Pesawat jet Thunderbolt A-10 penghancur tank


Stuff | 7 December 2017

Pesawat penghancur tank yang dipertahankan tetap bertugas

Pesawat jet Thunderbolt A-10 dirancang khusus untuk penghancur tank. Membawa senjata mesin tipe GAU-8 yang ditanam di depan hidung pesawat.

Rusia memiliki senjata mesin seperti A-10 dengan model Gryazev-Shipunov GSh-6-30. Tetapi ukurannya lebih kecil dibanding senjata Thunderbolt A-10

Amerika mengembangkan jet Thunderbolt A-10 sebagai Tank Killer.

Spesifikasi pesawat Thunderbolt A-10
  • Crew: Pilot only
  • Length: 53 ft 4 in (16.26 m), Wingspan: 57 ft 6 in (17.53 m) , Height: 14 ft 8 in (4.47 m)
  • Wing area: 506 ft² (47.0 m²)
  • Empty weight: 24,959 lb (11,321 kg)
  • Max takeoff weight: 50,000 lb (23,000 kg)
  • Engines: Twin 9,065 lbf (40.32 kN) General Electric TF34-GE-100A turbofans
  • Maximum speed: 381 knots (439 mph, 706 km/h) at sea level
  • Cruise speed: 300 knots (340 mph, 560 km/h)
  • Stall speed: 120 knots (220 km/h)
  • Combat radius: 250 nmi (288 mi, 460 km)
  • Ferry range: 2,240 nmi (2,580 mi, 4,150 km)
  • Service ceiling: 45,000 ft (13,700 m)
  • Rate of climb: 6,000 ft/min (30 m/s)

Diperkenalkan tahun 1977, penguna utama angkatan udara USAF dan pesawat Thunderbolt terakhir di produksi tahun 1984 oleh perusahaan Fairchild Republic yang diambil perusahaan Grumman dari grup Northrop Grumman.

Bagian depan pesawat di tempatkan senjata mesin kaliber 30mm, senjata utamanya dengan sistem senjata mesin Gatling yang awalnya dirancang dengan kapasitas 1350 peluru. Terakhir hanya di isi 1150 peluru. Entah disebut senjata mesin atau canon terbang karena pelurunya cukup besar dengan ukuran 30mm dan kemampuan memuntahhan pelurunya begitu banyak dalam waktu singkat.

Senjata mesin di pesawat disebut GAU-8 dengan 7 laras. Memiliki berat 16% dari total beban pesawat A-10.

Kecepatan tembakan awal dirancang untuk 2100 sampai 4200 peluru permenit, terakhir dibuat tetap dengan 3900 peluru permenit. Setengah detik dapat menembakan 50 peluru, setelah 1 menit semakin cepat mencapai 65 peluru perdetik.

Akurasinya tembakan mencapai 80% dengan diameter spot 12,4 meter bila ditembakan dari ketinggian 1200 meter. Berat senjatanya sendiri hanya 281 kg, tapi termasuk pelurunya mencapai 1800kg atau hampir 2 ton untuk senjata mesin pesawat ini. Cara menembakan juga mudah, pesawat Thunderbolt cukup menurunkan hidungnya sampai arah senjata mengarah ke target dengan kemiringan 30 derajat.

Persenjataan lainnya seperti rocket, misil anti pesawat dan membawa bom juga dilengkapi pada pesawat Thunderbolt. Walau mengunakan 2 mesin besar, kecepatan pesawat ini tidak terlalu cepat, hanya 560km ketika terbang. Dan kecepatan maksimum 706km.



Masalahnya senjata mesin yang ditaruh dilambung pesawat sangat besar. Seluruh unit dari magazine dan senjatanya lebih besar dari mobil VW kodok. Senjata utamanya di pesawat ini memang pelontar peluru Gatling yang sangat terkenal.

Pesawat Thunderbolt A-10 pengahancur tank Warthog

Pesawat penghancur tank Thunderbolt II ini ternyata umurnya cukup lama. Setelah 30 tahun lalu diproduksi, sampai sekarang masih akan dipakai. Sekitar 238 pesawat masih aktif  Setidaknya akan dipertahankan sampai tahun 2022 untuk aktif di jajaran angkatan udara Amerika.

