Penyuling air piramid murah meriah dari peneliti


Kategori : Green | Date : 16 May 2012

Pulau kecil tidak ada bersih, mungkin solusi sederhana ada disini. Dibuat oleh disainer dari mahasiswa Northeastern.

Modalnya hanya sebuah nampan atau penampang air, lalu ditutup dengan plastik berbentuk piramid. Tinggal di jebur dan uap air akan menempel di lembaran plastik lalu turun dan dialirkan ketempat penampungan. Menurut disainernya, alat ini bisa dibuat hanya $20 saja. Cocok untuk daerah yang sulit air seperti di Afrika dan Asia Tenggara.


Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bagaimana dengan jumlah udara, tidak berbeda dengan jumlah air.

Memanfaatkan botol plstik atau daur ulang botol plastik untuk pancuran, tempat majalah, pot kecil tanaman, tempat sampah dan menaruh adaptor. Cara memanfaatkan botol bekas tinggal digunting, ditempel atau dibuat pola. Satu ide lagi memanfaatkan botol plastik pengantu botol semprotan air yang rusak.

Kota San Francisco larang penjualan air kemasan plastik. Kota ini sangat tertarik dengan zero waste sampai tahun 2020. Akhir tahun 2013 dewan pengawasan kota bersiap melakukan larangan ketat penjualan air dalam kemasan.



Bila ditanyakan dimana daerah paling kekurangan air. Jawabannya ada 2, kemungkinan dari kota di daerah Timur Tengah atau Afrika. Ternyata ada di Asia yaitu kota Beijing. Beijing membutuhkan 3,6 miliar meter kubik air pertahun.

Di Afrika terdapat 2 milyar penduduk, sebagian besar dari mereka memasak makanan dari sampai disekitarnya. Sisa kayu, plastik, kertas dan sedikit minyak dijadikan bahan bakar tungku tradisional. Bila tidak ada sampah yang mencukupi, maka pohon akan ditebang.

Sebuah restoran Ray and Stark Bar dari grup Patina berada di Los Angeles County Museum of Art. Minggu depan akan menawarkan air minum berbagai jenis. Termasuk air minum yang di impor dari Spanyol, Perancis, Jerman dan Kanada.

Modalnya dari tabung bekas Pringles (Marhable). Lalu dipotong agar speaker smartphone bisa disisipan ke tabung. Masukan kertas tissue untuk peredam suara. Tambahkan clip penjepit kertas. Suaranya, wah belum dicoba.



Mengunakan botol plastik untuk di daur ulang atau digunakan kembali menjadi produk berbeda. Satu ide dari disainer Garth Britzman dengan 1500 botol bekas.

Dengan dukungan Pepsi, Bosch dan kontribusi perusahaan lain. Organisasi My Shelter Foundation dapat memberikan sinar lampu bagi sepertiga penduduk miskin di Filipina. Cara membuat lampu dari botol sederhana saja.

Botol bir Heineken dirancang untuk dijadikan batu bata pernah dibuat tahun 60an. Rancangan ini datang ketika Mr. Heineken datang ke Karibia, dia melihat banyak botol menjadi sampah.

Kapan Bumi kiamat, sebagai kata akhir habisnya peradaban di planet Bumi. Manusia hanya sebagian kecil dari sejarah alam semesta. Terbentuknya tata surya akan berumur 14 milyar tahun. Mungkin manusia suatu hari harus tinggal di planet habitat baru seperti Eris, sedangkan Pluto menjadi planet Venus baru.

Jika manusia terlalu lama berendam didalam air atau terkena air hujan terlalu lama, maka jari kaki dan tangan saja yang mulai keriput atau berkerut. Kejadian ini memang alami, dan terjadi ke semua orang.


No popular articles found.