIN.



Youtube Obengplus

Trend