Setidaknya ada dua skuadro udara dengan 12 pesawat aktif. Kecemasan angkatan udara Amerika dengan Thunderbolt, pesawat ini anti untuk menangkis serangan rudal darat ke udara.

Desember, sekretaris angkatan udara memberi pernyataan ke senat untuk mereformasi pesawat A-10. Lebih dari 100 pesawat memiliki penuaan sayap, atau sudah waktunya diganti. Bila anggaran diberikan maka usia pesawat A-10 siap tampil kembali.

Kenapa pesawat ini tetap dipertahankan, karena pesawat stealh fighter F35 belum benar benar siap untuk berperang. Sedangkan Thunderbolt sudah malang melintang di medan perang, bahkan kemampuan dalam pertempuran jarak sangat dekat di garis musuh adalah salah satu kemampuan pesawat ini.

Rahasia pesawat Thunderbolt A-10 sebagai tank terbang.
Lempeng titanium ditempatkan di beberapa bagian, untuk menahan tembakan ringan ke pesawat dari darat. Agar pesawat dapat terus terbang dan menyelesaikan misi serangan.
A-10 tidak gesit,  tapi serangan yang cepat. Kemampuan terbang lambat dan rendah salah satu kemampuan utama pesawat ini.
Pesawat mampu terbang rendah hanya di ketinggian 40 meter dari permukaan tanah. Mampu meluncurkan serangan ke target hanya dalam jarak 50 meter.
Ketika sistem elektronik pesawat dan pengatur target tidak berfungsi. Pilot A-10  masih bisa menerbangkan pesawat, menajtuhkan bom dan menembakan peluru 30mm dengan manual. Pilot dilatuh untuk menangani masalah ini.
Meriam 30 mm, dengan 7 laras, memiliki 1150 amunisi dengan 70 peluru perdetik.
Jendela pesawat dibuat lebih lebar, memudahkan pilot melihat bidang sasaran.
Mesin pesawat dirancang di lingkungan kasar, daria medan berdebu sampai berpasir buatan General Electric TF34-GE100 Turbofan.
Untuk pembom, sistem pesawat seperti F15E dan F16 di bagian modul pod.
Persenjataan yang dapat dibawah sesuai misi,
Beberapa pengalaman pilot, mereka baru tahu setelah kembali ke pangkalan dan melihat mesin mereka ditembak.
Amunisi dapat disesuaikan sesuai target, dari Joint Direct Attack Munitions atau bom yang dipandu GPS JDAM; arsenalnya meliputi GBU 38s, GBU 31s, GBU 54s, Mk 82s, Mk 84s, AGM-65s (rudal Maverick), rudal dan roket AIM-9 Sidewinde
Komunikasi antara pesawat dan pangkalan mengunakan sistem radio dan data-link LINK-16, seperti mengirim pesan.
Pilot dengan helm canggih, mereka mampu membedakan pelacak panas dari satu lembah ke lembah lain. Membedakan antara orang baik dan jahat dengan melihat visual sensor.
Thunderbolt A-10 disebut juga Warthog dan juluan Tank Terbang.

Berita terkait
Sebuah objek di belakang pesawat B2 Stealth Bomber tampak mengikuti formasi 2 pesawat pembom. Gerakannya mengikuti posisi 3 pesawat yang sedang terbang dengan kecepatan 800km perjam. Anehnya benda yang terbang tersebut tidak mengeluarkan asap atau contrail seperti 2 pesawat jet bomber buatan manusia.

Pesawat terbesar di dunia bukan dari disain pesawat penumpang. Umumnya dibuat untuk cargo, penelitian antariksa dan pesawat angkut militer. Pesawat terbesar dipegang buatan Soviet Myra. Di abad ke 21 satu pesawat Stratolaunch untuk mengangkut roket keluar berhasil uji terbang.



