Melintas antar galaksi


Science | 12 March 2014

Bayangkan bila seseorang sedang naik pesawat ruang angkasa dengan kecepatan Warp ala Startrek.

Seperti apa melihat galaksi yang dilewati.

Video di Vimeo dengan judul Katalog Fly Throught of the Gama Galaxy, gambar di galaksi sebenarnya sudah diperbesar.

Data diambil dari katalog galaksi yang dikumpulkan oleh pusat observasi GAMA dan diolah kembali menjadi bentuk 3D

 Dibuat oleh Will Parr, Dr Mark Swinbank dan Dr. Peder Norberg dari universitas Durham. Mengunakan data SDSS dan GAMA



Apa yang kita bayangkan mungkin berbeda dengan cerita film. Seperti apa kecepatan sangat cepat bila sebuah pesawat mampu mencapai lintasan kecepatan cahaya.


Fly through of the GAMA Galaxy Catalogue from ICRAR on Vimeo.


Berita terkait
Seandainya matahari menghilang satu detik saja. Apa yang terjadi dengan kita. Bagaimana tata surya terlindung dari ruang antar bintang. Matahari memiliki pancaran angin yang membentuk gelembung dan melindungi planet

Peneliti mulai mengamati sebuah gas besar sedang mengarah ke lubang hitam di galaksi Bima Sakti. Diperkirakan akan ditelan oleh lubang galaksi kita. Foto terbaru, benda yang diperkirakan gas tersebut adalah bintang dan selamat tidak dimakan oleh Black Hole.



Galaksi NGC 986 atau nama lain galaksi Dunlop 519 ditemukan tahun 1828 oleh astronomi James Dunlop. Letaknya 56 juta tahun cahaya, dan berada di formasi Fornax. Tapi galaksi ini unik, tidak spiral utuh seperti lingkaran melainkan memanjang.

Sebuah ledakan di langit wilayah Sverdlovsk, sekitar 1500 km dari timur Moskow terjadi 14 November 2014. Cuaca sangat berawan, membuat cahaya berwarna kuning seperti bola api masuk ke atmosfer bumi dengan kecepatan tinggi

Dari peneliti Nasa menemukan sinyal yang berasal di cluster Perseus. Salah satu objek yang dikenal paling besar di alam semesta. Tapi mereka tidak bisa menjelaskan sinyal tersebut. Pengamatan dilakukan selama 17 hari dari teleskop Chandra X-Ray.

Video tentang dunia sain, yang satu ini menceritakan kehidupan dunia kosmos untuk ratusan miliar tahun kedepan. Bintang yang membentuk cahaya di alam semesta, suatu hari akan mati satu persatu dan alam semesta akan gelap gulita.

Kehancuran sebuah kota oleh meteor hanya terlihat di film sain fiksi atau cerita novel. Tetapi penelitian terbaru menyebut bumi sangat rentan dengan jatuhnya meteor dari ruang angkasa. Sejak tahun 2000 sudah 26 meteor ukuran besar menabrak bumi.



Blackhole sampai saat ini masih misteri dalam dunia astronomi, walau bulan April 2019 mulai terungkap. Benda yang besar, hitam, berada ditengah galaksi. Benda Blackhole atau lubang hitam adalah benda terbesar di sebuah galaksi. Terkadang tidak hanya satu tapi ada dua.

Bentuk galaksi melakukan tranformsi dari bentuk elips menjadi beberapa bentuk akibat tabrakan atau fenomena yang terjadi dari galaksi sendiri. Galaksi dapat terlihat seperti mata, memiliki bentuk pipih dengan cahaya sangat terang ditengah, galaksi dapat berantakan ketika saling bertemu.

Dari BBC masa depan bumi dan manusia mulai dari 1.000 tahun kedepan, 10.000 atau 10 quadtriliun kedepan. Diawali 1000 tahun lagi, semua struktur bangunan tua yang masih tersisa akan hancur sendiri. Reaktor Chernobyl tidak lagi menimbulkan radiasi pada tahun 10.000.




No popular articles found.
< /body>