Pemerintah Jepang meminta pembeli melihat fitur sepeda listrik dengan sistem pedal assisted, atau sepeda dapat berjalan dengan daya dorong motor listrik. Ternyata ada sepeda listrik, begitu di kayuh bisa jalan sendiri. Ini bukan sepeda tapi motor listrik.

Sebuah biro di Tokyo menemukan 5 sepeda listrik dengan harga 30 sampai 50 ribu yen, bisa jalan tanpa di kayuh lagi. Sepeda tersebut malah dikeluhkan pembeli, bahkan beberapa model mengunakan fitur seperti itu dengan merek cukup top di internet.

Sepeda listrik dengan pedal assisted membantu pengendara ketika mengayuh sepeda di tanjakan. Motor listrik akan bergerak membantu dorongan sepeda. Ada 3 model yang diuji, sistem dinamo motornya tetap saja jalan wakau si pengendara tidak mengerakan pedal untuk mengerakan roda sepeda.

Sepeda tanpa pedal assisted dikategorikan sebagai sepeda motor setingkat 50cc. Jadi pengemudinya harus memiliki sim motor dan sepedanya harus mendapatkan plat nomor. Menurut otoritas disana, kalau sepeda jenis tersebut digunakan dijalan umum maka dianggap ilegal.