Supernova dalam bentuk simulasi 3D


Science | 19 March 2014

Seperti apa bila bintang seperti matahari meledak menjadi supernova. Proses bintang meledak masih menjadi misteri. Profesor W David dari Arizona membuat bentuk animasi ledakan bintang, bagaimana proses sebuah bintang yang membengkak sebelum mati.

Inti sebuah bintang mungkin ukurannya lebih kecil dari lingkaran gas dibagian luar. Bila gas mulai tidak seimbang atau gas mulai habis terbakar. Isi gas dari bintang meledak dan keluar, ke segala arah dan terbentuklah sebuah supernova.

Bila dilihat pada gambar dibawah ini, ukurannya memang kecil. Tapi dalamukuran skala matahari, ledakan dan gelombang kejut sebuah bintang bisa menjangkau seluruh planet yang mengorbit ke matahari. Video simulasi 3D ini dibuat mengunakan supercomputer.





Di titik tengah yang terjadi dari kematian bintang bisa dilihat dibawah ini.




Berita terkait
Siap siap dengan Supermoon bulan Desember 2017. Bulan purnama 3 Desember 2017 waktu 17:41 WIB, bulan akan terlihat lebih besar 14% dan lebih terang 30%

Film pendek tentang keindahan galaksi, memberikan gambaran luasnya alam semesta dan bentuk dari beberapa benda di ruang angkasa. Salah satu animasi yang dibuat seperti Black Hole yang melontar gas atau Jet begitu jauh dari inti galaksi.



Supernova SN 1993J di galaksi Messier 81. Pertama kali ledakan bintang tersebut diamati tahun 1993. Disana ternyata dua bintang dan salah satu bintang menyebabkan bintang lain meledak. Misteri bintang ini akhirnya terjawab setelah 20 tahun lalu ditemukan.

Ruang angkasa adalah ruang waktu. Begitu jauh melihat, begitu jauh cahaya yang ditangkap oleh camera. Salah satunya sebuah bintang 1404191 yang meledak dan tertangkap oleh teleskop khusus sebagai cahaya sinar gamma. Tercatat sebagai GRB 140419A

Matahari adalah bintang, Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Disusul nomor 2 planet Saturnus dengan cincin. Uranus dan Neptunus menjadi planet ke 3 dan 4 tidak sampai sepertiga ukuran Saturnus. Bagaimana dengan ukuran bumi.

Satu objek di galaksi M82 ditemukan sebuah cahaya sangat besar. Ilmuwan mengatakan sebuah cahaya begitu cerah di galaksi tersebut, ada sebuah ledakan supernova. Cahaya yang terditeksi 21 Januari 2014 kemarin

Bintang HD 184738 memiliki masa yang rendah dan menjelang kematiannya. Nasibnya seperti matahari kita nanti, mungkin 5 milyar tahun kedepan.



Foto diambil dari Hubble menampilkan sebuah gambar nebula IC 289. Letaknya di utara konstilasi Cassiopeia, dulunya bintang ini seperti matahari di bumi. Tetapi kehabisan bahan bakar dan inti core mulai mengecil, sedangkan sisa gas terus membesar keluar dari inti core

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.




No popular articles found.