Pohon terbesar di dunia setinggi 83 meter General Sherman


Kategori : Green | Date : 26 March 2014
Disebut pohon General Sherman jenis pohon sequoia raksasa. Berada di taman nasional California tapi ukuran batang pohon terbesar yang pernah diketahui. Pohon ini bukan pohon tertinggi, hanya ukuran batangnya sangat besar sampai naik setinggi 83 meter. Diameter pohonnya saja 7.7 meter.

Diperkirakan ukuran seluruh batang pohon  mencapai 1.487 meter kubik, diperkirakan memiliki berat 6000 ton. Usia pohon raksasa General Sherman sekitar 2300-2700 tahun, tepatnya tidak ada yang tahu. Kecuali nanti setelah pohon ini bisa ditebang dan dihitung jumlah lingkaran di dalamnya.

Pohon tersebut baru diberikan nama setelah perang sipil di Amerika pada tahun 1879. Entah seberapa banyak meja kayu yang dapat dibuat utuh dari batang pohon ini. Pohon General Sherman sering diabadikan oleh fotographer bahkan di panjat oleh pendaki tebing. Foto dibawah ini versi high res bisa dilihat seluruh badan pohon dari bawah keatas.

Pohon General Sherman adalah salah satu contoh pohon raksasa. Satu jenis lagi disebut Coast Redwood dengan nama Hyperion menjadi pohon tertinggi di dunia dengan ketinggian 115 meter. Mengalahkan rekor pohon Stratosphere Giant dengan tinggi 1128 meter




Berita terkait
Sebuah pohon di daerah Sabah Malaysia ini memang tinggi, mencapai 100 meter. Terletak di Danum Valley dan dipanjat oleh tim pendaki. Bila berada diatas, anda tidak dapat mendengar suara apapun dari bawah. Awal penemuan tahun 2018 oleh pemindai laser 3D, rekor baru penemuan pohon tertinggi di Asia.

Pohon bonsai ditanam tahun 1625, dan masih terus tumbuh. Terhitung usianya 391 tahun, dan menariknya pohon bonsai ini selamat dari bom di Hiroshima. Pohon tersebut dimiliki keluarga Yamaki, dan mereka tinggal hanya 2 km dari jatuhnya bom atom.



Berada di Assam India tempat kelahirannya. Ketika masih muda, dia mengingatkan departemen kehutanan untuk menanam pohon disana. Tapi departemen kehutanan bersikeras tanaman tidak akan tumbuh. 30 tahun perjuangan membuat hutan sendiri, mendapat gelar Forest Man of India dari Presiden Abdul Kalam

Penduduk asli Aymara tinggal dengan atap jerami dan beralas kotor, siapa sangka dia bisa menjadi pria tertua saat ini. Tinggal di ketinggian 3.000 meter, tidak bisa membaca, tidak bisa berbahasa Spanyol.

Fenghuang adalah kota kuno terletak di sudut barat daya provinsi Hunan China dan ditengahnya melintas sungai tua Jiang Tuo. Kota ini terawat baik, dan tidak tersentuh modernisasi, mempertahankan bahasa yang unik, serta istiadatnya. Struktur bangunan masih lengkap dengan khas gaya Ming dan Qing.

Beberapa kota tertinggi di dunia berada di ketinggian 3500 meter. Kota tertinggi lebih banyak berada di Amerika Selatan, dan 2 kota lain di wilayah pegunungan Himalaya.

Di kota Porto Alegre terdapat sebuah jalan yang panjangnya 500 meter. Jalan tersebut diapit pohon tua yang berjajar rapi, seperti membentuk gapura hijau. Jalan Ruo Goncalo de Carvalho ditanam tahun 1930 dan menjadi kanopi bagi jalan dan pejalan kaki selama 70 tahun terakhir.



Pohon sequoia sebagai pohon terbesar kedua, diperkirakan berumur 2.300 tahun. Diabadikan ketika musim salju

Foto pertama dari beberapa harta karun penemuan hutan tua di China. Mungkin sangat tua, karena berumur 298 juta tahun lalu. Ditemukan di bawah tambang batubara di Wuda Mongolia Cina.




No popular articles found.