Berapa banyak jumlah air di Bumi, dan jumlah udara


Kategori : Science | Date : 15 May 2018
Jumlah airr terlihat berlimpa di bumi walau kenyataannya tidak
2012 Mei
Berapa banyak air di bumi. Melihat banjir dan laut, air terlihat berlimpah.

Tetapi itu adalah air di permukaan bumi, masih ada lagi air di bawah permukaan tanah.

Apakah air cukup banyak bagi bumi. Pada kenyataannya beberapa wilayah benua memiliki curah hujan sangat sedikit, bahkan memiliki iklim sangat kering dan terbentuk gurun.

Salah satu gambar visual ini dibuat oleh USGS. Memberikan gambaran seberapa perbandingan air yang dimiliki oleh bumi.

Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bila dikumpulkan dalam bentuk bola, air memiliki diameternya 1385 km .

Total hanya 11 triliun galon setara volume 1386 kubik kilometer



Jumlah air tersebut sudah termasuk air di laut, gunung es, dan semua air yang ada di bumi.






Berapa jumlah dalam hitungan USGS.
  • Air di bumi memiliki jumlah total 264 milyar galon
  • Sebagian lainnya berada di 12.900km persegi berupa uap air
  • Jika semua air dituangkan ke daerah seluas Amerika, bisa menutup daratan Amerika dengan air setinggi 145km.
  • Air tawar di bumi lebih banyak berada di dalam tanah dibanding yang ada di sungai dan danau.

Berapa banyak perbandingan air asin dan air tawar.

Bisa dilihat dibawah ini, bola biru besar mewakili air asin di lautan. Dan air tawar yang dapat digunakan untuk kehidupan jumlahnya jauh lebih sedikit lagi.

Itulah bagian air yang kecil yang digunakan untuk semua manusia di bumi.



Bagaimana dengan jumlah udara (air) di bumi. Apakah lebih banyak dari air. Jumlah udara di bumi sedikit lebih banyak dibanding total jumlah air.

Bisa dibayangkan kedua bahan penting di bumi selalu di kotori oleh manusia.

Padahal jumlahnya sangat sedikit dibanding ukuran bumi secara keseluruhan.

Air memiliki komposisi oksigen dan gas lain, termasuk udara / atmofer, sedangkan Water yang dimaksud air dalam bentuk cairan.

Tidak itu saja, bagaimana dengan oksigen atau atmofer bumi. Hemm jumlahnya tidak kalah sedikit.
Keduanya memberikan kehidupan dan iklim bagi bumi.



Perkiraan konstribusi jumlah air di Bumi

Sumber air
Volume air dalam kubik mil Volume air dalam kubik kilometers Persent air segar %
total water
Oceans, Seas, & Bays 321,000,000 1,338,000,000 -- 96.54
Ice caps, Glaciers, & Permanent Snow 5,773,000 24,064,000 68.7 1.74
Groundwater 5,614,000 23,400,000 -- 1.69
    Fresh 2,526,000 10,530,000 30.1   0.76
    Saline 3,088,000 12,870,000 --   0.93
Soil Moisture 3,959 16,500 0.05 0.001
Ground Ice & Permafrost 71,970 300,000 0.86 0.022
Lakes 42,320 176,400 -- 0.013
    Fresh 21,830 91,000 0.26 0.007
    Saline 20,490 85,400 -- 0.006
Atmosphere 3,095 12,900 0.04 0.001
Swamp Water 2,752 11,470 0.03 0.0008
Rivers 509 2,120 0.006 0.0002
Biological Water 269 1,120 0.003 0.0001
Source: Igor Shiklomanov's chapter "World fresh water resources" in Peter H. Gleick (editor), 1993, Water in Crisis: A Guide to the World's Fresh Water Resources (Oxford University Press, New York).


Apakah ada planet lain memiliki air yang cukup diluar bumi
Air masih ada di beberapa tempat di tata surya kita, khususnya di 2 bulan dari planet Jupiter yaitu bulan Europa dan Titan.

Walau kedua bulan dari planet Jupiter memiliki ukuran kecil, tapi jumlah air disana berlimpah. Peneliti memperkirakan kandungan air disana separuh dari isi ukuran bulan itu sendiri. Seperti gambar dibawah ini



Apakah air disana bisa diminum oleh manusia dan memiliki rasa yang sama, patut dipertanyakan

2018 Mei
Apakah air segar di bumi tetap atau berubah. Banyak faktor yang merubah air segar, dari manajemen air dari manusia dan perubahan iklim.


Tim ruang angkasa Jerman dan Nasa mengunakan peralatan satelit Grace. Mengamati jumlah air tawar yang tersedia di bumi, dalam arti air yang dapat diminum dan bukan air asin.
Pengambilan data dari tahun 2002 sampai 2016. Dari misi ini menunjukan lahan basa semakin basah, tapi lahan kering semakin kekeringan.
Ada perubahan baik dari sisi lebih baik dan lebih buruk yang di sebabkan oleh manusia dan faktor lain.

Delta Okavango Afrika Selatan, jumlah air akibat peningkatan air hujan meningkat. Arab Saudi menyusul memiliki cadangan air lebih banyak setelah menghentikan program pertanian gandum.

