Bicara beberapa tahun lalu, teknologi computer hanya membicarakan computer dan laptop atau notebook.

Sekarang penguna perangkat gadget seperti tablet dan smartphone lebih mendominasi.



Penguna internet di negara India saat ini lebih banyak membuka internet dari perangkat mobile. Diawal 2009, penguna internet disana masih di dominasi oleh perangkat computer biasa, sekarang keduanya sudah berimbang.. India menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan penguna internet paling cepat.

Penguna internet di  Indonesia tidak kalah dengan angka 55 juta user dan terus meningkat, menduduki posisi ke 12 setelah negara Perancis.

Foto tidak lagi hitam putih atau mesin cetak foto tidak membutuhkan film. Sekarang camera mengunakan sensor baik sensor CMOS maupun CCD dan foto disimpan dalam bentuk digital

Masih berlanjut, perkembangan teknologi foto tidak lagi di dominasi oleh camera, tetapi dari handphone. Satu teknologi yang ramai adalah aplikasi foto, seperti Instagram. Masyarakat penguna internet memanfaatkan teknologi berbasis perangkat lunak dan kecepatan internet dengan mengupload foto via website. Click, upload dan foto sudah tayang di internet.

Pernah mengikuti jaman televisi hitam putih tahun 70an, atau televisi ITT berwarna dengan teknologi remote. Disusul kemunculan player VHS , bila ingin menonton dibagian tengah harus di rewind seperti kaset. Atau menonton siaran TV berbayar ketika kemunculan pertama RCTI.

Itu teknologi yang sudah berlalu, masyarakat Amerika tidak perlu datang membeli atau menyewa DVD atau Blu-ray. Cukup menonton di Smart TV , computer atau Tablet. Semua film tinggal dipesan via internet, dibayar via internet, dan nonton via internet. Kualitas TV internet bahkan sudah Full HD / 1080. Dan Youtube sudah menayangkan siaran 4K serta VR 360.

Yang satu ini mulai dikembangkan. Masih banyak orang berbelanja ke mall lalu membayar dengan debit atau credit card. Di Amerika mulai dikembangkan sistem pembayaran elektronik. Tidak perlu memasukan nomor kartu lagi di layar computer, cukup di gesek seperti mengesek kartu di shopping mall . Clik produknya, tutup pesanan, dan gesek kartunya.



Seperti inilah teknologi yang ada saat ini. Perkembangan perangkat gadget atau computer bukan untuk browsing, mengetik atau mengirim email lagi.

Memory card microSD

Pada tahun 2005 kapasitas microSD atau SDcard dan lainnya masih terbatas sampai hitungan MB. Tapi perkembangan cepat berubah dalam 3-4 tahun kemudian. Terakhir di tahun 2014 muncul microSD 128G. Di tahun 2016 ini sudah bisa menemukan microSD dengan kapasitas 250GB atau lebih besar


Perubahan kapasitas microSD tahun 2005 hanya 128MB, sekarang 128GB

Computer Eniac pertama dibuat tahun 1943-45 menjadi perangkat elektronik untuk pemakaian umum sebagai computer. Dahulu digunakan untuk menghitung tembakan artileri, balistik serta studi senjata termonuklir. Diumumkan pada tahun 1946 sebagai Giant Brain Generasi pertama yang disebut computer memiliki 17 ribu vakum tabung transitor dan membutuhkan 5 juta solder

Untuk perhitungan sekitar 200ms, atau 20 kalkulasi dengan 100kHz atau 5000 cycle dengan nomor 10 digit. Dibangun dengan dana $500.000.
Bandingkan dengan procesor arsitek Arm yang mencapai kecepatan 2Ghz octa-core, biayanya hanya $10-20, dan dikemas dalam bentuk smartphone

Computer Eniac dibanding procesor smartphone

Teknologi ruang angkasa.
Ketika peneliti melihat planet Pluto di tahun 1996, bentuknya seperti gambar bulat tapi tidak jelas. Banyak yang mengetahui bahwa planet Pluto adalah planet terjauh
Tahun 2005 baru tampak cahaya planet , tapi penemuan terbaru ada di pesawat ruang angkasa New Horizons yang melihat planet Pluto dengan jarak sangat dekat di tahun 2015.

Perubahan terjadi setiap 10 tahun akhirnya Pluto dapat jelas terlihat, bahwa planet Pluto berwarna kemerahan dan bukan abu abu.
Tidak sampai disana, sekarang peneliti astronomi mencari planet kembaran Bumi dengan teleskop Kepler
Planet pluto dari tahun 1996 2005 dan 2015

Neil deGrasse Tyson seorang astronot, ketika kecil mengetahui ada 10 astreroid yang lewat di sekitar Bumi. Sekarang dia tahu bahwa ada lebih dari 10 ribu asteroid dan yang mengancam Bumi mencapai 1400 asteroid

Perubahan perangkat gadget dari tahun ke tahun.
Pager, telepon gengam ukuran besar, walkman, notebook, jam tangan digital, camera. Di era 1993 sampai 2013 seluruh perangkat tersebut dibuat terpisah.

Wallau terlihat begitu banyak perangkat terpisah, belum termasuk sistem navigasi satelit, dan koneksi jaringan 4G. Sekarang disatukan dalam satu perangkat disebut Smartphone.

Teknologi smartphone teringrasi dengan perangkat lain

Teknologi navigasi
Perahu jaman dahulu masih memegang posisi bintang timur, sedangkan penunjuk arah di darat mengunakan kompas dan peta.
Sekarang ada di smartphone, GPS portabel dan perangkat navigasi baik di pesawat dan kendaraan. Seluruhnya dapat terpantau secara realtime, seperti posisi pesawat udara dapat dipantau langsung dari computer dan smarphone melalui aplikasi FlightRadar.
Demikian juga kompas dan peta, banyak aplikasi memasukan peta digital dan penunjuk arah mengunakan sistem satelit

Teknologi navigasi dari sistem satelit

Backup dan storage data
Era computer di Indonesia dimulai tahun 1985, dengan nama computer PC XT. Ketika jaman tersebut sistem data, storage masih sekitar MB. Untuk menyimpan file seperti Wordstar mengunakan diskette. Kapasitas dimulai dari 180KB, 360KB, 1,2MB dan terakhir ukuran diskette lebih kecil 1,44MB dan rentan terhadap magnetik. Itu teknologi dahulu.
Sekarang tidak perlu diskette, bahkan untuk menyimpan file sudah diberikan gratis. Dari Google drive, Dropbox atau Amazon Cloud memberikan kapasitas penyimpan gratis dalam hitungan GB. Sedangkan Facebook dan Google Photo memberikan storage untuk foto resolusi 16MB dan kapasitas yang diberikan tidak terbatas.

Atau mengunakan harddisk 4TB, 5TB dan 6TB sudah dijual untuk umum, dan harddisk kapasitas terbesar di tahun 2016 adalah harddisk HGST UltraStar 10TB

Bila sebuah diskette dipindah ke 10TB harddisk, satu diskette membutuhkan waktu 1 menit untuk membaca isi diskette..
Asumsikan 10.000.000MB (10TB harddisk) kapasitas harddisk dibagi setiap 1,4MB kapasitas diskette 1 menit untuk memindahkan ke harddisk
Setidaknya butuh waktu 7 juta menit atau sekitar 4800 hari atau 13 tahun untuk memindahkan semua diskette 1,44MB ke 10 TB harddisk sampai penuh.

Diskette to Harddisk 10TB Helium