Kereta super cepat baru di bangun beberapa tahun lalu di Tiongkok, tapi berhasil merebut hati masyarakat.

Jalur kereta super cepat memang mahal, tetapi penting bagi pertumbuhan kota.

Sementara dunia penerbangan dikendalikan oleh militer Tiongkok. Mengapa pesawat kalah populer dibanding kereta di Tiongkok

Kereta super cepat di Tiongkok memiliki 9.700km dalam 5 tahun saja. 19.000km akan dicapai pada tahun 2015. Mengangkut 2 juta penumpang stiap hari, dan kereta jarang sekali mengalami penundaan. Kecepatannya fantastik 350km perjam. Lebih lambat dari pesawat tapi daya angkutnya 2x lebih banyak dari pesawat terbang.

Satu perusahaan penerbangan terbesar di Tiongkok adalah China Southern yang mencapai puncaknya pada tahun 2011. Terakhir mulai merosot, bahkan di tahun 2013 hanya memiliki 85% penumpang dan terus anjlok tersisa 75%.

Pemerintah Tiongkok banyak berinvestasi untuk jalur kereta pemerintah dibanding membangun jaringan pesawat udara. Akhirnya transportasi di Tiongkok saling kanibal. Disisi penerbangan kurang populer bagi masyarkat untuk berpergian, sedangkan kereta api cepat semakin populer karena jalur kereta semakin banyak dibangun.

Dibawah ini tabel load factor dari perusahaan penerbangan China Southern, data dari tahun 2011 sampai 2013



Seperti apa melihat suasana di ruang depan tempat masinis kereta. Ketika kereta melintas dengan kecepatan 275km perjam dan tidak berhenti di stasiun kereta.