Walau bumi memiliki cadangan air sampai 2-3%. Air tawar berasal dari sungai danau atau gletser es. Peneliti terus memantau keadaan air di seluruh daratan dibumi.
Dan akan mengirim satelit baru Grace Follow-On, dimana menjadi penganti satelit Grace yang pensiun tahun 2017.
Dibawah ini data dari perubahan air di bumi.



+ USGS

Apakah lintasan cahaya memang dapat dilihat, dijawab ya oleh tim MIT. Apakah manusia dapat pergi lebih cepat dari kecepatan cahaya, dijawab tidak mengapa ?. Lebih cepat dari cahaya seperti film fiksi Star Trek dikenal dengan Tachyon. Tachyon Burst adalah partikel subatomik secara alami lebih cepat dari kecepatan cahaya. Kecepatan sonic boom di cahaya disebut Radiasi Cherenkov

Update planet RR245 orbit 700 tahun dan UZ224. Benda yang melintang ke atas Drac dan Niku Berapa jumlah planet di tata surya kita.Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet. Tapi total ada 13 planet di tata surya kita, mungkin nanti menjadi 17 atau 18 planet. Planet X atau planet ke 9 dikonfirmasi Nasa

Robot Curiosity sedang jalan jalan di planet Mars. Berita terbaru, robot tersebut membuat foto 360 derajat. Dengan 130 shot foto dari camera MastCams dan lebarnya 30 ribu pixel.2 tahun berlalu. Rekaman selama 5 tahun robot Curiosity jalan jalan di planet Mars. Gambar perjalanan di planet Mars direkam dari camera Hazcam.



Gambar dalam pelajaran astronomi belum memberikan skala sebenarnya. Planet terlihat besar tapi dalam skala sebenarnya planet adalah ukuran mikroskopik. Bagaimana melihat tata surya kita dalam skala jarak dan ukuran aslinya. Diceritakan oleh sebuah video To Scale The Solar System

Ingin menikmati hidup di kota besar, akan hilang satu kesempatan yaitu melihat bintang setiap malam. Mereka yang hidup dikota akan sulit melihat bintang, sebagian besar sinar bintang terganggung oleh cahaya kota dan polusi. Berapa banyak bintang yang bisa dilihat dengan mata, sekitar 9000 bintang.

Darimana asalnya air di Bumi, mungkin usianya lebih tua dari tata surya kita. Bila air memang sudah lebih dahulu ada, kemungkinan planet lain juga memiliki air dan kehidupan. Tetapi darimana asal air sebenarnya

Siapa yang mampu minum air murni. Lihat saja rumusnya, H2O nah itulah air murni. Benar benar murni, hanya terdiri dari dua unsur itu saja. Seperti apa rasanya.



Planet Ceres awalnya hanya berbentuk asteroid. tapi sekarang berganti nama menjadi planet kerdil Ceres pada tahun 2006. Ilmuwan mengatakan disana kemungkinan banyak sekali air. Orbit planet Ceres terletak di planet Mars. Dan berada di sabuk asteroid dalam tata surya.

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir. Planet bumi tetap akan menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliaran tahun kedepan. Semua planet suatu hari akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan tetap hancur.

Umur bumi mungkin sekitar 1,75 miliar tahun lagi, atau paling lama hanya 3,25 milyar tahun dari sekarang. Manusia dimasa mendatang harus mencari tempat tinggal lain. Paling mungkin adalah planet Mars untuk sementara waktu. Apa yang terjadi dengan bumi setelah miliaran tahun lagi

Minum air yang cukup membantu tubuh tetap bugar dan sehat. Air memiliki manfaat bagi kesehatan, air meningkatkan kekebalan dalam tubuh dan bertindak sebagai pengendali suhu bnadan. Air berfungsi sebagai pelumas dalam pencernaan, air mengangkut nutrisi dan oksigen ke dalam sel

Diperkirakan tahun 2050 akan mencapai 9 milyar manusia. Yang menjadi pertanyaan apakah bumi mampu memproduksi makanan yang cukup untuk manusia sebanyak itu. Jawabnya tidak juga. Produksi beberapa makanan sudah sampai titik maksimum.



Dari Cary dan Michael memberikan gambaran alam semesta. Memudahkan kita belajar mengetahui sebesar apa nebula, dan alam semesta ini. Sejauh manusia bisa memandang dan memperkirakan

Gambar diambil oleh satelit observasi tanpa awak Voyager 1. Bumi hanya sebesar 1 titik saja.

Pulau kecil tidak ada bersih, mungkin solusi sederhana ada disini. Dibuat oleh disainer dari mahasiswa Northeastern

Kapan Bumi kiamat, sebagai kata akhir habisnya peradaban di planet Bumi. Manusia hanya sebagian kecil dari sejarah alam semesta. Terbentuknya tata surya akan berumur 14 milyar tahun. Mungkin manusia suatu hari harus tinggal di planet habitat baru seperti Eris, sedangkan Pluto menjadi planet Venus baru.


No popular articles found.