Bintang HR 5171 A berwarna kuning terbesar ditemukan hanya 12 ribu tahun cahaya


Science | 13 March 2014

Teleskop di Chili menelaah sebuah bintang kuning yang pernah di abadikan saat ini ternyata kembar. Menjadi bintang kuning terbesar yang pernah di abadikan. Bintang HR 5171 A memiliki jarak 12 ribu tahun cahaya dari bumi. Dikenal sebagai Yellow Hypergiant dengan ukuran 1300x dari ukuran matahari.

Diluar perkiraan peneliti sebelumnya, dan pengukuran baru bintang HR 5171 A masuk daftar 10 bintang terbesar yang pernah ditemukan. Pengamat dari ESO Very Large Telescope Interferometer malah mendapatkan tambahan data lain. Bintang itu sebenarnya ganda alias ada kembarannya. Bintang kedua mengorbit disebelahnya dan sangat dekat.

HR 5171 A memiliki 50% lebih besar dari ukuran yang kecil, satu bintang pendamping disebut Red Betelqeuse karena berwarna merah. Sejauh ini hanya 12 bintang berwarna kuning ditemukan di galaksi Bima Sakti. Bintang berwarna kuning adalah tahap bintang memasuki kestabilan kehidupannya. Dengan teleskop biasa, bintang tersebut terlihat seperti kacang, nyatanya ada 2 bintang disana. Meneliti menambahkan bintang HR 5171 A memiliki kekuatan cahaya lebih terang 1 juta kali dibanding matahari



Bintang berwarna merah sebagai bintang pendamping mengorbit 1300 hari.



Tentang warna dari perubahan bintang.
Umumnya sebuah bintang dikenal dengan 2 warna, satu berwarna biru dan satu lagi berwarna kuning.

Bintang biru akan berubah menjadi biru tapi lebih putih. Lalu berubah menjadi merah menjelang kematian. Meledak menjadi sebuah supernova , dan berubah lagi menjadi 2 bentuk. Bisa menjadi Black Hole dan Neutron Star. Umumnya bintang yang hidup berwarna biru memiliki ukuran super raksasa. Ketika mati ukurannya tetap saja raksasa, termasuk kekuatan dan radiasi bintang tersebut. Bila ukurannya terlalu besar sekali, akan meledak dan menjadi bentuk gas Stellar

Bintang kuning yang memulai cahayanya dengan warna kuning perlahan akan membesar dengan warna tetap sama, lalu berubah menjadi bintang merah. Karena ukuran bintang kuning relatif kecil, ketika mati akan menjadi bintang kerdil atau di namai White Dwarf. Dari sana bisa berubah menjadi 3 bentuk. Dimulai menjadi planet kerdil berwarna putih, lalu mulai susut berwarna merah dan terakhir berwarna hitam.

Dibawah ini tahapan perubahan bentuk bintang. Skala ukuran bintang tidak masuk dalam contoh perbandingan ini. Perubahan klasifikasi bintang di alam semesta dari perubahan cahaya, warna cahaya ketika stabil dan perubahan bentuk setelah kematian.





Berita terkait
ledakan yang begitu besar dari sebuah bintang akan sangat terang menyala. Sejauh ini, beberapa orang yang melihat langsung ledakan supernova terjadi. Buso salah satu astronom amatir tidak sengaja mendapatkan gambar ledakan supernova. 1 ledakan terjadi 100 tahun sekali di sebuah galaksi.

Ukuran bintang Pi1 Gruis sekitar 700x lebih besar dari matahari kita. Dan mendapatkan tipe bintang sekelas Red Giant atau raksasa merah. Cahaya bintang ini begitu terang, mencapai ribuan kali dari kekuatan cahaya matahari.



2 bintang biner, sebenarnya bukan hanya biner. Tapi 2 bintang ini akan saling bertabrakan. Jarak kedua bintang dari Bumi sekitar 1800 tahun  cahaya dari Bumi. Bila perkiraan astronom benar, kedua cahaya tabrakan bintang dapat dilihat dari Bumi secara visual.

Peneliti mulai mengamati sebuah gas besar sedang mengarah ke lubang hitam di galaksi Bima Sakti. Diperkirakan akan ditelan oleh lubang galaksi kita. Foto terbaru, benda yang diperkirakan gas tersebut adalah bintang dan selamat tidak dimakan oleh Black Hole.

23 April 2014 lalu satelit observasi Swift menangkap sebuah bintang kerdil mengeluarkan kilatan seperti matahari. Tapi kekuatannya amat sangat besar, mencapai 10.000 kali kekuatan cahaya matahari kita yang pernah tercatat. Ukurannya hanya sepertiga, bila tinggal disana kita memiliki hari yang buruk.

Apakah ada bintang yang paling jauh di pinggiran dari galaksi kita. Apakah hanya bintang yang berada di radius 100 ribu tahun cahaya.Bintang ULAS J0744+25 dan ULAS J0015+01 jaraknya 750 ribu dan 900 ribu tahun cahaya.

Foto ini adalah bentuk kelahiran sebuah bintang. Diambil oleh Hubble Telescope tampak begitu indah, seakan tidak nyata. Seperti gambar artistik tapi foto ini adalah foto asli.



Ada beberapa galaksi ditemukan tapi jaraknya begitu jauh. Mencapai 12 miliar tahun cahaya dengan bentuk cahaya merah. Diperkirakan bentuk galaksi tersebut baru berusia 1,6 miliar tahun ketika terjadinya pembentukan alam semesta.

Bila bintang meledak mati menjadi bintan neutron atau black hole. Bila menjadi bintang neutron dan ada benda lain disampingnya, apa yang terjadi. Akan hangus terbakar karena radiasi si bintang induknya.

Sebuah cincin sangat besar berisi debu dan gas berada di sekeliling bintang. Gas dan debu tersebut suatu hari nanti akan menjadi planet, 2 planet terbentuk seukuran Jupiter. Bintang HD 142527 berada pada jarak 456 tahun cahaya, pembentukannya baru terjad 2 juta tahun lalu




No popular articles found.
< /body>