Lockheed Martin MQ-25 pesawat drone ini bukan untuk peperangan. Disain pertama disebut RAQ-25 sebelum diganti menjadi MQ-25 Stingray. Tapi sebuah drone pengisian bahan bakar di udara. Lockheed Martin MQ-25 stingray akan mendukung pengisian bahan bakar di udara untuk pesawat F-A 18 Super Hornet.

Pesawat pembom strategis Tupolev TU-160 dikenal dengan nama Blackjack. Mampu terbang dengan membawa bom seberat 40 ton, dan kecepatan 2 mach. Hanya dimiliki 2 negara Rusia sebagai produsen dan Ukrania. Hanya 35 unit pesawat, pengembangan generasi ke 2 TU-160M2

Amerika kabarnya akan membuat 2 pesawat kepresidenan. Pesawat tipe Boeing 747-8 atau tipe 200 tersebut masih dengan model yang identik. Kabarnya satu pesawat yang dibangun tahun 2013 tidak jadi dikirim ke perusahaan Transaero Rusia, dan mangkrak di gudang Boeing

Jet tempur Mig-35 menjadi sukses seri Fulcrum. Siap tampil tahun 2019, dengan kemampuan terbang 2,2 mach atau setara 2.400km perjam. Harga Mig-25 relatif lebih murah dibanding jet tempur lain. Salah satu kecanggihan jet tempur Mig 35 dapat dipasang bom pemandu yang akurat.

Pesawat tempur F 16 disebut Fighting Falcon, tapi pilot lebih memilih nama Viper. Pesawat ini relatif murah tapi lincah dalam pertempuran. Keunikan pada bagian jendela  pilot bisa melihat seluruh sudut sampai 360 derajat. Digunakan di Suriah dengan taktik Wild Weasel



Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.

Mig 25 adalah jet tempur tercepat kedua di perang dingin. Ketika terungkap oleh barat, akhirnya diketahui pesawat tersebut bukan pesawat jet tempur biasa. Memiliki kecepatan 2,8Mach dan maksimum 3,2 Mach. Tidak ada yang bisa mengejar bila pesawat dipacu dengan 2 mesin jet Tumansky R-15. Sampai barat semua teungkap setelah barat membuka isi pesawat

Rusia mendadak datang ke Suriah. Menurunkan kemampuan pasukan dari udara dan laut. Mengapa Barat dan Rusia hadir disana, salah satu ketertarikan adalah teknologi. Masing masing menguji teknologi Electronic Warfare. Rusia mampu melakukan jammer agar kegiatan mereka tidak di mata matai negara lain.

Dibilang jet atau helikopter, sepertinya mirip helikopter. Tapi apakah pesawat jet stealh ini mampu melakukan manuver Dog Fight dalam pertempuran. Posisi hidung pesawat sepertinya menjadi masalah.

Di pesawat komersial, setiap jendela akan terlihat satu titik lubang kecil.  Mungkin kita bertanya untuk apa lubang kecil di jendela pesawat. Fungsi lubang kecil tersebut untuk menyamai tekanan udara antara urang kabin dan jendela atau bagian panel luar dari kabin pesawat.

Senjata rancangan baru dari Railgun mengunakan proyektik elekrtromagnetik. Disebut Blitzer memiliki kecepatan peluru sampai 5+ kali kecepatan suara. Bahkan jangkauannya lebih setara tembakan meriam kapal.

Tank PL-01 Obram masih dalam disain konsep, bentuknya sudah jadi. Tapi tank ini tidak bisa terditeksi oleh misil infrared. Karena tank ini mampu meredam semua panas dari badannya sendiri, menjadi malam mengerikan bagi tank musuh



Ini bukan perang melawan Alien atau skenario pembuatan film Independence Day 2. Parade pesawat ini memang nyata, ada 25 pesawat F 117A Nighthawk Black Stealth Fifhter terbang dalam formasi bersaama.

Video dari jet tempur Mig 31 dengan camera. Salah satu pesawat pencegat yang dimiliki Rusia. Pesawat ini dibuat hanya dibuat sekitar 400 pesawat dan 30 pesawat dimiliki Kazakhstan. Kecepatan terbang mencapai 2,8 Mach.




No popular articles found.